Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wonderful Banyuwangi, Surga Wisata di ujung timur Pulau Jawa

Banyuwangi - kota yang terletak di ujung paling timur pulau jawa ini wajib menjadi salah satu destinasi wisata liburan anda. Letaknya berseberangan dengan pulau Bali yang hanya dibatasi oleh selat Bali. Meskipun tidak sepopuler Pulau Bali, tapi ternyata Banyuwangi memiliki beberapa tempat yang menjadi primadona wisatawan dari seluruh dunia, penasaran? Yuk langsung saja kita eksplore kota Banyuwangi dan tempat wisatanya.

Wisata Banyuwangi, surga wisata di ujung timur pulau jawa

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa timur yang memiliki luas sebesar 5800 km persegi. Selain memiliki garis pantai yang cukup luas yang membentang dari pesisir laut jawa hingga samudera hindia, Banyuwangi juga memiliki beberapa gunung yang menjadi destinasi wisata favorit , salah satunya adalah gunung Raung.

kawah ijen dan api biru

Indonesia wajib bangga, karena ternyata di salah satu kota di Indonesia yang ada di kabupaten Banyuwangi terdapat salah satu keajaiban dunia yang hanya terdapat di beberapa tempat di seluruh dunia. Indonesia memiliki keindahan api biru yang terdapat di kawah Ijen. Untuk dapat menikmati keindahan api biru, pengunjung harus sedikit bekerja keras dengan melakukan pendakian dari Banyuwangi menuju ke puncak kawah Ijen. 

Di sepanjang perjalanan Anda akan menikmati pemandangan indah serta beberapa penduduk yang sedang menambang belerang secara manual menggunakan sistem tradisional. Perjalanan Anda akan terbayarkan dengan keindahan api biru yang sangat luar biasa dan merupakan sebuah keajaiban yang tiada duanya, dan jika beruntung Anda akan melihat langit Aurora yang ada di di kawasan gunung Ijen.


Banyuwangi memiliki ombak terbaik di dunia untuk berselancar

Siapa yang menyangka bahwa Banyuwangi juga menjadi salah satu tujuan wisatawan dari seluruh dunia yang sangat menyukai olahraga surfing. Hal ini karena Banyuwangi ternyata memiliki ombak berkelas dunia yang yang hanya satu tingkat di bawah ombak yang dimiliki Pulau Hawaii yang sangat ideal untuk berselancar. 

Pantai Plengkung di Banyuwangi telah diakui memiliki standar ombak kelas internasional yang tidak kalah dengan yang ada di Pulau Hawaii. Di kalangan surfer internasional Pulau bangkung dikenal G-Land. Bahkan para server tingkat yang memberikan sebutan khusus untuk ombak di pelabuhan ini yaitu dengan sebutan "The seven Giant waves wonder". Sebutan ini diberikan karena rata-rata gulungan ombak yang ada di pantai Plengkung memiliki 7 lapis ombak yang tidak semua pantai memilikinya.

Selain Pantai Plengkung juga terdapat destinasi wisata pantai lain yang menjadi rekomendasi kami yaitu Pulau Merah.  Pulau merah atau ada yang menyebutnya dengan nama pantai merah terletak tidak jauh dari pantai plengkung. 

Jika pantai Plengkung merupakan salah satu destinasi wisata untuk surfer professional karena kualitas ombaknya, sedangkan Pantai merah lebih banyak dikunjungi untuk peselancar pemula karena memiliki ombak yang lebih tenang dan sedikit gugusan karang, sehingga aman untuk kita yang baru belajar berselancar. 

Pantai merah juga sangat terkenal dengan suasana keindahan matahari terbenam yang indah dan memberikan kedamaian.

Taman Nasional alas Purwo dan taman nasional Baluran

Bagi anda yang berjiwa petualang, anda wajib singgah ke kawasan nasional alas purwo atau Taman Nasional Baluran di Banyuwangi. Kawasan taman Nasional alas Purwo merupakan salah satu kawasan taman Nasional yang paling tua di pulau Jawa. 

Terhubung dengan taman nasional Baluran Anda bisa melakukan eksplorasi dan menikmati suasana alam yang masih alami dan melihat kehidupan hewan liar secara bebas disini. Beberapa hewan khas yang ada di sini adalah banteng, kancil, elang, kera dan hewan hewan lainnya. 


Taman Nasional Baluran juga memiliki padang Savana yang terlihat unik indah dan mirip seperti suasana di Afrika.

Bagaimana menuju kota banyuwangi melalui darat atau udara?


Menuju Banyuwangi Melalui Jalur Udara 

Jika anda ingin menuju Banyuwangi melalui jalur udara, dan anda memulainya dari kota Surabaya, maka anda bisa mengambil jalur pesawat menuju ke kota Bali terlebih dahulu. Dari bandar udara di Bali Anda bisa melanjutkannya melalui jalur darat dan menyerang menggunakan penyeberangan laut yang tersedia selama 24 jam menuju kota Banyuwangi.

Menuju Banyuwangi Melalui jalur darat

Jika Anda memilih untuk menggunakan jalur darat menuju kota Banyuwangi dari Surabaya, Anda bisa menggunakan mobil atau kereta api sebagai pilihannya.
Kota Surabaya dan Banyuwangi berjarak 239 KM yang bisa anda tempuh melalui jalur di sepanjang pesisir pantai utara. Dari Surabaya sampai ke Probolinggo Anda bisa memilih menggunakan jalur atau menggunakan tol untuk mempercepat perjalanan Anda. Jika anda tidak terburu-buru perjalanan dari Surabaya menuju Banyuwangi bisa anda nikmati Selama perjalanan karena memiliki pemandangan yang cukup indah di sepanjang perjalanan.

Selain memiliki keindahan alam, kota Banyuwangi juga memiliki wisata budaya yang cukup beragam dan pilihan kuliner yang lezat dan unik yang bisa kamu kunjungi. 
Nah  tunggu apalagi, paket liburan yang komplit bukan? Segera jadwalkan liburan kamu ke banyuwangi ya.




Posting Komentar untuk "Wonderful Banyuwangi, Surga Wisata di ujung timur Pulau Jawa"