Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara mengatasi perut Buncit di usia senja yang mudah dan manjur

Perut buncit merupakan problem yang hampir dialami ketika usia semakin bertambah. Selain membuat penampilan menjadi kurang enak untuk dilihat, orang yang memiliki perut buncit lebih memiliki resiko terkena penyakit seperti serangan jantung, diabetes hingga resiko terkena stroke.


Bagi mereka yang sudah berusia senja atau berumur diatas 40 tahun, mengatasi perut buncit harus dilakukan dengan langkah yang tepat dan tidak sembarangan. Kondisi fisik yang tidak muda lagi membuat kita harus lebih pas memilih metode penanganan perut buncit, agar niat baik kita untuk menjadi sehat dengan mengurangi perut buncit tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

7 metode sehat untuk mengurangi perut buncit

1. Kurangi asupan gula

Hampir semua orang menyukai rasa manis terutama yang bisa dihasilkan oleh gula, memang sangat nikmat untuk menikmati sesuatu yang rasanya manis. Di usia senja kita tetap boleh saja mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, tetapi yang perlu kita perhatikan adalah jumlahnya. 

Terutama Di usia senja, mengurangi asupan gula sangatlah penting karena mungkin beberapa fungsi metabolisme tubuh kita sudah mengalami penurunan.
Mengkonsumsi gula secara berlebih di usia senja bisa saja mengakibatkan lonjakan angka gula darah yang disebabkan tidak terkontrolnya kadar insulin dalam tubuh kita. 

Kadar insulin yang cukup tinggi inilah yang selain menyebabkan resiko serangan diabetes, juga mengakibatkan gumpalan lemak yang menumpuk di bagian perut yang membuat perut terlihat membuncit.

2. Berolah raga rutin dan cukup

Untuk mengurangi perut buncit salah satunya bisa kita lakukan dengan cara berolah raga. Namun jika usia kita sudah lebih dari 40 tahun, kita harus memperhatikan jenis olah raga yang sesuai dengan kekuatan fisik dan kondisi tubuh kita.

Lebih disarankan untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu berat namun lebih memperbanyak waktu latihannya. Jangan pula berlebihan memforsir olahraga terutama yang memacu jantung atau kardio anda, di usia senja kekuatan otot jantung mungkin sudah mengalami penurunan. 

Banyak sekali mereka yang memaksakan berolahraga tanpa memperhatikan kekuatan jantung yang malah memberikan akibat fatal pada diri merkea sendiri, jadi anda perlu memperhatikan jumlah detak jantung anda selama berolah raga dan segera beristirahat jika sudah membutuhkannya.

Dan jika target kita adalah untuk mengurangi perut buncit maka konsentrasi latihan di bagian perut bisa membantu meningkatkan masa otot yang ada di perut.

3. Kurangi konsumsi Karbohidrat, perbanyak protein. 

Kurangilah konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang bisa menyebabkan resiko lonjakan kenaikan insulin dalam tubuh. Gantilah atau kurangi menu makan kita secara bertahap dari karbohidrat menjadi lebih banyak menu makan yang mengandung protein. 

Namun sama seperti karbohidrat, kandungan protein memang baik dan dibutuhkan oleh tubuh namun tetap harus di jaga dalam jumlah yang tepat.

Untuk menu sarapan sehat yang mengandung protein lebih banyak, anda bisa mendapatkan informasinya di internet sesuai dengan selera yang anda sukai.

4. Hindari makanan yang menyebabkan perut kembung.

Salah satu penyebab Perut buncit adalah karena lambung kita tidak mampu mencerna sesuatu yang kita makan secara sempurna, sehingga menyebabkan timbulnya gas dan kembung yang akhirnya membuat perut membuncit.

Mengkonsumsi Makanan yang mengandung susu di sia senja merupakan salah satunya yang bisa menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan Di usia yang semakin bertambah tubuh mungkin kurang maksimal dalam memecah laktosa yang ada pada kandungan susu yang akhirnya menyebabkan perut kembung.

Garam juga merupakan bahan makanan yang harus anda perhatikan jumlah konsumsinya. Kandungan natrium pada garam juga memberikan kontribusi pada edema dan kembung. Jadi akan lebih baik jika anda mengurangi makanan yang banyak mengandung garam saat usia semakin bertambah.

5. Perbanyak makanan yang mengandung omega-3

Mengkonsumsi lemak baik juga salah satu cara untuk mengontrol kadar lemak secara keseluruhan. Lemak omega-3 merupakan jenis lemak baik yang bisa membantu mengontrol lemak secara keseluruhan, khususnya bagi anda yang ingin mengurangi perut buncit. 

Kandungan lemak Omega-3 bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi telur, memperbanyak makan ikan, atau makanan lain yang juga mengandung omega-3 yang bisa anda dapatkan di Internet.

6. Tidur cukup dan berkualitas

Salah satu cara mudah untuk mengurangi perut buncit adalah dengan meningkatkan kualitas tidur anda dan jumlah waktu tidur yang tepat. Istirahat yang cukup akan membantu metabolisme tubuh bekerja secara baik dan sempurna sehingga bisa membantu mengurangi perut buncit. 

Tidur yang cukup juga akan membuat anda lebih segar saat terbangun di pagi hari dan membuat anda lebih semangat untuk beraktifitas atau berolahraga.

7. Kurangi stress

Salah satu permasalahan yang selalu menghantui kita dalam hidup adalah meningkatnya tingkat stres pada diri kita.  Banyaknya masalah di kantor, urusan dalam keluarga atau permasalahan lainnya bisa memicu peningkatan stres yang berakibat meningkatkan munculnya hormon stres  seperti adrenalin dan kortisol, dua hormon inilah yang banyak menjadi penyebab sebagai pemicu munculnya timbunan lemak perut.

Kesimpulan dari beberapa saran untuk mengatasi permasalahan perut buncit adalah kita harus lebih memperbaiki kualitas hidup, caranya mungkin dengan melakukan langkah-langkah saran di atas, atau berkonsultasi lebih lanjut ke dokter keluarga anda untuk mendapatkan saran terbaik untuk menjaga kesehatan anda.

Salam sehat.

Posting Komentar untuk "7 Cara mengatasi perut Buncit di usia senja yang mudah dan manjur"