Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengen Gemuk? Ini dia 6 cara mudah menaikkan nafsu makan

Sebagian orang yang bertubuh kurus mungkin ingin menambah berat badannya menjadi agar bisa menjadi lebih ideal, dan salah satu caranya adalah dengan meningkatkan nafsu makan. Lalu bagaimana sih cara termudah untuk meningkatkan nafsu makan kamu?

Kurangnya nafsu makan bisa disebabkan oleh beberapa penyebab yang berbeda beda pada masing - masing individu. Bisa jadi kurangnya nafsu makan memang bawaan sejak kecil, atau faktor-faktor penyebab penurunan nafsu makan lainnya, misalnya dikarenakan sedang sakit, sedang dalam kondisi mood yang kurang baik atau stres, ataupun penyebab penurunan nafsu makan lainnya.

Praktekkan 6 cara termudah berikut ini untuk meningkatkan nafsu makan kamu

1. Sediakan Makanan yang kamu sukai


Biasanya nafsu makan menurun bisa jadi karena kita kurang berselera dengan hidangan makanan yang tersedia. Tetapi bisa jadi sebaliknya, jika makanan yang disediakan di hadapan kita adalah jenis makanan yang kita sukai, hal ini bisa memicu peningkatan nafsu makan kita.

2. Ganti menu berat dengan makanan ringan atau camilan

Ada beberapa orang yang akan mengalami penurunan nafsu makan saat melihat menu hidangan yang terlalu berat. Bahkan ada yang sampai mual hanya dengan melihat menu hidangan makanan yang memiliki  porsi besar padahal sedikitpun dia belum mencicipi nya. Nah, jika anda adalah orang yang berkarakter seperti itu, maka anda bisa meminta untuk orang yang biasa menghidangkan menu makanan anda untuk mengganti menu hidangan untuk anda dengan jenis makanan yang lebih ringan seperti camilan atau makanan ringan berserat tinggi yang sesuai selera yang anda sukai.

3. Memilih makanan sehat yang padat dan mengandung energi tinggi

Kacang - kacangan, Keju,  selai kacang atau alpukat adalah contoh makanan sehat yang ringan namun mengandung energi tinggi. Mengkonsumsi makanan - makanan ini bisa membuat anda kenyang meskipun jumlah porsi yang Anda konsumsi tidak banyak. Selain itu makanan ini banyak mengandung zat-zat penghasil energi tinggi yang mampu memberikan peningkatan tenaga pada aktifitas keseharian anda.

4. Buatlah menu makanan yang anda sukai dan kaya dengan rasa

Makanan yang terasa hambar  atau menu makanan yang tidak sesuai dengan apa yang anda sukai bisa menjadi faktor penyebab penurunan nafsu makan anda. Misalnya makanan yang terlalu asin, padahal anda lebih menyukai makanan yang bercitarasa manis, atau sebaliknya.
Agar hal ini tidak terjadi, coba berilah saran dan masukan mengenai standart rasa masakan yang anda sukai kepada orang yang mempersiapkan masakan untuk anda. Misalnya jangan memberi garam atau kecap terlalu banyak agar rasa masakan bisa sesuai dengan selera anda dan akhirnya meningkatkan selera makan anda.

5. Pentingnya menata tampilan masakan


Sebuah masakan dengan cita rasa seenak apapun tetapi di sajikan dengan penyajian yang salah mungkin akan malah  menghilangkan selera atau nafsu makan orang yang akan mengkonsumsinya.  Dan atau sebaliknya, makanan dengan rasa yang kurang maksimal, mungkin akan lebih banyak dipilih orang karena tampilan dalam penyajiannya mampu meningkatkan selera makan orang yang melihatnya.

6. Berolah Raga

Pernahkan anda mendengar mengenai orang - orang yang berniat berolah raga untuk menurunkan berat badan tetapi hasilnya malah sebaliknya. Bukannya berat badan menurun, tetapi malah semakin meningkat.
Ternyata penjelasannya adalah seperti berikut ini, ternyata olah raga bisa memicu tubuh untuk menghasilkan beberapa zat kimia yang ada di dalam otak yang bermanfaat untuk meningkatkan mood atau suasana hati. Dan tentunya, mood yang baik akan membuat nafsu makan kita bisa jadi lebih meningkat.

Posting Komentar untuk "Pengen Gemuk? Ini dia 6 cara mudah menaikkan nafsu makan "