Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan manfaat Gizi Ikan Bandeng yang sangat baik untuk kesehatan

Apa Manfaat ikan bandeng bagi kesehatan - Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang populer di Indonesia. Selain karena mudah didapatkan hampir di setiap pasar tradisional maupun pasar modern, harganyapun tergolong murah. Selain itu ikan bandeng juga memiliki rasa yang gurih yang membuatnya banyak disukai mulai dari anak anak hingga dewasa. Lalu selain enak dimakan, apakah kandungan manfaat gizi yang dimiliki oleh ikan bandeng ini?


Ikan bandeng memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita. Dan untuk mendapatkan manfaat gizi ikan bandeng, kita bisa mengkonsumsinya dengan cara dimasak sesuai selera tanpa takut kehilangan manfaat gizi yang dikandungnya. Contohnya dengan cara dipepes, dipresto atau di goreng dan di bakar kandungan gizi ikan bandeng akan tetap ada.

Lalu apa saja sih kandungan gizi yang terkandung di dalam setiap ikan bandeng yang kita konsumsi? Berikut ini adalah kandungan yang dimiliki ikan bandeng dalam setiap 100gr daging nya :
- Lemak 4.8 gr
- protein 20 gr
- kalsium 20 mg
- zat besi 2 mg
- Natrium 67 mg
- Fosfor 150 mg
- zinc 0,9 mg
- kalium 271 mg
- vitamin A 
- thiamin (vit B1)
- riboflavin (vit B2)
- Niacin (vit B3)

Nah, lalu apa manfaat mengkonsumsi bandeng dengan  kandungan gizi yang dimilikinya bagi tubuh kita?

1. Sebagai Anti Oksidan dalam tubuh

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi daging ikan bandeng kita bisa mendapatkan manfaatnya dalam mencegah peradangan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.


2. Baik untuk menjaga kesehatan Jantung dan Otak

Kandungan omega 3 yang dimiliki ikan bandeng mampu membantu menurunkan resiko terjadinya serangan jantung. Selain itu omega 3 yang terdapat pada ikan bandeng juga baik untuk membantu pertumbuhan tubuh dan otak pada anak-anak.
Daya ingat dan konsentrasi juga bisa lebih terjaga dengan adanya kandungan omega 3 dan juga protein yang ada dalam ikan bandeng.

3. Menjaga kesehatan Kulit dan mencegah penuaan dini

Ikan bandeng juga memiliki kandungan kolagen peptida yang baik untuk kesehatan kulit terutama kulit wajah kita. Kolagen merupakan zat yang membantu peremajaan kulit kita .
Selain itu anti oksidan juga mampu memberikan manfaat anti stres oksidatif pada kulit yang akan membuat kita nampak awet muda.

4. Membantu mencegah Anemia

Ikan bandeng banyak memiliki kandungan zat besi, folat dan vitamin B yang berfungsi dalam membantu pembentukan sel darah merah. Anemia biasanya disebabkan jika kandungan sel darah merah dalam tubuh kita tidak mencukupi, sehingga dengan mengkonsumsi ikan bandeng diharapkan mampu membantu mencegah terjadinya anemia.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kebutuhan vit A , protein dan zat besi dalam tubuh harus selalu tercukupi untuk tetap menjaga daya tahan tubuh. Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan ketiga zat tersebut sehingga dengan mengkonsumsinya diharapkan daya tahan tubuh kita juga akan meningkat.

6. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Ikan bandeng memiliki kandungan vitamin B yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita. Kolesterol baik atau (LDL) Low density Lipoprotein yang akan membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh merupakan salah satu penyebab peningkatan tekanan darah. Sehingga jika kita mengkonsumsi Ikan Bandeng makan diharapkan kadar kolesterol jahat akan lebih banyak berkurang.

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium dalam ikan bandeng sangat berperan penting untuk membantu memperkuat kesehatan tulang dan gigi dan juga membantu mengurangi terjadinya osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan gizi yang dimiliki ikan bandeng bagi kesehatan tubuh dan pertumbuhan. 

Semoga bermanfaat.
  



Posting Komentar untuk "Kandungan manfaat Gizi Ikan Bandeng yang sangat baik untuk kesehatan "