Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkuat Imun anak dengan makanan dan buah buahan ini agar tidak gampang terserang penyakit

Masalah kesehatan anak merupakan salah satu hal terpenting yang harus selalu kita awasi dan kita jaga. Serangan penyakit bisa  datang kapan saja dan dari faktor apa saja. Untuk itu kita sebagai orang tua perlu melakukan tindakan pencegahan, salah satunya dengan cara memperkuat imun pada anak. 
Imun atau yang juga dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh merupakan benteng terdepan yang harus diperkuat dan dimiliki oleh anak-anak dan juga orang dewasa karena manfaatnya yang memberikan fungsi perlindungan dari serangan virus dan penyakit.


Perubahan suhu, kebersihan lingkungan, serangan virus dan bakteri merupakan beberapa faktor resiko yang paling sering dihadapi oleh anak - anak. Dan untuk bisa  mencegah supaya anak anak lebih aman dari resiko terkena penyakit dan serangan penyakit tersebut, maka Daya tahan anak perlu kita perkuat dengan cara memberikan makanan - makanan yang bergizi dan mampu menghasilkan zat yang memberikan proteksi bagi kesehatan anak dari serangan penyakit.

Penyebab anak - anak lebih rawan terkena penyakit dibanding orang dewasa

Anak - anak memang lebih rawan terkena penyakit jika dibandingkan dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh atau imun pada anak-anak masih dalam proses perkembangan secara alami dan belum terbentuk secara sempurna. Hal inilah yang menyebabkan virus dan bakteri memiliki celah untuk menyerang sistem kekebalan tubuh anak-anak. 
Kita sebagai orang tualah yang harus memberikan perhatian ekstra untuk hal ini, lalukan tindakan preventif dengan cara  meningkatkan imun anak - anak secara alami dengan memberikan makanan - makanan yang mampu memperkuat imun pada tubuh anak secara maksimal.

Imun booster alami yang berasal dari makanan sehat untuk anak - anak

Memberikan asupan nutrisi dari makanan  yang mengandung gizi yang baik bisa membantu meningkatkan sistim kekebalan tubuh pada anak. Dan jika gizi yang ada pada tubuh anak terjaga, diharapkan imun tubuh mampu bekerja dengan baik dalam memberikan proteksi pada anak dari serangan penyakit. 
Berikut ini adalah makanan yang berupa buah buahan dan  sayuran yang sering kita temui dan mudah untuk diberikan untuk anak anak yang dipercaya banyak mengandung zat gizi yang baik untuk memperkuat imun anak.

1. Sayur Bayam

Sayur bayam banyak mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid serta vitamin c dan e. Vitamin c dan e inilah yang mampu memberikan kekuatan pada sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga mampu mencegah virus salah satunya virus flu pada anak.
Dan untuk memberikannya pada anak-anak, pengolahan sayur bayam cukup mudah yaitu dengan cara dibuat untuk sayur kuah  dan diberikan pada saat kecil saat makan sehari-hari.

2. Brokoli

Brokoli banyak mengandung antioksidan yang cukup kuat seperti sulforaphane. Meskipun brokoli berwarna hijau tua namun ternyata brokoli banyak mengandung vitamin c yang hanya diketahui biasanya terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. 
Mengkonsumsi brokoli setiap hari akan menghasilkan zat baik untuk tubuh yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak maupun orang dewasa.

3. Jamur Kancing

Jamur kancing merupakan salah satu sayuran yang cukup mudah diolah dan disajikan serta disukai rasanya oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dan ternyata jarum kancing ini memiliki manfaat yang cukup baik pada tubuh karena mampu memberikan asupan sumber mineral selenium serta vitamin b riboflavin dan niasin. 
Jika dalam tubuh memiliki kadar selenium yang cukup maka biasanya si kecil akan lebih kuat dan terhindar dari serangan virus flu karena salah satu manfaat dari selenium adalah memberikan proteksi dari serangan virus flu.

4. Buah Semangka

Buah semangka memiliki rasa yang manis dan menyegarkan sehingga banyak anak-anak yang menyukai mengkonsumsi buah ini. Namun selain rasanya yang enak dan menyegarkan ternyata semangka mengandung banyak antioksidan salah satunya adalah glutathion. 
Zat antioksidan yang satu ini mampu memberikan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu membantu melawan serangan infeksi virus pada anak-anak.

5. Buah Jeruk

Manfaat buah jeruk sudah sangat lama sekali dikenal sebagai penghasil vitamin c yang paling mudah untuk dicari dan didapatkan. Asupan vitamin c dapat mampu membantu mengurangi dan mempercepat proses penyembuhan penyakit flu serta mampu mengurangi gejala flu yang menyerang pada anak-anak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Tempe dan tahu

Tempe dan tahu terbuat dari bahan utama kedelai yang banyak mengandung isoflavon imodulator seperti daidzein, genistein dan glasitin. Isoflavon merupakan kandungan yang dikenal sebagai antioksidan dan agen anti inflamasi pada tubuh. 
Tempe dan tahu juga merupakan bahan baku masakan yang mudah didapatkan serta gampang untuk diterima oleh lidah anak-anak untuk dikonsumsi.

7. Susu

Susu merupakan makanan nutrisi tambahan yang biasanya diberikan sebagai penyerta sayuran dan buah-buahan. Seperti sudah banyak diketahui susu mengandung vitamin dan gizi yang baik untuk anak selama masa pertumbuhan dan mampu menjaga kesehatan anak-anak.



Posting Komentar untuk "Perkuat Imun anak dengan makanan dan buah buahan ini agar tidak gampang terserang penyakit"