Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rahasia hidup sehat dan panjang umur yang mudah untuk kita tiru dan praktekkan dalam kehidupan sekarang

Hidup sehat dan panjang umur- Sebuah penelitian pernah dilakukan di daerah yang dikenal dengan "Zona biru", penelitian ini terkait dengan usia rata-rata  penduduknya yang melebihi usia normal rata rata penduduk di Bumi. Dan selain bisa memiliki umur yang lebih panjang, penduduk yang berada di "zona biru" juga memiliki kondisi badan yang segar sehat bugar dan terhindar dari serangan - serangan penyakit kronis. 


Dari analisa dan penelitian selama beberapa waktu, terdapat beberapa hal yang diyakini membuat hampir semua penduduk di desa "Zona biru" ini bisa memiliki umur yang panjang. 

Mereka rata-rata memiliki kebiasaan dan pola hidup sehat yang hampir sama. Selain itu, Kebiasaan rutin dan konsistensi atas keseharian dan pekerjaan mereka setiap hari juga merupakan salah satu faktor penyebab panjang usia.

Ternyata,  Hal yang menjadi rahasia sehingga para penduduk itu bisa memiliki umur yang panjang sangatlah sederhana. Mereka memiliki pola hidup sehat yang mungkin jika kita mengikutinya kita pun bisa menambah usia umur kita. 
Lalu, Apa saja sih hal - hal yang menjadikan bisa menjadikan kita hidup lebih sehat dan berumur  panjang? 

7 Rahasia kebiasaan hidup sehat yang bisa membuat kita panjang umur

1. Bergerak setiap hari.

Orang-orang di zona biru rata rata adalah pekerja keras dan petani. Setiap hari tubuh mereka terbiasa "bergerak" yang membuat badan merekapun menjadi lebih sehat. Aktifitas bercocok tanam merkea lakukan tanpa bantuan alat sehingga bisa jadi pembakaran lemak dalam tubuh menjadikan tubuh mereka sehat.

Di masa sekarang dan untuk kita yang mungkin tinggal di kehidupan perkotaan, kita juga mungkin bisa meniru prinsip 'bergerak setiap' hari ini yaitu caranya dengan membuat jadwal olahraga secara rutin dan konsisten setiap hari.

2. Menentukan tujuan hidup yang jelas.

Penduduk di wilayah zona biru seperti di okinawa,costa rica dan Nicoya, bangun setiap hari dan menjalani hidup sesuai dengan tujuan hidup mereka. Dengan menentukan tujuan hidup, pikiran mereka  menjadi lebih terfokus dan tidak mudah stres karena perubahan - perubahan. Memiliki tujuan hidup akan membuat kita lebih tertata dalam menjalani keseharian sehingga kesehatan kita juga akan selalu terjaga baik secara fisik maupun mental.

3. Manajemen stres

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa salah satu sumber penyakit yang ada pada kita bisa disebabkan karena faktor stres. Dalam sebuah kehidupan kita memang sulit bisa benar-benar terhindar dari serangan stres. Bahkan mereka para  penduduk yang berada di zona biru yang rata-rata berumur panjang pun pernah mengalami stres.

Bedanya mereka mampu mengontrol tingkat stres dan mengurangi dampak stres dengan melakukan kebiasaan kebiasaan positif seperti beribadah secara rutin salah satunya. Selain itu, rata rata penduduk si zona okinawa pada umumnya selalu tidur siang setiap hari. Ternyata meskipun tidur siang memiliki waktu yang tidak lama, namun dampaknya untuk mengontrol tingkat stres terbukti sangatlah besar.

4. Diet sehat

Penduduk di zona biru memiliki rahasia diet yang cukuo unik, mereka hanya merubah pola waktu makan dan mengurangi sedikit porsi makan agar tidak berlebihan.
Penduduk zona biru biasanya akan berhenti makan sebelum mereka benar benar merasa kenyang. Mereka juga hanya makan dengan porsi secukupnya di sore hari dan tidak makan lagi hingga besok pagi.

5. Konsumsi buah dan sayuran dan mengurangi konsumsi daging.

Mereka yang hidup di zona biru dan mampu berumur panjang ternyata juga lebih banyak mengkonsumsi sayuran, kacang-kacangan sebagai asupan makanan harian. Selain itu mereka juga mengurangi porsi makan daging hingga hanya makan 80-120 gram setiap makan.

Makanan seperti sayuran dan buah yang mengandung serat memang terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan, selain itu mengkonsumsi daging berlebihan bisa menyebabkan banyak sekali resiko penyakit, salah satunya kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh kita yang tentunya harus kita kontrol.


6. Mengutamakan kebersamaan keluarga dan berjiwa penuh kasih antar sesama.

Mereka yang berada di zona biru ternyata sangat mengutamakan keharmonisan dan kebersamaan di dalam keluarga mereka. Mereka juga memberikan penghormatan yang sangat luar biasa untuk para lansia dan tetap memastikan orang tua mereka tinggal dengan mereka.

Selain itu mereka juga menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan serta selalu menyisihkan waktu untuk anak-anak mereka.
Suasana hangat dan penuh kasih sayang di lingkungan rumah memang akan mampu mengurangi tingkat stres dan juga memberikan kenyamanan pada setiap individu yang tinggal di dalamnya.

Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan baik dan pola hidup sehat yang dilakukan mereka di zona biru ternyata terbukti mampu memberikan kesempatan untuk lebih sehat dan memiliki usia yang lebih panjang. 
Jadi, mari kita segera rubah kebiasaan-kebiasan dan pola hidup yang kurang sehat, kita ganti dengan perubahan pola hidup yang akan mampu membuat usia kita bisa lebih panjang, amin.


Salam sehat selalu.

Posting Komentar untuk "6 Rahasia hidup sehat dan panjang umur yang mudah untuk kita tiru dan praktekkan dalam kehidupan sekarang"