Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merawat kulit sensitif dengan 5 langkah sederhana

Merawat kulit sensitif memang bukan hal yang mudah namun juga tidak terlalu merepotkan jika kita mengetahui langkah apa saja yang harus kita lakukan. Kulit yang cenderung sensitif memang memerlukan perawatan khusus dibanding kulit normal.
Ciri kulit sensitif biasanya bisa diketahui dengan adanya tanda tanda atau reaksi pada kulit seperti warna kemerahan, terasa gatal di kulit, muncul ruam di kulit, munculnya jerawat di beberapa tempat, dan reaktif pada produk atau zat-zat tertentu.

Perawatan kulit sensitif

Jika memang kita memiliki kondisi seperti ciri-ciri kulit sensitif diatas, tentunya selain memerlukan konsultasi khusus ke petugas medis yang terpercaya, selain itu kita juga bisa melakukan perawatan rutin agar kulit sensitif kita bisa lebih terkontrol kondisinya. Lalu perawatan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menjaga kulit sensitif tetap sehat?

1. Lakukan perawatan wajah secara rutin dan benar

Kulit sensitif pada bagian wajah memerlukan perawatan yang lebih jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Lakukan proses pencucian muka secara rutin dengan menggunakan sabun yang memiliki kandungan yang lebih soft atau lembut dan sesuai dengan karakter kulit sensitif, sabun berbahan herbal biasanya baik untuk dipakai bagi mereka yanga memiliki kulit sensitif.

2. Pilihlah sabun yang bersifat lembut untuk kulit tubuh

Selain perawatan kulit sensitif di wajah, tubuh kita juga harus diperlakukan dengan cara yang tepat. Pilihlah sabun yang bersifat melembabkan kulit, jangan sampai memilih sabun yang malah menjadikan kulit menjadi kering.

Saat memilih sabun, cobalah untuk memperhatikan terlebih dahulu bahan-bahan dan kandungan yang dipakai untuk membuat sabun tersebut. Sabun yang mengandung moisturizer yang lembut sangat disarankan karena akan membuat kulit anda menjadi lebih lembut tanpa mengurangi kelembabannya.

Perawatan kulit yang sensitif

3. Manjakan kulit dengan vitamin dan suplemen yang menyehatkan

Selain perawatan dari luar, kulit sensitif juga memerlukan nutrisi dan gizi yang cukup dari dalam tubuh. Berikan pasokan vitamin, protein dan lemah baik agar kulit anda tetap sehat, lembut dan kenyal.

Makanan atau minuman yang mengandung zat anti inflamasi juga sangat baik untuk dikonsumsi. Beberapa contohnya antara lain seperti Jahe, susu, kunyit dan madu mengandung zat anti inflamasi yang akan bekerja membantu mengurangi gejala reaksi pada kulit sensitif.

4. Manjakan dan istirahatkan kulit anda 

Secara alami biasanya kulit akan melakukan peremajaan secara rutin di malam hari sat kita berisitirahat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga porsi dan kualitas istirahat kita termasuk pengaruhnya bagi kesehatan kulit kita. 

Istirahat cukup selama 7-8 jam setiap harinya akan membuat kulit mendapatkan waktu yang cukup untuk melakukan proses peremajaan diri. Selain itu berilah tambahan perawatan sederhana untuk kulit anda sebelum tidur agar proses peremajaan kulit semakin maksimal dan hasilnya kulit akan lebih sehat dan anda akan tampak lebih awet muda. Selamat mencoba.

  


Posting Komentar untuk "Cara merawat kulit sensitif dengan 5 langkah sederhana"