Resep termudah membuat Nasi Gurih yang enak untuk keluarga

Resep nasi gurih atau nasi liwet – Nasi gurih adalah salah satu olahan nasi yang proses pembuatannya sedikit berbeda dengan cara memasak nasi biasa yaitu dengan ditambahkan santan dan bumbu yang berasal dari rempah-rempah. Tambahan  rempah rempah ini yang membuat nasi gurih menjadi beraroma lebih sedap dan mengundang selera dan memiliki rasa gurih yang berasal dari santan.

Resep nasi gurih sudah ada sejak lama dan turun temurun dari nenek moyang kita, dan hampir setiap daerah memiliki resep yang mirip – mirip namun memiliki sedikit perbedaan dari cara pembuatan dan bumbu serta dengan sebutan nama yang berbeda. Di daerah solo dan jogja misalnya, nasi gurih biasa di sebut dengan nasi liwet. Atau ada yang diberi tambahan pewarna alami warna kuning sehingga menjadi sajian nasi gurih kuning yang sering menghias sajian tumpeng.
Untuk membuat sendiri nasi gurih yang lezat ternyata cukup mudah dan pasti bisa kita lakukan di rumah. Bahan bahan yang dipakai juga mudah di dapatkan dari warung atau pasar yang ada si sekitar kita. Dan di artikel kali ini kami akan membagikan resep nasi gurih daun jeruk ala Rudy choirudin salah satu maestro kuliner yang ada di Indonesia.

Berikut ini Resep dan bahan – bahan untuk membuat Nasi Gurih daun jeruk spesial Sumber78


Bahan-bahan :

  • 800gr sampai 1 kg beras, cuci bersih.
  • 2 batang daun serai, memarkan
  • 10 lembar daun jeruk.
  • 1 sdt garam secukupnya atau sesuai selera.
  • 1 liter air
  • 6 butir cabe rawit 
  • 1 sdm kaldu ayam atau sesuai selera.
  • 4 siung bawang putih
  • 4 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Panaskan 4 sdm minyak goreng
  2. Cincang semua bawang merah kemudian masukkan ke minyak goreng yang sudah dipanaskan dan tumis sampai berwarna kekuningan dan beraroma wangi, tambahkan sedikit air putih lalu matikan api. Sisihkan
  3. Persiapkan beras dan masukkan ke dalam rice cooker.
  4. Tambahkan 2 batang serai yang sudah di memarkan, daun jeruk yang sudah di cincang halus.
  5. Masukkan kaldu ayam dan tumisan bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  6. Masukkan 1 liter air putih, aduk sampai rata agar bumbu tercampur merata.
  7. Masukkan cabe utuh agar tidak terasa pedas.
  8. Tutup rice cooker kemudian setel sampai matang .
Jika nasi gurih sudah matang, sajikan bersama hidangan lain seperti nasi opor atau nasi sambal goreng dan hidangan lainnya. Tambahkan toping bawang goreng dan kerupuk agar sajian semakin nikmat.
Selamat menikmati.