Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyedap masakan alami yang bisa menggantikan fungsi MSG, masakan tetap gurih nikmat dan sehat

Penggunaan MSG (monosodium glutamat) memang sudah sangat populer dikalangan ibu-ibu dan ahli masakan sebagai bahan makanan yang membuat masakan  menjadi lebih terasa nikmat dan gurih. Tetapi bagi sebagian masyarakat, terutama yang mengalami gangguan kesehatan, atau yang memang ingin hidup sehat tanpa MSG, maka penggunaan MSG atau penyedap rasa sintetik ini memang sangat dihindari. 

Lalu, apa solusi pengganti agar makanan tetap terasa nikmat tapi juga tetap menyehatkan? Berikut ini adalah beberapa cara dan bahan alami yang bisa anda pakai untuk membuat masakan anda tetap gurih, nikmat dan sehat tanpa MSG.

1. Penyedap dari kaldu daging

Kaldu daging merupakan salah satu alternatif alami pengganti untuk membuat masakan lebih gurih dan nikmat tanpa menggunakan MSG. Cara Untuk bisa mendapatkan kaldu daging juga terbilang sangat mudah. Anda cukup merebus daging dan  balungan yang masih segar lalu tambahkan beberapa rempah kedalam air rebusan tersebut .

Air kaldu daging inilah yang bisa anda tambahkan ke masakan yang lain untuk mendapatkan rasa gurih dan aroma harum alami. Kandungan glutamat yang dihasilkan oleh rebusan daging ini mirip dengan MSG buatan, zat ini didapatkan dari protein amino yang keluar dari daging yang direbus.

2. Jamur Shitake

Jenis jamur ini memiliki kandungan glutamate alami yang cukup tinggi. Menambahkan jamur ini ke dalam sup atau mie rebus akan membuatnya semakin gurih dan nikmat. Rasa sedap alami yang didapatkan dari glutamate jamur tidak kalah nikmat dari masakan yang menggunakan MSG.

3. Kecap


Masakan yang menggunakan kecap sebagai salah satu bahan pasti akan memiliki citarasa yang lebih sedap dan nikmat. Tentunya jumlah  penggunaannya juga nenyesuaikan dengan selera si pemasak atau siapa yang akan mengkonsumsinya. Kelezatan masakan yang menggunakan kecap didapatkan dari kandungan glutamate yang terdapat di dalamnya. 

4. Ikan Teri

Mungkin anda semua tidak akan menyangka bahwa ikan teri bisa digunakan sebagai salah satu bahan pengganti MSG. Selain mengandung kadar glutamat yang cukup tinggi, ikan teri merupakan bahan masakan yang sangat mudah di dapatkan. Untuk mendapatkan kelezatan makanan yang tidak kalah dari penggunaan MSG, Tambahkan ikan teri pada saat anda memasak saus atau bumbu makanan. Kandungan glutamate dari ikan teri akan secara otomatis menambahkan cita rasa gurih dan nikmat ke dalam saus yang anda buat. 

Dan satu hal lagi, penambahan ikan teri ke dalam saus tidak akan merubah cita rasa asli dari saus yang anda buat. Karena setelah dimasak, cita rasa asli ikan teri akan melebur ke dalam bumbu yang anda buat dan tidak akan terdeteksi bahwa kita menggunakan bahan ikan ke dalamnya.

Posting Komentar untuk "Penyedap masakan alami yang bisa menggantikan fungsi MSG, masakan tetap gurih nikmat dan sehat"