Mengenal Budaya Perkuliahan Mahasiswa di Korea Selatan

Budaya Perkuliahan Mahasiswa Korea - Saat ini banyak sekali pelajar lulusan Indonesia yang tertarik untuk meneruskan pendidikan perkuliahan merea di Negeri Gingseng Korea. Kepopuleran negeri Korea memang sedang meningkat seiring dengan popularitas K-Pop dan drama Korea. 

Selain dari sisi budayanya, saat ini memang banyak sekali penawaran Beasiswa Kuliah yang ada di Korea yang bisa kamu pilih. Selain dari jalur beasiswa, banyak juga yang ingin berkuliah dengan jalur swabiaya. Berbagai jurusan perkuliahan ditawarkan di Kampus-kampus yang ada si Korea yang bisa menjadi pilihan kamu.

Nah jika kamu sudah memantabkan niat untuk mengambil kuliah di Korea, ada baiknya kamu sedikit tau bagaimana budaya perkuliahan yang ada di Sana. Hal ini perlu diketahui agar kamu tidak kaget dengan perubahan budaya dan kamu bisa menyesuaikan dan beradaptasi lebih cepat saat sudah memulai perkuliahan di sana.

5 Budaya Perkuliahan di Korea Selatan yang wajib Kamu ketahui

1. Acara penyambutan mahasiswa baru di Korea Selatan

Hampir sama seperti yang ada di kampus-kampus di Indonesia. Setiap tahun ajaran baru dimulai terdapat kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang kalau di Indonesia mungkin kita menyebutnya dengan nama ospek mahasiswa baru. 

Berbagai macam kegiatan bervariasi tergantung dari panitia serta organisasi mahasiswa yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Yang sedikit berbeda dengan di Indonesia adalah adanya salah satu kegiatan yang menyambut mahasiswa baru dengan acara minum-minum bersama lintas angkatan dari mahasiswa baru hingga mahasiswa senior. Hal ini karena di Korea minuman beralkohol bukanlah sesuatu yang dilarang selama masih dengan batas tertentu.

2. Saeteo atau Orientasi Kampus

Musim perkuliahan di Korea Selatan dimulai di bulan Februari. Dan biasanya masing-masing kampus universitas akan mengadakan acara kegiatan orientasi atau yang disebut dengan saeteo. Kegiatan ini biasanya berlangsung 2 sampai 3 hari di tempat yang telah ditentukan biasanya mereka akan menyewa hotel yang cukup besar supaya bisa menampung seluruh peserta acara orientasi.

Saeteo di korea

Berbeda dengan kegiatan orientasi mahasiswa yang ada di Indonesia, kegiatan orientasi mahasiswa baru di Korea Selatan juga diikuti oleh mahasiswa tingkat kedua dan tahun ketiga sehingga masa baru akan langsung bisa berkenalan dengan senior mereka dan meminta pengalaman atau pertanyaan hal-hal yang berhubungan dengan dunia perkuliahan di kampus yang baru.

3. Bapyak atau Bap-yasok (acara makan bersama)

Bapyak di korea mahasiswa baru

Di tahun pertama ajaran baru kuliah biasanya masa baru akan sibuk dengan mencari tempat tinggal sementara atau kos dan juga beberapa tempat makan yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. 

Hal ini tentunya akan menyulitkan bagi mereka yang tidak asli dari daerah tersebut dan tidak memahami wilayah tersebut apalagi seperti kita mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

Dan uniknya di Korea terdapat kegiatan yang disebut dengan nama babyak, ini adalah kegiatan makan bersama yang dilakukan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa senior dengan tujuan supaya membantu mahasiswa baru untuk bisa mengetahui tempat-tempat makan mana saja yang bisa mereka kunjungi, tentunya hal seperti ini akan sangat membantu bagi mahasiswa baru apalagi mahasiswa yang berasal dari luar negeri seperti kita.

Dan satu lagi keunikannya adalah di awal bulan pertama biasanya mahasiswa masa senior yang akan mentraktir mahasiswa junior mereka, dan kemudian di bulan berikutnya gantilah mahasiswa baru yang akan mentraktir senior mereka sehingga terjalin hubungan baik antara mahasiswa junior dan senior dan lebih mempercepat keakraban diantara mereka.

4. Suasana belajar yang sangat Kompetitif

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menghargai dan mencintai dunia pendidikan dengan animo yang sangat tinggi. Untuk hal-hal yang berhubungan dengan dunia akademis mereka akan melakukannya dengan sangat serius. 

Hal ini bisa dilihat pada saat menjelang musim ujian biasanya perpustakaan dan juga tempat-tempat informasi akan menjadi penuh dan banyaknya kelompok belajar yang berkerumun untuk saling berbagi ilmu sebelum mereka menghadapi ujian nanti.

Budaya belajar dan kompetisi di tingkat mahasiswa di Korea Selatan memang sangat kompetitif, hampir setiap mahasiswa yang berada di kampus terlihat sangat ambisius dalam mengejar nilai yang terbaik. Itu artinya jika kamu memang terlihat serius untuk belajar di Korea Selatan, kamu harus benar-benar mempersiapkan semangat mental dan juga ketekunan untuk bisa bersaing dengan mereka.

Itulah beberapa keunikan dan juga hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai dunia perkuliahan mahasiswa di Korea Selatan. Selamat mencoba dan menjadi yang terbaik di sana ya.


*Sumber78 edukasi"
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url