Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan juga bagi penggemar gorengan

Manfaat kopi bagi Kesehatan dan para pecinta gorengan - Kopi merupakan salah satu sajian minuman yang sudah sangat populer baik di Indonesia hingga ke seluruh dunia. Selama ini manfaat minum kopi hanya dikenal sebagai minuman penangkal rasa kantuk saja. Tapi ternyata,  banyak peneliti dunia perkopian yang menemukan banyaknya manfaat lain dari minum kopi selain manfaat sebagai obat betah melek. 


Minum Kopi sangat baik untuk dikonsumsi dan memberikan manfaat bagi kesehatan kita lo, mau tau apa saja manfaatnya dan bagaimana sih cara menikmati kopi yang aman dan sehat ? 

Kandungan dan manfaat Kopi bagi kesehatan 

Tahukah anda, bahwa Kopi ternyata sangat kaya akan zat-zat yang baik untuk kesehatan kita seperti antioksidan dan nutrisi lain.  Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam secangkir Kopi ditemukan kandungan vitamin B2 vitamin B5 mangan kalium magnesium serta niasin. Terdapat juga studi lainnya yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi dengan cara yang benar dan dalam jumlah yang tepat ternyata sangat membantu untuk menurunkan resiko terkena serangan penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan :

1. Menurunkan resiko terserang kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh. Sebuah studi ELSAVIER yang dipublish pada tahun 2007 menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi ternyata lebih memiliki resiko terkena kanker hati 40% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi minuman kopi

2. Kopi dapat membantu menurunkan berat badan

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi ternyata mampu membantu untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Jika anda perhatikan dalam setiap suplemen pembakar lemak yang dijual di pasaran pasti terdapat kandungan kafein di dalamnya. Dan dalam sebuah penelitian secara khusus kafein memang mampu meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% lebih baik pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus.

3. Kopi mampu menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.

Alzheimer merupakan penyakit Neurodegenaratif yang banyak terjadi pada usia 65 tahun ke atas dan merupakan penyebab utama dari demensia. Salah satu cara untuk mencegah terkena penyakit alzheimer adalah dengan melakukan gaya hidup sehat mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat serta rutin berolahraga.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di journal of neurology menyebutkan bahwa orang yang rutin minum kopi ternyata memiliki risiko terkena penyakit alzheimer hingga 65% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

4. Kopi berkhasiat melindungi organ hati

Salah satu penyakit hati yang paling sering ditemui adalah sirosis hati. Sirosis hati merupakan jaringan parut yang terbentuk pada hati yang disebabkan karena kerusakan organ hati secara bertahap akibat dari beberapa penyakit hati seperti hepatitis dan penyakit lainnya.
Dan menariknya ternyata minum kopi dapat melindungi organ hati dari sirosis hal ini terdapat dalam sebuah penelitian dimana Orang yang menyembah cangkir kopi atau lebih perhari terbukti memiliki risiko 80% lebih rendah terkena resiko sirosis hati dibandingkan mereka yang tak mengkonsumsi minuman kopi.

5. Kopi dapat membantu meningkatkan suasana hati energi dan fungsi otak manusia

Kandungan kafein dalam kopi ternyata mampu meningkatkan suasana hati atau mood seseorang menjadi lebih baik dan membantu menurunkan resiko depresi.
Kafein juga mampu memberikan stimulan pada zat psikoaktif yang kemudian diserap ke dalam aliran tubuh hingga ke otak-otak, kafein juga mampu meningkatkan beberapa fungsi otak seperti meningkatkan daya ingat, suasana hati maupun kewaspadaan.

Manfaat minum Kopi tanpa gula untuk meruntuhkan lemak akibat makan gorengan

Sepertinya ini merupakan kabar baik bagi kita para pecinta gorengan. Seperti yang kita ketahui mengkonsumsi gorengan juga memberikan resiko penumpukan lemak pada aliran peredaran darah kita. 
Dikutip dari apa yang dikatakan oleh dokter Zaidul Akbar yang memberikan penjelasan mengenai manfaat kopi untuk merontokkan lemak dengan mudah setelah mengkonsumsi gorengan. Dokter zaidul Akbar menjelaskan bahwa kopi sangat ampuh dan mampu meruntuhkan  lemak dalam tubuh dari kandungan senyawa kafein yang dimiliki pada minuman kopi.

Jadi beberapa hal yang bisa kita simpulkan adalah, Meminum kopi tanpa gula dan dengan jumlah yang tidak berlebihan akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita seperti beberapa penjelasan di atas.
Dan seperti biasa, selalu konsultasikan juga dengan dokter pribadi anda mengenai boleh tidaknya anda mengkonsumsi kopi. Hal ini karena terkadang dalam kondisi tertentu pada setiap masing - masing individu akan berbeda situasi mengenai makanan atau minuman apa saja yang boleh atau tidak boleh di konsumsi.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan juga bagi penggemar gorengan"