Resep dan Cara Buat martabak manis lebaksiu

Resep dan cara buat martabak manis lebaksiu - Martabak Lebaksiu merupakan salah satu martabak yang terkenal dan banyak ditemukan hampir di setiap kota. Tekstur dan rasa martabak Lebaksiu memang memiliki ciri khas dan kelezatan yang sudah diakui oleh semua pelanggan dan pecinta martabak. 

Harga dan juga lokasi penjual martabak yang banyak tersebar hampir di setiap daerah di setiap kota membuat martabak merupakan salah satu makanan dan cemilan yang menjadi favorit terutama pada sore menjelang malam hari. Menyantap martabak yang hangat bersama orang-orang tercinta sambil menikmati waktu santai merupakan salah satu kenikmatan dalam menikmati kehidupan dengan cara yang paling mudah dan murah.

jika di artikel sebelumnya saya  sudah menyajikan resep dan cara mudah untuk membuat martabak telur Lebaksiu, maka di artikel kali ini saya ingin mencoba membagukan resep dan cara buat "martabak manis atau kue terang bulan ala Lebaksiu" dengan toping kacang dan keju yang bisa anda buat dan praktekkan sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Martabak manis :

  • Seperempat kg tepung terigu , gunakan pilihan tepung yg terbaik
  • 4 liter air masak
  • 4 gram garam/secukupnya
  • 2 gram soda kue
  • 2 butir telur ayam 
  • Vanili
  • Ragi

Bahan-bahan untuk Toping Martabak manis:

  • Margarin secukupnya
  • Kacang yang sudah disangrai
  • Susu coklat kental manis
  • Meses coklat secukupnya
  • Keju batang yang diparut


Cara membuat martabak manis :

  1. Pertama-tama campuran ragi dengan tepung lalu tambahkan garam kemudian aduk adonan sampai tercampur merata.
  2. Teruskan aduk sampai merata secara pelan kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit.
  3. Tambahkan telur kemudian aduk terus adonan tersebut. Jika masih terasa kurang, tambahkan air sedikit sedikit sambil tetap diaduk. Jika adonan sudah terlihat merata dan kalis lalu diamkan kurang lebih selama satu jam.
  4. Masukkan soda kue secukupnya pada saat adonan akan dimasukkan kedalam loyang atau cetakan martabak, jangan lupa untuk mengaduk adonan setelah diberikan soda kue.
  5. Panaskan loyang cetakan martabak dengan api sedang, jika sudah terasa siap lalu tuangkan adonan ke dalam loyang dalam sekali tuang lalu ratakan.
  6. Tutup panci atau loyang martabak agar bisa merata dan mengembang.
  7. Setelah beberapa menit dan terlihat mengembang serta matang merata, taburkan gula pasir secara merata di bagian atas martabak. Lalu angkat martabak dan letakkan di wadah atau tempat untuk memotong.
  8. Oleskan margarine secara merata di bagian atas martabak.
  9. Taburkan keju parut, kacang dan messes sesuai selera di bagian atasnya.
  10. Potong / iris martabak sesui ukuran yang anda inginkan.
  11. Martabak manis ala lebaksiu sudah siap untuk dihidangkan dan disantap bersama keluarga tercinta.

Tips :
Untuk menambahkan variasi rasa, anda bisa mengganti toping dengan bahan lain sesuai selera yang anda inginkan.  sajikan bersama minuman hangat seperti teh dan kopi.




Belum ada Komentar untuk "Resep dan Cara Buat martabak manis lebaksiu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan Bawah Artikel