6 makanan sehat untuk konsumsi harian yang sudah diakui di Amerika juga Eropa

Menentukan makanan yang sehat untuk kita konsumsi, Terkadang kita memang harus memastikan makanan apa yang benar benar layak dan menyehatkan untuk kita konsumsi. Banyak sekali yang bilang makanan A atau makanan B menyehatkan, tetapi ternyata itu adalah informasi yang salah. Di artikel ini kami akan menyajikan 6 jenis makanan yang sudah diakui benar - benar menyehatkan untuk di Konsumsi dan sudah diakui kebenarannya baik di amerika maupun di Eropa.

Rekomendasi 6 makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi beserta manfaat kandungan yang dimilikinya

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Beberapa kacang - kacangan dan biji bijian memang sangat di rekomendasikan karena banyak mengandung zat gizi baik untuk kita konsumsi salah satunya adalah Kacang Almond.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang almond cukup lengkap, berikut ini adalah beberapa kandungan zat yabg terdapat apda kacang almond dan baik untuk tubuh kita.
  • Vitamin E
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • serat
  • Riboflavin
Terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi almond terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Penurunan kadar kolesterol pada tubuh juga membuat penurunan resiko kejadian gangguan kardiovaskular.

2. Oatmeal

Pada tahun 1997 FDA ( food and drug assosiasi ) atau badan pengawas obat dan makanan yang ada di amerika menyebutkan bahwa makanan yang banyak mengandung oat atau gandum baik untuk di konsumsi sebagai makanan diet rendah lemak yang juga baik untuk menurunkan kolesterol dan resiko penyakit kardiovaskular.
Oat juga mengandung kandungan karbohidrat kompleks dan lemak yang larut dalam air, hal ini mampu membantu memperlambat proses pencernaan dan menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Oatmeal juga banyak mengandung serat, folat dan potasium yang sangat baik untuk tubuh kita.

3. BROKOLI

Brokoli menyediakan kandungan jumlah zat gizi yang baik untuk tubuh kita.
Kandungan zat gizi yang terdapat pada brokoli antara lain Serat, kalsium, potasium, folat, dan fitonutrien
Fitonutrien adalah senyawa yang mengurangi risiko terkena penyakit jantung , diabetes , dan beberapa jenis kanker.

Brokoli juga mampu menyediakan zat antioksidan
yang penting bagi tubuh kita seperti vitamin C dan beta-
karoten . Faktanya, satu porsi
setengah cangkir brokoli dapat
menyediakan sekitar 85% dari nilai kebutuhan vitamin C harian seseorang.

Selain itu terdapat Senyawa lain dalam brokoli, yang disebut sulforaphane yang memiliki manfaat sebagai zat antikanker dan anti inflamasi.

Memasak brokoli terlalu matang ternyata justru dapat menghancurkan banyak kandungan nutrisi utamanya. Untuk inilah beberapa pakar menyarankan untuk mengkonsumsi brokoli dalam keadaan mentah atau dikukus sebentar.

4. Apel

Apel adalah sumber antioksidan yang sangat baik, kandungan yang dimiliki buah apel mampu memerangi radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. 
Apa itu radikal bebas? Radikal bebas adalah zat perusak yang dihasilkan tubuh. Radikal bebas inilah yang menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan dalam tubuh dan dapat berkontribusi pada kondisi sakit kronis, serta mempercepat proses penuaan.

Namun, beberapa studi telah
menyebutkan bahwa kandungan zat  antioksidan yang terdapat di dalam apel dapat membantu  memperpanjang rentang hidup seseorang dan mengurangi risiko penyakit kronis.

5. Blueberry

Blueberry, menyediakan sejumlah besar serat, antioksidan, dan fitonutrien. Tidak seperti mineral dan
vitamin, fitonutrien mungkin tidak terlalu memiliki peranan yang penting untuk kelangsungan hidup. Namun, fitonutrien dapat membantu mencegah serangan penyakit dan mempertahankan fungsi tubuh yang vital.

Mengkonsumsi blueberry dapat juga  membantu melindungi kita terhadap penurunan kognitif pada kondisi tubuh yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer . Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa blueberry dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

6. Alpukat

Ada sebagian orang yang menghindari konsumsi alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Namun sebenarnya alpukat memberikan lemak yang sehat dan baik untuk tubuh kita. Selain itu alpukat juga banyak memiliki kandungan vitamin B, vitamin K, dan vitamin E. 

Alpukat juga merupakan sumber serat yang baik. Dari penelitian juga disebutkan bahwa alpukat meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, atau kolesterol "baik". Kolesterol jenis ini mampu mwmbantu menghilangkan lebih banyak kolesterol berbahaya dari aliran darah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url