Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan Cara membuat Martabak Lebaksiu paling enak di Rumah sendiri

Martabak adalah salah satu cemilan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Dua varian martabak yang paling terkenal dan bisa ditemui di mana saja contohnya adalah martabak telor dan martabak manis. Lebaksiu merupakan salah satu daerah penghasil penjual martabak yang paling banyak dan hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Martabak telur khas Lebak Siu memiliki cita rasa yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan martabak dari daerah lainnya. 

Meskipun untuk mendapatkan martabak Lebaksiu sepertinya sudah tidak susah lagi, karena banyak penjual martabak lebaksiu yang bisa kita temui di mana saja, namun jika kita bisa membuatnya sendiri dirumah, tentunya akan terasa berbeda dan memiliki kepuasan tersendiri. 

Dan di artikel kali ini saya akan berbagi Bagaimana cara membuat dan juga rahasia cara pembuatan martabak telor asli lebaksiu yang terkenal itu, untuk resep dan cara buat martabak manis akan ada di artikel berikutnya ya..


Resep dan cara pembuatan martabak telor asli Lebaksiu :

Bahan - Bahan Untuk Membuat martabak Telur Lebaksiu :

  • 1 butir telur ayam untuk pembuatan lapisan kulit
  • 4 butir telur ayam atau lebih disarankan menggunakan telur bebek sebagai pembuatan adonan utama
  • 1/4  kilogram daging sapi atau daging kerbau, cincang kecil atau halus
  • 200 gram tepung terigu untuk bahan kulit martabak, usahakan menggunakan kualitas tepung terigu yang terbaik.
  • setengah sendok teh garam
  • 5 batang daun bawang potong-potong kurang lebih 1 cm an
  • 4 butir bawang putih cincang halus
  • 6 sampai 8 butir bawang merah iris tipis- tipis
  • 1 buah bawang bombai iris halus
  • penyedap rasa secukupnya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 150ml air
  • minyak goreng secukupnya

Cara pembuatan martabak telur:

  1.  Langkah pertama dalam membuat adonan kulit martabak, persiapkan wadah untuk membuat adonan, lalu masukkan bahan pembuat kulit martabak seperti tepung terigu, 1 butir telur , garam dan air. Masukkan  sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni sampai adonan rata dan terasa kalis. Tambahkan air sedikit demi sedikit jika adonan masih terasa kurang kalis dan tetap aduk sampai merata.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian, lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan dan oleskan minyak goreng di bagian luar adonan tersebut, kemudian  Diamkan selama kurang lebih 15 menit.  Setelah 15 menit ulangi proses pengolahan minyak goreng ke bagian luar adonan lalu diamkan kurang lebih 1 jam di dalam suatu wadah lalu tutupi dengan kain.
  3. Proses pembuatan adonan isi martabak. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, kemudian masukkan dan tumis bawang merah, bawang putih serta bawang bombay yang sudah dihapus halus hingga kecoklatan dan tercium aroma harum. Selanjutnya masukkan daging cincang ke dalam tumisan bumbu dan aduk sampai rata hingga matang.
  4.  Ambil adonan kulit yang sudah didiamkan selama 1 jam kemudian pipihkan setipis mungkin. Tekan dengan telapak tangan sampai agak bulat  lebar, Anda bisa menentukan langkah pembuatan kulit martabak seperti proses pembuatan martabak telor yang Anda lihat di penjual martabak yang sering anda temui.
  5.  Pastikan kulit martabak menjadi tipis dan lebar seperti ketebalan yang anda inginkan, lalu letakkan di atas minyak goreng panas yang sudah anda siapkan di penggorengan.  Setelah itu, ambil isian martabak secukupnya dan masukkan ke dalam kocokan telur. Tambahkan penyedap rasa dan garam lalu aduk sampai merata. Setelah kocokan telur dan daging terlihat merata Lalu tuangkan ke dalam jam kulit martabak yang sudah dipanaskan di atas kompor.
  6. Lipat bagian Sisi kulit martabak hingga menutupi keseluruhan adonan isian martabak. Goreng hingga terlihat matang merata pada bagian atas dan bawah kulit martabak.
  7. Setelah matang, hidangkan martabak telur khas Lebaksiu ini bersama dengan acar timun dan juga harga saus sambal atau sambal buatan anda sendiri sehingga terasa lebih nikmat untuk disantap hangat-hangat bersama keluarga di rumah.

Yang perlu dipelajari dan diperhatikan adalah cara pembuatan kulit martabak yang perlu latihan secara terus-menerus agar mendapatkan an-naba dan kulit martabak yang tipis dan tidak mudah robek atau pecah saat digoreng. 

Demikian resep dan cara pembuatan martabak telur khas Lebaksiu yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah, semoga bermanfaat.

(A.b)





Posting Komentar untuk "Resep dan Cara membuat Martabak Lebaksiu paling enak di Rumah sendiri"