Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 jenis olahraga untuk mengecilkan perut yang efektif dan tidak berat dilakukan

Olahraga yang menghilangkan perut buncit - kondisi Perut Buncit adalah kondisi fisik yang sering dialami sebagian orang yang sudah mulai berumur. Kondisi alami ini memang sulit dihindari tetapi bukan tidak mungkin untuk dicegah atau dihilangkan. Padahal ada solusi yang mudah dan terbukti menghilangkan kondisi perut buncit dengan cara berolahraga secara konsisten dan merubah gaya hidup.  

Lalu pernahkah anda merasa bahwa anda sudah sering berolah raga tetapi permasalahan perut buncit masih belum teratasi? Jika itu terjadi, maka ada beberapa hal yang anda koreksi pada saat melakukan aktivitas olahraga yang sudah anda lakukan. Misalnya sudah benarkah jenis olehraga yang anda pilih, kapan waktunya berolahraga, atau hal lain yang anda lakukan setelah berolahraga.

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit


Ada juga anggapan sebagian orang yang berfikir bahwa untuk menghilangkan perut buncit, pilihan olahraga yang terbaik adalah dengan melakukan sit up. Mungkin anggapan ini tidak sepenuhnya salah, tetapi bisa saja menghasilkan hasil yang kurang sesuai dengan target atau tujuan dari kita berolahraga yaitu mengecilkan perut buncit. 

Dari sumber informasi yang saya dapatkan, Ternyata olahraga yang dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah olahraga yang mampu membakar lemak secara keseluruhan di seluruh tubuh, tidak hanya berfokus di bagian perut saja. Hal ini memerlukan latihan yang berfokus dalam olahraga yang mampu membakar lebih banyak lemak di seluruh tubuh, termasuk di bagian perut. Lalu contoh olahraga apa yang disarankan untuk kita lakukan dengan tujuan menurunkan perut buncit yang efektif? Berikut ini adalah 6 saran olahraga yang bisa anda lakukan bersama kami.

Olahraga yang bisa mengecilkan perut buncit secara efektif dan mudah dilakukan

1. Lari di tanjakan

Joging atau olahraga lari bisa dilakukan di trek mendatar ataupun di jalur yang sedikit menanjak. Namun dari keduanya terdapat perbedaan hasil yang cukup signifikan jika dilakukan dengan jarak dan waktu berolahraga yang sama, khususnya dalam hal penurunan perut Buncit .
Dalam sebuah penelitian disebutkan, berlari di jalur yang menanjak mampu membantu membakar kalori dalam tubuh lebih banyak hingga 50% dibandingkan jika berlari di trek datar. Jika anda akan memilih porsi latihan ini, disarankan untuk melakukannya bertahap sesuai dengan kondisi tubuh dan fisik anda.
Mungkin anda bisa melakukan langkah awal dengan melakukan jalan cepat di trek tanjakan yang sudah anda pilih, kemudian secara periodik mulai ditingkatkan waktu dan jarak tempuhnya. Jangan lupa pantau kondisi detak jantung anda, pastikan masih dalam kemampuan anda dan jangan sampai detak jantung menjadi terlalu cepat melebihi batas wajar karena hal ini sangatlah berbahaya.


2. HIIT ( High Intensity Interval Training ).

HIIT adalah jenis latihan intens  yang berfokus pada aktifitas latihan kardio. Selalu awali latihan olahraga anda dengan pemanasan selama minimal 10 menit. Kemudian lanjutkan dengan latihan berulang selama 30 detik  hingga 1 menit gerakan -geeakan seperti squat, push up, sit up, pull up, jumping jack atau gerakan kardio lainnya . Berikan jeda istirahat di antara setiap pergantian gerakan. Beristirahatlah selama 30 detik sebelum melanjutkan dengan gerakan lainnya. 

3. Angkat beban

Olah raga angkat beban yang sesuai bisa membantu mengecilkan perut buncit secara efektif, konsultasikan berat dan jenis beban apa yang sesuai dengan kebutuhan anda kepada personal trainer kepercayaan anda.
Lakukan secara rutin dan naikkan intensitasnya maupun lama latihan secara bertahap. Latihan beban ini terbukti mampu membantu membakar lemak tubuh meskipun setah kita berhenti berolahraga selama beberapa waktu.

4. Lompat Tali


Lompat tali untuk mengecilkan perut


Lompat tali adalah pilihan olahraga yang mampu membakar lemak keseluruhan di tubuh kita. Lakukan secara  bertahap sesuai kemampuan anda dan tingkatkan intensitas waktunya secara berkelanjutan.
Namun ingatlah untuk selalu tetap menjaga kondisi tubuh, berlatihlah sesuai porsi dan kemampuan fisik anda.

5. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah pilihan olahraga yang paling ringan dan mudah untuk kita lakukan. Namun jangan anggap sepele hasil dari olahraga jalan kaki ini. Jika kita melakukannya secara konsisten dan mau meningkatkan porsi waktu dan jarak latihannya, maka olahraga jalan kaki ini juga akan memberikan manfaat dalam kesehatan fisik anda, khusus nya dalam tujuan mengecilkan perut.
Awali pola latihan anda dengan berjalan santai selama 30 menit -1 jam, lalu bisa anda tingkatkan kecepatannya secara bertahap dan juga jumlah jarak tempuhnya. Selain mengecilkan perut, olah raga ini juga baik untuk Kesehatan Jantung kita. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "5 jenis olahraga untuk mengecilkan perut yang efektif dan tidak berat dilakukan"