Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan sehat untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi harian

Menentukan pilihan makanan untuk mereka yang beresiko atau sudah terkena diabetes merupakan salah satu langkah penting dalam proses pengontrolan kadar gula darah dalam tubuh. Pilihlah makanan-makanan yang memiliki resiko peningkatan kadar gula darah yang tidak  signifikan saat kita konsumsi.

Untuk itu kita perlu mengetahui pilihan dan ciri-ciri makanan apa saja yang baik dan direkomendasikan bagi mereka yang menderita diabetes. 
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan terbaik yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes dan memiliki resiko peningkatan gula yang rendah.

6 Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes

1. Kacang-kacangan

Kacang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena memiliki peningkatan kadar gula darah yang cukup rendah saat dikonsumsi. Hampir semua jenis kacang baik untuk dikonsumsi terutama bagi diabetesi, istilah yang sering digunakan untuk menyebut mereka yang terkena gula darah. Kacang tanah, almond, kacang kenari, pistachio dan beberapa jenis kacang lainnya merupakan contoh kacang yang baik untuk dikonsumsi.

2. Protein

Protein sangat bermanfaat jika dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki fungsi dalam memperlambat proses penyerapan karbohidrat ke dalam darah. Hal ini disebabkan karena protein termasuk zat yang agak sulit dipecah sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung protein juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes dan juga mereka yang sedang menjalankan program diet sehat.

3. Lemak sehat

Ada dua jenis lemak yaitu lemak jahat dan lemak baik atau lemak sehat yang baik untuk kota konsumsi. Hampir mirip dengan protein, lemak sehat juga membantu memperlambat proses penyerapan karbohidrat dalam darah sehingga mampu memperlambat atau menghambat kenaikan kadar gula dalam darah. Contoh lemak sehat bisa didapatkan dari minyak zaitun, atau kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat.

4. Buah rendah kadar gula

Hampir semua Buah buahan memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita, tetapi ada beberapa jenis buah yang justru harus dihindari bagi mereka yang sedang menderita diabetes tinggi. Untuk itu kita perlu memilih buah yang memiliki kadar gula rendah sehingga selain menyehatkan juga meminimalkan resiko kenaikan gula darah. Beberapa contoh buah rendah kadar gula yang baik untuk di konsumsi adalah seperti berikut ini : buah pir, apel, jeruk bali, jeruk mandarin buah beri dll.

5. Sayur-sayuran kaya serat.

Sayuran yang mengandung banyak serat sangat baik dikonsumsi bagi penderita penyakit gula. Contoh  sayuran berwarna gelap seperti brokoli, seledri, kubis, daun bawang, jamur merupakan beberapa jenis sayuran yang kaya serat dan rendah karbohidrat sehingga baik untuk dikonsumsi dibetesi.

6. Minuman tanpa gula

Menikmati minuman manis memang sangat sulit untuk dihindari, namun jika kita sudah memiliki resiko terkena diabetes, maka mau nggak mau kita harus benar benar mengurangi konsumsi minuman manis yang berasal dari gula. 
Sebagai solusi untuk tetap bisa menikmati minuman manis tanpa gula, mungkin kita bisa membuat minuman yang berbahan buah buahan yang memiliki rasa manis alami dan meiliki resiko kenaikan diabetes yabg rendah.

Demikian beberapa saran pilihan makanan yang sebaiknya dikonsumsi jika kita sudah memiliki resiko terkena diabetes atau juga ingin menghindari resiko diabetes sejak dini. Semog bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "6 Makanan sehat untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi harian"