5 Jurusan Kuliah yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji besar dan banyak dibutuhkan lulusannya

Biasanya saat lulus sekolah menengah atas kita akan melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi yaitu di universitas atau sekolah tinggi lainnya, dan saat akan memilih jurusan atau fakultas di perguruan tinggi, biasanya kita memiliki beberapa pertimbangan yang akan menjadi penentu untuk kita  akan mengambil fakultas apa nantinya. 

Fakultas yang memiliki banyak peluang kerja

Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan antara lain adalah jurusan kuliah yang sesuai dengan bidang pendidikan yang kita sukai, atau jurusan fakultas dengan peluang pekerjaan yang akan mudah didapatkan setelah lulus nanti, dan yang terakhir mungkin kita akan memilih  jurusan kuliah yang lulusannya bakalan mendapat peluang gaji dengan cukup besar.

Sebelum menuju jurusan apa yang akan kita pilih, yuk kita coba intip dulu pekerjaan apa saja sih yang saat ini masih menjanjikan pendapatan atau gaji yang cukup besar. Kenapa kita bahas hal ini terlebih dahulu, karena pekerjaan dengan gaji besar nantinya yang akan menjadi acuan kita untuk memilih jurusan kuliah atau fakultas apa yang akan kita pilih nantinya.

Pekerjaan dengan standart gaji di atas rata - rata dan jurusan kuliah yang berhubungan dengannya

1. Manajer Keuangan

Posisi sebagai manajer keuangan sangatlah penting di sebuah perusahaan. Karena Posisi inilah yang memiliki tanggung jawab terhadap keuangan perusahaan agar tetap di angka aman dan bisa terus beroperasional sepanjang waktu. 

Dan karena pentingnya posisi ini, biasanya mereka yang bekerja sebagai manajer keuangan akan digaji dengan cukup besar. 

Biasanya mereka yang menduduki jabatan manajer keuangan memiliki basic pendidikan di jurusan Ekonomi. Fakultas ekonomi dengan jurusan akutansi atau manajemen mungkin cocok untuk posisi ini kedepannya.

2. Pengacara

Pengacara merupakan sebuah profesi yang sangat menjanjikan dengan gaji yang cukup besar. Banyak firma atau kantor hukum yang membuka kesempatan bagi pengacara muda untuk bergabung dan menimba pengalaman sekaligus menawarkan gaji yang cukup besar.

Lulusan pengacara gaji

Untuk menjadi seorang pengacara kamu bisa mengawalinya dengan mengambil jurusan fakultas Hukum kemudian dilanjutkan dengan pendidikan profesi khusus Advokat.

3. Software Development

Perkembangan dunia digital saat ini juga sangat mendominasi dunia bisnis. Hampir semua kegiatan bisnis tidak lepas dari sistim yang serba digital, bahkan banyak perusahaan konservatif yang akhirnya gulung tikar karena tertinggal dengan perusahaan yang mengikuti perkembangan bisnis di era digital saat ini.

Hal inilah yang membuka kesempatan peluang pekerjaan yang tidak terbatas jumlah serta peluang gaji bagi seorang software development. Kebutuhan sistem dan program yang mendukung jalannya sebuah bisnis akan sangat bergantung dari kualitas program dan software yang dibuat oleh divisi IT yang terdiri dari ahli-ahli software di perusahaan itu. 

Posisi software development biasanya diisi oleh mereka dari lulusan Fakultas Komputer yang masih terbagi dengan beberapa jurusan lagi di dalamnya antara lain jurusan Teknik Informatika, Jurusan Sistem informasi, dan jurusan yang terkait dengan software development lainnya.

4. Dokter Spesialis

Dokter gaji

Perkembangan dunia kesehatan dan kebutuhan tenaga medis memang akan terus meningkat seiring waktu. Banyak sekali rumah sakit yang baru dibuka maupun rumah sakit lama yang membutuhkan tenaga medis seperti dokter yang berkompeten dan berkualitas.

Untuk menjaga kualitas pelayanan, setiap rumah sakit akan berusaha menjaga standart pelayanan yang terbaik mereka, terutama dari sisi tenaga medis yang mereka miliki, kelengkapan fasilitas,  maupun jenis pelayanan di masing masing rumah sakit tersebut.

Rumah sakit yang lengkap biasanya memiliki beberapa dokter pilihan spesialis yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan pengobatan seperti spesialis penyakit dalam, spesialis syaraf, spesialis bedah dan beberapa pelayanan spesialis lainnya.

Dokter - dokter spesialis ini akan dibayar cukup besar sesuai dengan kemampuan mereka dalam menangani pasien, hal ini juga karena tidak mudah untuk bisa menjadi seorang dokter spesialis, dibutuhkan biaya yang cukup besar pula untuk bisa menjadi seorang dokter spesialis sesuai  tingkat pendidikan yang mereka tempuh.

Untuk menjadi seorang dokter spesialis, kamu bisa menempuh pendidikan di fakultas kedokteran untuk menjadi seorang dokter umum terlebih dahulu. Setelah itu kamu juga harus melanjutkan pendidikan lagi untuk bisa mendapatkan gelar dokter spesialis sesuai jurusan yang kamu pilih.

5.  Apoteker

Profesi gaji apoteker


Profesi apoteker juga merupakan sebuah profesi yang cukup penting dan ternyata menjanjikan penghasilan yang cukup besar, tentunya juga harus diimbangi dengan kemampuan dan tanggung jawab yang mumpuni juga.

Seorang apoteker bertugas meracik, mengelola dan memberikan obat sesuai resep yang dikeluarkan oleh dokter.  Apoteker juga bisa memberikan saran mengenai cara mengkonsumsi obat dan meng edukasi pasien tentang obat-obatan. 

Posisi apoteker biasanya kita temui di Rumah sakit, apotik dan juga di Perusahan-perusahaan yang bergerak di Industri Farmasi sebagai bagian dari tim pengembangan obat atau divisi Research and Development.

Untuk bisa memiliki gelar dan profesi sebagai seorang apoteker, kamu harus menyesaikan terlebih dahulu pendidikan di Fakultas ilmu Farmasi selama 4 Tahun dengan gelar yang akan kamu dapatkan sebagai sarjana Farmasi nantinya. Lalu kemudian kamu melanjutkan pendidikan selama satu tahun untuk mendapatkan gelar Profesi sebagi seorang apoteker.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak