5 Buah Yang bikin Sehat tetapi Tidak Disarankan untuk dijadikan Jus, antara lain buah Alpukat

Jus buah merupakan salah satu olahan minuman yang berasal dari satu atau kombinasi beberapa buah yang diyakini dapat memberikan nutrisi dan sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat dan Kuat. Tujuan pengolahan buah-buahan dibuat menjadi segelas jus adalah agar buah-buahan itu lebih mudah untuk kita konsumsi dan tentunya buah akan menjadi lebih terasa nikmat saat kita minum karena kita bisa menambahkan rasa atau campuran lain agar jus buah menjadi minuman yang lebih segar dan nikmat sesuai selera kita.

Namun ternyata, cara mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan dengan dijadikan jus malah bisa merusak beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah itu sendiri. Dan akhirnya nutrisi yang kita harapkan dari meminum jus malah tidak kita dapatkan, sangat disayangkan bukan. 

Nah agar hal ini tidak terjadi, mari kita cari tau bersama, buah apa saja sih yang tidak disarankan untuk dijadikan Jus? 

Daftar 5 buah yang tidak di sarankan untuk dibuat Jus Minuman agar tidak berkurang nilai nutrisinya

1. Alpukat

Jus alpukat manfaat dari


Buah yang berwarna hijau gelap ini mengandung kandungan lemak baik yang sangat bagus untuk kita konsumsi. Selain itu Alpukat juga memiliki kandungan lain seperti vitamin C, Kalium dan Folat. 

Alpukat tidak disarankan untuk diolah menjadi Jus karena memiliki konsistensi yang lembut dan sedikit berair. Hal inilah yang membuat alpukat akan sulit untuk mengeluarkan ekstrak kandungan nutrisinya saat di Jus.

2. Pisang

Apa Manfaat Jus pisang

Pisang adalah salah satu buah yang kaya Nutrisi. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah pisang antara lain Vitamin C, Potasium, magnesium, Vitamin B6 dan serat. Kandungan serat, nutrisi dan vitamin yang dimiliki pisang akan membuat kita kenyang lebih lama dan tercukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Alasan kenapa buah pisang tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk minuman jus hampir sama dengan buah alpukat yaitu  karena pisang memiliki kandungan kadar cairan yang sedikit. Jika pisang dijadikan jus, maka akan  mengurangi jumlah kadar nutrisi dari buah pisang itu sendiri.

3.  Mangga

Jus mangga nutrisi apa


Minuman jus mangga memang merupakan salah satu jenis minuman jus yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Selain menyegarkan diminum saat cuaca panas, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah mangga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan pencernaan, buah mangga juga katanya mampu membantu menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Namun sayangnya, terdapat informasi yang menyebutkan bahwa ternyata buah mangga sebenarnya tidak disarankan untuk dijadikan jus minuman karena tekstur buah mangga yang lembut dan mudah hancur. Tetapi jika ingin tetap  mengolah mangga menjadi minuman, disarankan untuk mengolahnya dalam kondisi beku.  

4. Bluberi

Blueberry manfaat gizi


Bluberi atau Blueberry merupakan buah rendah kalori yang banyak dipilih oleh mereka yang sedang memilih program diet rendah lemak untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain manfaatnya untuk membantu program  diet, Blueberry juga mengandung kandungan vitamin, Serat, anti Oksidan dan mineral. Daripada diolah sebagai minuman jus, beberapa ahli nutrisi lebih menyarankan agar blueberry diolah menjadi smoothies, sejenis minuman yang lebih kental jika dibandingkan dengan Jus.

5. Buah Ceri

Buah ceri


Kandungan nutrisi dari buah ceri antara lain adalah vitamin A, protein, serat, dan Vitamin C. Mengkonsumsi Buah ceri akan memberikan manfaat perlindungan dari radikal bebas yang menjadi pemicu terjadinya penyakit kronis dalam tubuh karena Buah ceri mengandung anti oksidan tinggi.

Ukuran dan teksturnya yang kecil dan lembek akan menjadikannya hancur dan bisa merusak nutrisi yang ada di  dalam buah ceri jika dijadikan jus, lebih disarankan menjadikan buah ceri sebagai buah konsumsi pendamping sajian sekaligus sebagai penghias makanan atau minuman kita.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak