Jurusan Statistika bukan yang terfavorit tapi banyak peluang kerja dengan gaji besar

Sumber78 edukasi - bagi calon mahasiswa baru jurusan statistik mungkin bukan jurusan terfavorit pada saat mereka masih baru akan mendaftar kuliah. Kebanyakan jalan mahasiswa baru akan memilih jurusan populer seperti manajemen akuntansi komputer atau jurusan kedokteran yang menurut mereka lebih menjanjikan dalam peluang pekerjaan kedepannya, padahal ternyata jurusan statistik juga memiliki peluang pekerjaan yang cukup menjanjikan bahkan dengan tingkat persaingan yang tidak sebanyak jurusan-jurusan lainnya.

Apa itu jurusan statistika

Menurut survei beberapa lembaga pendidikan jurusan statistik akhir-akhir ini mengalami peningkatan dalam jumlah penerimaan mahasiswa di beberapa universitas dan juga meningkatnya peluang pekerjaan yang ditawarkan sesuai jurusan ini. Hal ini karena Kemampuan dari lulusan jurusan ini diakui akan sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di dunia perindustrian dan ekonomi kedepannya.

Apa itu jurusan statistika

Banyaknya ketidakpaman mengenai apa itu jurusan statistika ini membuat jurusan ini kurang begitu diminati. Oleh karena itu kita akan bahas sedikit tentang jurusan statistika ini terlebih dahulu sebelum ke pembahasan lainnya. 

Jurusan statistika merupakan sebuah program studi yang mendalami soal pengumpulan, pengolahan, dan penyajian serta penganalisisan data yang kemudian dijadikan sebagai dasar atau pijakan dalam pengambilan sebuah keputusan di perusahaan.

Untuk mendapatkan sebuah hasil yang akurat dari sebuah analisis maka diperlukan sebuah data yang benar dan valid, seorang ahli statistik harus benar-benar jujur dan tidak boleh melakukan rekayasa dalam pengolahan data sehingga keputusan yang akan diambil pun benar-benar sesuai dengan kondisi riil yang sedang terjadi. 

Dengan bantuan ilmu statistik maka akan memperkecil resiko terjadinya kesalahan serta sangat membantu dan mempermudah seseorang dalam menganalisis data serta mengambil keputusan, atau membuat prediksi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Apa saja mata kuliah yang dipelajari di jurusan statistik

Meskipun identik dengan dunia perhitungan dan kalkulasi tidak semua mahasiswa yang masuk ke jurusan statistik harus jago berhitung. Saat ini banyak sekali tool atau alat pembantu seperti kalkulator statistik atau sebuah sistem program yang membantu seseorang seperti software SPSS atau Software R untuk menganalisis sebuah data. Yang diperlukan dari seorang mahasiswa adalah ketelitian dalam memasukkan data dan angka yang akan diolah.

Beberapa program studi yang akan kamu pelajari saat masuk ke jurusan statistik antara lain adalah mata kuliah statistika dasar, metodologi statistik dan mata kuliah lain yang berhubungan dengan pengumpulan dan analisis data.

Pilihan universitas terbaik yang memiliki jurusan statistika

Saat ini sudah banyak sekali kampus atau universitas yang memiliki jurusan statistika untuk menjadi pilihan kamu. Dan beberapa diantaranya adalah universitas besar di Indonesia yang sudah terakreditasi A seperti contohnya universitas gadjah Mada, universitas Diponegoro, universitas Brawijaya, universitas Indonesia, universitas Airlangga, universitas Padjadjaran, dan masih banyak universitas terbaik lainnya.

Ke mana lulusan jurusan statistika akan bekerja
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jurusan statistika memiliki banyak sekali peluang lapangan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Besaran gaji yang ditawarkan akan menyesuaikan dengan kemampuan dari calon pelamar kerja serta jabatan dan posisi yang akan diberikan kepada para pekerja tersebut. 

Jurusan statistik peluang kerja apa

Berikut ini adalah beberapa posisi pekerjaan yang akan berhubungan dengan lulusan jurusan statistik :

1. Aktuaris

Aktuaris adalah orang yang bekerja dalam bidang manajemen risiko di sebuah perusahaan. Posisi aktuaris biasanya kita temui dalam dunia pekerjaan yang bergerak di bidang keuangan, asuransi, investasi dan konsultan aktuaria. 
Kisaran gaji yang ditawarkan untuk posisi seorang aktuaris cukup luar biasa bisa mencapai di kisaran hampir 50 juta untuk yang sudah berpengalaman.

2. Market Researcher

Seorang lulusan dari jurusan statistik juga bisa bekerja di sebuah perusahaan untuk posisi sebagai market researcher. 

Tugas utama dari seorang market research adalah mengumpulkan data serta menganalisis dan juga melakukan riset untuk mempersiapkan langkah yang akan diambil oleh tim marketing dalam melakukan penjualan atau terobosan sebuah produk yang berhubungan dengan kondisi pasar, tingkat persaingan dan potensi sebuah produk.

Dan tentunya untuk sebuah posisi yang sangat penting bagi perusahaan anda akan dikaji dengan sangat besar sesuai dengan tanggung jawab dan resiko yang akan anda ambil.

4. Data analis

Mahasiswa lulusan jurusan statistika juga bisa bekerja sebagai seorang data analis di sebuah perusahaan atau lembaga tertentu. Tugas utama dari seorang data analis adalah mengambil data kemudian mengolahnya dan selanjutnya menganalisis sebuah data menjadi sebuah kesimpulan.

Analis data jurusan statistik

Kesimpulan ini kemudian akan disajikan dalam sebuah data yang mudah dipahami oleh klien atau perusahaan untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil oleh perusahaan. Untuk gaji yang ditawarkan untuk seorang data analis pastinya akan cukup memuaskan dan tidak akan membuat Anda kecewa.

Nah itulah beberapa informasi terkait dengan apa itu jurusan statistika, apa saja pekerjaan lulusan statistika dan juga peluang kerja serta kisaran gaji yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan dari jurusan statistik. Semoga bermanfaat.

*Sumber78-education*




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url