Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Perjalanan Luar Kota Di Masa Pandemi 2021

Tips Perjalanan luar kota di masa pandemi - Masa Pandemi Covid-19 hampir satu tahun berlalu, namun sampai saat ini kondisi masih belum menunjukkan adanya penurunan dan tanda - tanda akan selesainya Pandemi. Meskipun saat ini sudah ada sedikit angin segar dan harapan besar, dimana beberapa perusahaan farmasi telah mampu menemukan Vaksin pencegahan untuk Covid-19 ini.


Kondisi yang masih tidak menentu ini mengharuskan kita untuk tetap waspada dengan penyebaran virus covid-19 di sekitar kita sampai nantinya  Pandemi benar-benar dinyatakan telah berakhir. Tindakan pencegahan dan proteksi diri wajib untuk selalu kita lakukan kapanpun dimanapun dan untuk siapapun.

Nah bagi kita yang masih harus bekerja di luar ruangan atau bahkan pekerjaan kita mengharuskan kita melakukan perjalanan ke luar Kota, maka kita perlu melakukan persiapan ekstra sebelum kita menuju kota yang akan kita tuju. Hal ini berlaku juga jika anda sedang punya keinginan untuk melakukan perjalanan wisata bersama keluarga ke suatu tempat di luar kota asal anda.

Kira-kira apa saja persiapan yang harus kita lakukan sebagai bentuk tindakan pencegahan dan antipasi saat akan melakukan perjalanan ke luar kota di masa pandemi seperti sekarang ini? Berikut ini kami akan memberikan 5 saran terkait persiapan apa saja yang harus anda lakukan.

5 Hal Penting yang harus anda persiapkan saat akan melakukan perjalanan luar kota : 

1. Pastikan dan cek status dan kondisi Kota yang akan anda tuju. Saat ini pemerintah telah mengelompokkan setiap kota dengan membaginya dengan zona warna sesuai kondisi tingkat penyebaran di tiap-tiap kota atau daerah. Pastikan sekali lagi bahwa kota yang akan anda tuju berada dalam zona hijau atau zona aman dan tidak termasuk dalam zona hitam covid-19. 

Jika kota yang anda tuju dalam kondisi zona merah atau Hitam, saya sarankan untuk menunda terlebih dahulu perjalanan anda ke kota tersebut dan menjadwalkan ulang agenda perjalanan anda. 


2. Persiapkan dokumen uji test covid jika memungkinkan

Jika perjalanan kerja anda tetap harus dilakukan karena sebuah urusan yang penting dan tidak bisa ditunda, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen perjalanan seperti surat tugas dan hasil uji covid-19 yang bisa anda peroleh di instansi medis atau rumah sakit di kota asal anda. 

Hal ini karena beberapa kota dan juga sarana transportasi seperti kereta api dan pesawat mewajibkan penumpangnya untuk menyertkan hasil uji negatif covid-19 sebelum melakukan perjalanan melalui layanan yang mereka sediakan.

3. Bawa perlengkapan " Covid 19 survival Kit" 

Ini adalah beberapa barang yang sebaiknya anda persiapkan dan kami sarankan untuk bawa sendiri dari rumah. Perlengkapan - perlengkapan ini adalah beberapa benda atau sarana yang akan kita pakai sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19 di masa pandemi.

Perlengkapan-perlengkapan itu antara lain seperti masker, hand sanitizer, peralatan makan pribadi, tisu , vitamin dan peralatan ibadah. Hal ini perlu kita persiapkan, kita pakai dan kita terapkan terutama saat berada di lokasi publik seperti restauran atau mungkin tempat umum lainnya yang memiliki kemungkinan penggunaan sarana bersama seperti sendok dan barang lainnya. 

Hal ini tentunya akan sangat beresiko menularkan covid-19, oleh karena itu menggunakan beberapa peralatan pribadi.

4. Menjaga jarak dan hindari keramaian. 

Penyebaran virus corona salah satunya bisa melalui udara dan sentuhan ke tangan atau tubuh orang lain yang tertempel virus covid-19. 

Untuk itulah perlunya sikap dan konsistensi dari kita sendiri untuk menjaga jarak dan selalu memakai masker saat kita berada di tempat umum. Jangan sampai lengah, meskipun berada di depan teman dekat sekalipun, tetap gunakan masker wajah. Ingat Covid tidak memandang teman ataupun sadara sekalipun.

4. Cashless, 

gunakan Metode Pembayaran dengan kartu debit Patau kartu kredit untuk menghindari kontak sentuhan dengan orang lain. Bersentuhan dengan orang lain yang tidak kita ketahui kondisinya bisa sangat fatal akibatnya jika tenyata orang tersebut keno covid .

5. Tingkatkan imunitas atau daya tahan tubuh

pastikan kondisi anda benar benar sehat sebelum anda berangkat keluar kota. 
Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan cara instan seperti meminum vitamin, suplement untuk meningkatkan imun, dan mengkonsumsi buah buahan terutama yang mengandung vitamin c. 

6. Tenangkan pikiran dan perkuat dengan Doa

Nah jika ke lima persiapan di atas sudah kita lakukan, maka langkah persiapan terakhir dan yang paling penting adalah berdoa, berdoa kepada Tuhan agar selalu diberikan keselamatan dan kesehatan di masa pandemi ini. Dan juga sekaligus mendoakan agar  segera di akhiri pandemi covid-19 ini.

Demikian tips singkat dari kami tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum pergi ke luar kota di masa pandemi.
Semoga materi yang kami sampaikan menjadi bermanfaat dan kita semua dalam keadaan sehat selalu.





Posting Komentar untuk "6 Tips Perjalanan Luar Kota Di Masa Pandemi 2021"