Pentingnya mengontrol karbohidrat yang kita konsumsi untuk mencegah diabetes

Jumlah karbohidrat sangat mempengaruhi kadar gula darah, karbohidrat yang jika kita konsumsi berlebihan bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit diabetes. Kita juga wajib tahu bahaya komplikasi apa yang bisa disebabkan oleh penyakit diabetes sehingga kita memiliki kesadaran untuk mengontrol kesehatan tubuh kita.


Adapun beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan jika memiliki kadar gula darah yang berlebih adalah seperti berikut ini, mulai dari kerusakan saraf, gangguan pada fungsi ginjal, penurunan kualitas penglihatan dan penyakit Jantung.

Nah lalu bagaimana cara kita untuk mencegah dan menghindari resiko terkena penyakit diabetes? Caranya adalah dengan melakukan gaya hidup sehat, berolah raga dan salah satunya dengan mengontrol kadar karbohidrat yang kita konsumsi setiap harinya. 

Bagaimana seharusnya kita mengkonsumsi karbohidrat untuk bisa tetap sehat?

Karbohidrat adalah salah satu zat yang dihasilkan oleh beberapa jenis makanan yang kita konsumsi. Dari karbohidrat ini kemudian tubuh merubahnya menjadi glucosa. Glucosa sendiri sebenarnya juga merupakan zat yang juga bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh kita, asalkan glucosa ada dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Untuk mengontrol glucosa supaya tidak berlebihan tentunya kita bisa melakukan pengontrolan salah satunya dengan mengatur berapa banyak jumlah karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Jadi kesimpulannya adalah bahwa kita tetap membutuhkan karbohidrat tetapi dalam jumlah yang terbatas.

Cara menghitung karbohidrat yang kita konsumsi

Sebenarnya agak sulit untuk menghitung secara pasti berapa banyak karbohidrat yang kita konsumsi yang masuk ke dalam tubuh kita, namun kita bisa tetap mengontrol jumlah karbohidrat yang akan kita konsumsi menggunakan beberapa tips dari kami berikut ini :

1. Membaca jumlah kandungan karbohidrat dari keterangan yang ada di kemasan makanan 

Beberapa makanan kemasan yang kita beli biasanya sudah mencantumkan seberapa banyak kandungan karbohidrat yang ada di setiap porsi makanan mereka. Dari situ anda bisa membuat hitungan karbohidrat yang masuk ke tubuh anda dari keterangan di kemasan produk dikali porsi makanan yang anda konsumsi.

2. Mengukur porsi makanan yang anda konsumsi

Untuk meningkatkan akurasi dan menghitung jumlah karbohidrat yang kita konsumsi, anda bisa melakukannya dengan mengukur sendiri dengan cara memperkirakan berapa banyak makanan yang akan anda konsumsi. Saat ini anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi HP yang mampu membantu menghitung kadar karbohidrat yang anda konsumsi dengan sangat mudah 

3. Buat catatan manual asupan karbohidrat dari makanan yang anda konsumsi setiap hari

Jika anda mau meluangkan sedikit tenaga dan waktu dengan mencatat setiap asupan makanan yang anda konsumsi setiap hari, anda mungkin akan lebih mudah untuk melakukan pemantauan berapa banyak jumlah karbohidrat yang anda konsumsi setiap hari, setiap minggu dan setiap bulannya. Lalu anda bisa menunjukkan catatan anda ini kepada dokter keluarga anda untuk meminta saran dan masukan profesional terkait kondisi karbohidrat dan diabetes anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url