Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah mengkonsumsi rambutan saat sedang Hamil ?

Dulu waktu istri saya hamil, kami sempat berdiskusi soal keinginan istri yang nyidam untuk makan rambutan. Kenapa soal makan rambutan jadi diskusi serius diantara kami? Hal ini ternyata karena istri saya sempat mendapat saran dari temannya untuk jangan dulu mengkonsumsi rambutan saat sedang hamil. Salah satu alasannya karena katanya mengkonsumsi rambutab bisa mengganggu kehamilan istri.

Nah dari situlah saya lalu mencari beberapa sumber informasi dari teman lainnya dan juga situs website yang membahas tentang kesehatan. Tentunya saya mencari topik tentang hubungan dan keamanan ibu hamil dan mengkonsumsi rambutan. Dan dari beberapa referensi akhirnya saya berani mengambil kesimpulan seperti ini.

Apakah Rambutan boleh dikonsumsi ibu hamil ?

Jawaban yang akhirnya saya ambil dan saya yakini adalah..  BOLEH,  dan Alhamdulillah sampai sekarang anak sudah sekolah dan kondisinya baik baik saja. Bahkan sebaliknya, Rambutan memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya. 

Apa saja manfaat rambutan bagi ibu Hamil ?

1. Mampu mengurangi rasa mual dan pusing 

Biasanya pada tiga bulan pertama kehamilan banyak ibu hamil yang sering mengalami mual dan pusing. Rasa manis dan menyegarkan dari rambutan bisa sedikit membuat rasa pusing dan mual berkurang.

2. Sumber Zat besi yang baik bagi ibu Hamil

Rambutan mengandung banyak sekali zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaat zat besi adalah mampu menstabilkan kandungan hemoglobin atau sel darah merah serta mampu mengurangi kelelahan yang sering dirasakan oleh kebanyakan ibu hamil.

3. Mengandung Fosfor yang mampu mencegah infeksi ringan

Kandungan fosfor yang ada dalam buah rambutan mampu membantu menjaga kesehatan pencernaan serta mengurangi rasa sembelit serta diare pada ibu hamil. Fosfor juga mampu membantu ibu hamil untuk mengurangi gejala flu sakit kepala dan demam.

4. Mengandung Vitamin E

Kandungan vitamin yang terdapat pada rambutan merupakan zat alami yang mampu menjaga kesehatan kulit ibu hamil. Selain itu vitamin e mampu mengurangi stretch mark atau bekas kelahiran pada ibu hamil.

5. Membantu meningkatkan imun

Kondisi hamil terkadang membuat wanita yang sedang mengandung memiliki penurunan sistem kekebalan tubuh. Penurunan sistem kekebalan tubuh ini tentunya membuat ibu hamil menjadi sangat rawan terhadap serangan berbagai penyakit. 
Rambutan juga mampu menghasilkan kandungan tembaga yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai anti mikroorganisme penyebab penyakit.

Yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi rambutan bagi ibu hamil


Tetapi yang perlu sedikit diperhatikan saat mengkonsumsi rambutan bagi ibu hamil adalah, jangan memilih rambutan yang terlalu matang, karena rambutan yang terlalu matang memiliki kadar gula yang lebih banyak dibanding rambutan dengan kematangan sedang. Karena konsumsi gula berlebih bagi ibu hamil bisa meyebabkan resiko diabetes gestational.

Rambutan yang terlalu matang juga bisa saja memiliki kandungan alkohol akibat fermentasi, sehingga jika dikonsumsi berlebih bisa memberikan resiko untuk si ibu hamil dan juga kandungannya.

Oleh karena itu jangan terlalu ragu untuk mengkonsumsi rambutan selama hamil tetapi tentunya kita tetap harus memilih dan membatasi jumlah konsumsi rambutan yang kita makan agar tidak mengandung resiko yang berlebihan.

Posting Komentar untuk "Bolehkah mengkonsumsi rambutan saat sedang Hamil ?"