Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menghadapi cuaca ekstrim di Arab Saudi untuk menghindari penyakit kulit

Tips menghindari resiko gangguan pada kulit akibat cuaca ekstrem untuk calon jamaah haji - Alhamdulillah, tahun ini kuota dan keberangkatan calon jamaah haji untuk Rakyat Indonesia sudah dibuka kembali. Momen yang sangat ditunggu oleh sebagian Umat Muslim yang telah mendaftar untuk bisa melaksanakan ibadah Haji.

Penantian yang cukup lama setelah hampir 2 tahun selama pandemi corona berlangsung ibadah haji sempat ditunda. Dan keberangkatan calon jamaah haji 2022 gelombang pertama sudah resmi diberangkatkan.

Untuk calon ibadah haji yang akan berangkat tahun ini, sebaiknya benar benar mempersiapkan kondisi fisik dan perlengkapan yang akan dibawa. Hal ini dikarenakan saat ini cuaca di Arab Saudi cukup ekstrem, yang dikawatirkan bisa mengganggu kesehatan calon jamaah haji. Dan salah satu akibat dari cuaca ekstrem salah satunya adalah adanya resiko gangguan pada kulit.

Beberapa kejadian gangguan pada kulit akibat cuaca ekstrem antara lain bisa ditandai dengan kondisi bibir pecah,kering bahkan hingga sampai berdarah. Selain itu ada pula gangguan kulit lainnya seperti kaki pecah pecah atau kulit yang terasa kering. 

Beberapa kejadian contoh gangguan kulit diatas bisa jadi disebabkan karena cuaca yang ekstrim atau juga bisa jadi karena terlalu panas, sehingga dapat mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan cairan pada kulit luar maupun bagian dalam tubuh juga. 

Nah, jika kita sudah mengetahui penyebab terjadinya gangguan pada kulit yang diakibatkan cuaca, maka langkah antisipasi apa sih yang bisa kita lakukan? Berikut ini adalah tips yang bisa kita persiapkan dan jalankan agar terhindar dari resiko gangguan pada kulit sehingga ibadah haji tetap lancar dari awal hingga selesai.

Tips menghadapi cuaca ekstrim agar kulit tetap sehat dan terhindar dari  resiko penyakit khususnya untuk ibadah Haji.

1. Konsumsi air yang cukup

Kebutuhan air dalam tubuh kita memang sangat penting untuk dijaga agar dalam kondisi tidak sampai kekurangan cairan.minimal minumlah air hingga minimal 10 gelas perhari agar kebutuhan cairan tetap tercukupi. 
Namun terkadang ada pemikiran yang didasari dari kekhawatiran para calon haji bahwa jika terlalu banyak minum akan membuat mereka menjadi harus sering ke toilet, tentunya jika sering harus ke toilet maka akan bisa mengganggu proses pelaksanaan  ibadah haji karena harus sering bolak-balik ke toilet. 
Jika khawatir akan hal ini, maka minumlah secukupnya minimal sesuai dengan anjuran ahli medis yaitu minimal 10 gelas perhari. Jumlah ini kemungkinan tidak akan membuat anda terlalu sering ke toilet.
2. Hindari minuman bersoda dan berkafein
Mengkonsumsi minuman bersoda dan berkafein akan membuat anda sering harus ke toilet, tentunya hal ini akan membuat anda menjadi terganggu dalam menjalankan ibadah karena harus bolak balik ke toilet yang lokasi lumayan cukup jauh, Selain itu hal ini juga menyebabkan berkurangnya kadar air dalam tubuh.

3. Gunakan pelembab kulit

Untuk antisipasi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang sangat panas, Gunakan Pelembab kulit yang cenderung mengandung minyak dan tabir surya. 

4. Gunakan sabun berpelembab

Penggunaan sabun dengan Ph tinggi dan berpelembab merupakan salah satu cara agar kulit tidak menjadi kering. Pilihlah sabun yang sesuai dengan karakter kulit anda.

5. Mengkonsumsi buah dan makanan yang mengandung omega3

Makanan dan buah-buahan yang mengandung omega 3 sangat baik dan bermanfaat untuk kulit. Beberapa contoh makanan yang mengandung omega 3 yang mudah untuk anda bawa saat menjalankan ibadah haji antara lain daging ikan salmond, kacang almond, kacang walnut, dan biji bunga matahari. Informasi lain terkait omega 3 bisa anda lihat disini 

Posting Komentar untuk "Tips menghadapi cuaca ekstrim di Arab Saudi untuk menghindari penyakit kulit"