Tips untuk Mahasiswa Baru agar cepat berprestasi di Kampus

Ajaran Baru untuk mahasiswa baru sudah dimulai. Saat ini perkuliahan tatap muka juga sudah mulai diterapkan kembali. Ini berarti pola belajar dan aktivitas yang akan dijalankan para mahasiswa baru harus juga harus ikut menyesuaikan dengan kurikulum dan pembelajaran  Kuliah tatap muka saat ini.

Bagi para mahasiswa baru tentunya akan banyak merasakan perubahan pengalaman dalam menjalani pola pendidikan. Dibandingkan dengan jaman masih di Sekolah Tingkat menengah atas, suasana perkuliahan pastinya jauh berbeda, oleh karena itu Mahasiswa baru harus cepat beradaptasi dan menyesuaikan pola belajar dan hal-hal lainnya agan cepat berprestasi di Kampus.

Tips untuk mahasiswa baru

Tahun pertama perkuliahan biasanya memang materi perkuliahan belum terlalu berat, namun tetap saja dibutuhkan penyesuaian agar mahasiswa baru bisa segera beradaptasi. Nah, kira kira apa saja sih adaptasi dan hal - hal yang harus di jalani dan dipersiapkan oleh mahasiswa baru agar segera bisa menyesuaikan dengan dunia perkuliahan dan segera berprestasi? Simak beberapa tips berikut ini. 

4 Tips Manjur untuk mahasiswa baru agar bisa segera beradaptasi dan berprestasi di Kampus

1. Mahasiswa baru wajib hadir di Kelas setiap mata Kuliah.

Jangan suka bolos kelas ya, berbeda dengan masa - masa sekolah yang memiliki jadwal teratur dan ada yang mengingatkan kita untuk selalu bangun pagi dan berangkat ke sekolah. 

Mahasiswa baru harus rajin datang ke kelas


Saat menjadi mahasiswa, kamu harus belajar mengatur waktumu sendiri, jam mata pelajaran di kampus yang bisa saja acak harus benar benar kamu catat dan usahakan untuk selalu bisa hadir dan jangan sampai membolos. 

Selain absensi kehadiran merupakan salah satu hal yang penting dalam syarat pengambilan mata ujian kuliah, mendengarkan materi kuliah langsung dari dosen, berdiskusi di kelas dengan teman dan dosen akan memberikan suasana yang berbeda dan manfaat yang jauh lebih banyak jika hanya belajar dari rekaman atau fotocopy saja.

2. Lihat, catat, dengarkan dan cerna baik baik materi kuliah kamu.

Kelas Mahasiswa

Datang ke kelas, mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen, ajukan pertanyaan jika ada yang tidak kamu mengerti, catat hal-hal yang penting, lalu ingat sebaik. Semua ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan saat menjadi mahasiswa baru, Usahakan untuk selalu aktif di kelas dan  jangan sampai menjadi mahasiswa pasif saja ya.

3. Mahasiswa baru wajib aktif organisasi atau komunitas di Kampus.

Aktifitas Mahasiswa Baru


Sebenarnya ini pilihan untuk setiap mahasiswa baru bisa aktif di organisasi kampus atau komunitas, namun banyak hal yang akan bisa kamu ambil manfaatnya dengan belajar bergabung dan aktif di kegiatan organisasi kampus. Berorganisasi akan mengajarkan kami untuk terbiasa bersosialisasi, memperluas pergaulan, dan menambah beberapa skill yang biasanya tidak diajarkan di kelas mata kuliah.

4. Jalin hubungan baik dengan Senior dan Dosen.

Sebagai mahasiswa baru tentunya banyak hal-hal baik yang berhubungan dengan urusan kampus atau yang berhubungan dengan hal lainnya. Kita bisa berkonsultasi mengenai mata kuliah dari para mahasiswa senior misalnya, atau mencari informasi seputar kos atau tempat makan yang mungkin kamu butuhkan saat baru menjadi Mahasiswa.

Mahasiswa baru komunikasi dengan dosen dan teman

Selain kenal dengan Mahasiswa senior di kampusmu, memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan dosen juga merupakan hal yang akan bermanfaat dan mendukung proses belajar kamu di Kuliah. Banyak cara agar bisa berkomunikasi lebih dekat dengan dosen, salah satu caranya dengan menjadi mahasiswa yang aktif di kelas atau mendaftar menjadi asisten dosen misalnya. 

Bertanya di kelas saat dosen menjelaskan materi juga bisa membuat kamu lebih diperhatikan atau diingat oleh dosen dibanding mahasiswa lain yang tidak terlalu aktif. Dan jika terjalin komunikasi dan hubungan baik antara dosen dan mahasiswa biasanya kamu akan menjadi prioritas yang diingat eh dosen tersebut jika ada kesempatan baik seputar hal yang berhubungan dengan pendidikan di kampus, misalnya tawaran atau rekomenadsi beasiswa.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url