10 Cara Hidup sehat di usia 40 keatas , bermanfaat untuk memperpanjang umur

Cara hidup sehat - Menjelang usia 40 keatas kesehatan merupakan salah satu hal yang wajib kita jaga karena di usia inilah tubuh sudah mengalami penurunan daya tahan tubuh. Salah satu cara termudah menjaga kesehatan adalah dengan melakukan pola hidup sehat atau menjaga cara hidup yang lebih sehat.

Di usia senja, di saat tubuh kita mulai sering terkena serangan penyakit biasanya kita akan melakukan berbagai cara untuk mengobati atau menjaga agar tubuh tetap sehat. Segala cara dan informasi yang bisa menjadi solusi agar tubuh kita menjadi lebih sehat mungkin akan kita lakukan, dengan cara yang bersifat medis maupun non medis atau dari yang logis sehingga yang bersifat alternatif bahkan supranatural.

Cara hidup sehat di usia tua

Untuk menjaga kesehatan memang terkadang kita bisa melakukan apapun bahkan menghabiskan banyak sekali biaya hanya untuk mendapatkan kesehatan yang selama ini mungkin kita sendiri kurang sadar untuk menghargainya. Padahal sebelum penyakit datang menyerang tubuh kita sebenarnya banyak cara untuk menjaga diri agar tetap sehat bahkan dengan cara yang tanpa biaya sama sekali.

Dan sebetulnya kunci dari menjaga kesehatan adalah keteladanan dan konsistensi dalam menjalani hidup sehat itu sendiri. Berikut ini adalah 15 cara hidup sehat yang bisa anda lakukan sehari-hari agar tetap sehat dan senantiasa menjalani hidup dengan cara yang bahagia dan jauh dari penyakit.

15 cara hidup sehat yang bisa kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari

1. Cukupi kebutuhan konsumsi air putih untuk tubuh kita

Cara hidup sehat yang pertama bisa kita  mulai dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih agar bisa memenuhi kebutuhan cairan yang ada dalam tubuh kita. 

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita sebanyak 2 sampai 4 liter asupan air setiap harinya. Jaga kalau jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi sehingga akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, waspadai munculnya tanda-tanda dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh kita seperti cairan urine yang lebih berwarna atau berwarna kekuningan bibir kering, mulut terasa pecah-pecah, dan buang air volumenya terlalu sedikit.

Jika hal itu terjadi segeralah minum air sebanyak-banyaknya agar mencegah resiko terjadinya dehidrasi lebih parah lagi.

2. Beristirahat yang cukup dan memiliki kualitas tidur yang baik

Tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup dan tidur yang juga berkualitas karena ini merupakan salah satu kunci dari kebiasaan hidup sehat yang bisa kita lakukan setiap harinya. Setelah beraktivitas seharian kita memerlukan istirahat agar proses regenerasi sel yang terjadi pada saat kita tidur bisa terjadi lebih maksimal. Cukup istirahat dan tidur yang berkualitas juga terbukti mampu mencegah proses penuaan dini.

3. Berolahraga yang teratur

Cara hidup sehat yang selanjutnya adalah dengan cara berolahraga secara teratur. Berolahraga secara rutin setiap hari terbukti mampu memberikan manfaat yang luar biasa terhadap tubuh kita terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Nikmati olahraga sebagai bagian dari kesenangan anda sehingga Anda akan mampu dan mau melakukan olahraga itu secara rutin setiap hari. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mereka yang melakukan olahraga secara rutin setiap hari lebih memiliki resiko yang lebih kecil dari serangan penyakit serta memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi dan juga terhindar dari obesitas.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup

Mengkonsumsi buah dengan jumlah yang cukup akan memberikan asupan vitamin,serat dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan mengkonsumsi sayuran juga akan memberikan manfaat untuk kesehatan karena sayuran juga mengandung zat-zat yang juga  baik untuk tubuh kita.

5. Kurangi makanan kemasan seperti makanan kaleng atau makanan aja yang mengandung zat pengawet.

Makanan olahan terutama yang dikemas dalam kaleng biasanya memiliki kandungan zat pengawet di dalamnya. Jika kita mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak dan secara rutin secara terus-menerus maka hal ini akan memberikan resiko secara jangka panjang untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi makanan kaleng secara berlebihan dan juga disarankan untuk lebih mengkonsumsi makanan yang fresh dan lebih sedikit mengandung zat pengawet.

6. Berfikir positif

Mereka yang memiliki mental positif dalam kehidupan sehari-harinya biasanya cenderung lebih sehat dibandingkan orang-orang yang selalu memiliki pola pikir negatif. 

Mereka yang berpikiran negatif akan meracuni pikiran mereka sendiri bahkan akan mempengaruhi anda jika anda terlalu sering bertemu dengan orang yang berpikiran negatif karena hal ini tidak bagus untuk Anda maupun orang tersebut yang disebabkan oleh pikiran negatif yang menyebabkan stress akhirnya berdampak buruk terhadap kesehatan.

7. Kontrol konsumsi asupan gula dan garam

Meskipun banyak yang melanjutkan untuk mengontrol dalam mengkonsumsi gula dan garam namun sebenarnya tubuh kita masih tetap memerlukan gula dan garam namun dalam jumlah yang terukur. 

Kandungan gula dan garam yang berlebihan di dalam tubuh kita bisa menyebabkan resiko terjadinya diabetes maupun penyakit hipertensi ataupun penyakit-penyakit lainnya.

8. Makanlah dalam porsi secukupnya dan tidak berlebihan

Tubuh kita akan menjadi lebih terbebani apabila kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tubuh kita akan bekerja lebih keras pada saat mencerna makanan dalam jumlah banyak sehingga proses metabolismenya bisa terganggu dan tidak sempurna.

9. Mengontrol jumlah karbohidrat yang kita konsumsi

Untuk mengontrol jumlah karbohidrat kita bisa melakukannya dengan mengontrol jumlah konsumsi nasi putih atau menggantinya dengan beras merah dan juga roti gandum yang lebih banyak mengandung serat.

10. Kurangi makanan Makanan yang mengandung banyak minyak

Dalam beberapa penelitian kesehatan disebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak cara berlebihan dapat memberikan berbagai macam resiko penyakit dalam tubuh kita. 

Misalnya dalam sistem pencernaan kita, makanan yang memiliki kandungan minyak berlebih seperti gorengan dapat memberikan tekanan pada sistem pencernaan kita sehingga membuat proses pencernaan makanan terutama lemak menjadi lebih lama dibandingkan zat makanan lainnya yang ada dalam tubuh kita.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan juga ternyata mampu memicu berbagai penyakit yang memiliki resiko terhadap kesehatan jantung serta diabetes.

Beberapa cara hidup di atas Jika dilakukan memang tidak langsung memberikan efek kesehatan dalam jangka waktu pendek. Pola hidup sehat memang tidak kita lakukan dalam waktu satu atau dua hari saja namun harus secara konsisten dan terus-menerus kita jaga agar kesehatan kita pun juga akan tetap selalu fit dan terjaga.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url