Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alternatif rasa pedas pengganti cabai disaat harganya melambung tinggi

Disaat harga cabai atau Lombok sedang naik, biasanya ibu - ibu rumah tangga yang terkena dampaknya secara langsung. Mereka kebingungan mencari solusi alternatif pengganti cabai yang biasanya saat harga cabai sedang naik malah diikuti juga dengan kelangkaan barang di pasaran.

Dalam keseharian masyarakat Indonesia khusunya, cabai merupakan salah satu bahan masakan yang terpenting, hampir kebanyakan citarasa masakan dan bumbu yang ada di Indonesia tidak meninggalkan cabai atau lombok sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Cabai merah

Lalu bagaimana solusi pengganti untuk menggantikan cabai yang langka dan mahal ? Berikut ini kami akan memberikan beberapa alternatif bahan masakan pilihan pengganti cabai atau lombok, meskipun mungkin rasa pedas atau citarasa yang dihasilkan  tidak bisa sama persis dengan penggunaan Lombok.

5 Bahan atau bumbu dapur penghasil rasa pedas yang bisa dipakai untuk menggantikan lombok

1. Merica

Merica merupakan bahan alternatif pengganti cabai yang paling sering digunakan. Selain mudah didapatkan hampir di seluruh pasar tradisional maupun modern, harga merica tergolong murah. Biasanya merica dijual dalam bentuk masih butiran utuh atau dalam bentuk merica bubuk.

2. Jahe

Jahe pengganti cabai

Jahe merupakan salah satu  jenis rempah-rempah yang sering dipakai untuk bumbu masakan yang ada di Indonesia. Karakter pedas dan menghangatkan badan dari jahe juga sering dipakai untuk membuat minuman penghangat badan sekaligus memberikan efek peningkatan imun pada tubuh.

3. Lada Hitam

Lada hitam

Lada Hitam merupakan golongan rempah rempah yang sering dipakai untuk menambah rasa pedas pada makanan. Selain memberikan rasa pedas, lada hitam juga membuat badan menjadi lebih hangat. Itulah sebabnya pada jaman dahulu orang eropa banyak berburu lada hitam untuk dibawa ke Eropa sebagai salah satu bahan penghangat badan.  

4.  Paprika

Paprika

Buah atau sayur Paprika merupakan salah satu alternatif yang masih satu keluarga dengan cabai. Paprika juga mampu memberikan rasa pedas pada masakan atau makanan yang kita buat. Paprika bisa langsung dicampurkan sebagai bahan masakan pada saat kita memasak, atau kita buat menjadi kering dan ditumbuk halus lalu menjadi bubuk paprika yang bisa kita taburkan saat membutuhkan sensasi rasa pedas pada makanan yang kita makan.

5. Puyang atau cabai Jawa

Bahan makanan yang satu ini sebenarnya sudah digunakan oleh masyarakat jawa untuk mendapatkan citarasa pedas  pada masakan sebelum mereka mengenal adanya cabai. 

Puyang

Cabe jawa atau juga disebut lempuyang saat ini masih dipakai oleh masyarakat jawa untuk salah satu bahan pembuat jamu. Selain memberikan sensasi rasa pedas cabe jawa atau lempuyang ini memberikan manfaat lain untuk kesehatan antara lain untuk mengurangi rasa demam, pusing, dan anemia

Posting Komentar untuk "Alternatif rasa pedas pengganti cabai disaat harganya melambung tinggi"