Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ampuh mencegah penyakit Kronis hanya dengan merubah pola hidup sehat

Menjaga kondisi badan agar tetap sehat terutama di masa pandemi wajib kita  lakukan. Ditambah dengan perubahan iklim yang tidak menentu membuat tubuh kita sangat rawan terkena penyakit. Menjaga kondisi badan agar tetap selalu terjaga bisa dengan banyak sekali cara, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah merubah gaya hidup. 


Tahukah anda, bahwa dengan merubah beberapa gaya hidup yang biasa kita jalani menjadi gaya hidup yang lebih sehat selain mampu membantu menjaga daya tahan tubuh dan menguatkan imun, ternyata juga terbukti mampu membantu kita meminimalkan resiko terkena penyakit kronis. 
Beberapa penyakit kronis yang sering kita temui seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol tinggi ternyata mampu dicegah jika kita terbiasa menjalankan pola hidup sehat sejak dini. Lalu seperti apakah pola hidup sehat yang harus kita jalankan agar bisa benar-benar membantu mencegah terjadinya penyakit kronis atau membantu proses penyembuhan dari penyakit kronis yang sudah kita miliki?

Merubah 7 Gaya Hidup untuk mencegah penyakit kronis

1. Menjaga pola makan

Merubah jenis makanan yang kita konsumsi dengan memperbanyak makan sayuran dan buah terbukti mampu menjaga tubuh kita dari resiko serangan dibates, hipertensi san serangan jantung.
Mengkonsumsi sayuran segar dan buah yang tidak memerlukan lebih banyak proses dalam tubuh sangat baik untuk tubuh kita.

2. Berolahraga rutin dan cukup

Berolahragalah secara rutin, seorang ahli kesehatan menyarankan untuk berolah raga minimal selama 150 menit dalam seminggu. Lakukan latihan secara bertahap dan jangan terlalu memforsir atau memaksakan tubuh anda. Mulailah dengan jenis olahraga yang ringan seperti jalan sehat, bersepeda santai dll.
Latihlah diri anda berjalan mulai 10 menit setiap hari, kemudian tingkatkan waktu secara perlahan dan bertahap. 
Sebenarnya untuk bisa mendapatkan waktu berolahraga yang cukup bisa dengan melakukan aktifitas aktif apapun, yag penting tubuh bergerak dan berkeringat tidak hanya diam.

3. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas

Waktu istirahat atau tidur yang disarankan adalah 7-8 jam setiap hari. Jumlah waktu tidur yang cukup ditambah kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh lebih fresh dan sehat saat terbangun di pagi hari.
Kurangi penggunaan gadged terutama di kamar tidur agar waktu istirahat anda tidak terganggu.


4. Hindari stress berlebih

Setiap orang mungkin mengalami stres namun dengan tingkatan dan permasalahan yang berbeda beda. Permasalahan pekerjaan, keuangan, dikejar deadline target, hubungan asmara dan permasalahan lain bisa menjadi pemicu stres. Dan di saat anda mengalami stres, saat itulah imun tubuh biasanya mengalami gangguan dan rawan terkena serangan penyakit.
Kontrol tingkat stress anda dengan mengatur intensitas pekerjaan, berhentilah sejenak atau istirahat dari pekerjaan sebentar untuk menghirup udara segar dan melepaskan sedikit stress. 
Membagi permasalahan anda dengan orang terkasih, teman atau siapapun yang anda percaya bisa mengurangi tingkat stress anda dan mungkin malah anda bisa menemukan solusi permasalahan anda dengan mereka.


5. Bersosialisasi

Tetap terhubung dengan orang lain bisa membuat kita lebih sehat secara emosional dan fisik. Tetapi tentunya anda harus menentukan lingkungan sosialisasi yang bisa membuat anda nyaman dan bukan malah menambah permasalahan atau tingkat stress.


6. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang cukup agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi. Bawalah selalu air putih kemanapun anda berada, terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh bisa mencegah anda mengkonsumsi minuman manis yang tentunya menyebabkan resiko diabetes.
Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa air putih yang cukup sangat bagus untuk dikonsumsi dan mampu menurunkan resiko serangan hipertensi.


7. Cek kondisi kesehatan tubuh secara rutin

Lakukan pengecekan kesehatan secara rutin ke dokter keluarga atau klinik keluarga anda. Pastikan anda selalu dalam keadaan yang sehat, dan mintalah saran serta pertimbangan yang tepat tentang pola diet atau pola hidup sehat yang sedang anda lakukan dari tenaga medis yang berkompeten.
Semoga dengan merubah pola hidup sehat, kita semua bisa terhindar dari segala penyakit. Amin.

Posting Komentar untuk "Cara ampuh mencegah penyakit Kronis hanya dengan merubah pola hidup sehat"