Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harau Valley, Tujuan wisata di Sumatera Barat paling hits saat ini

Lembah Harau Sumatera Barat - dikenal juga dengan nama Harau Valley. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di daerah Sumatera Barat yang sedang banyak dibicarakan saat ini. Harau Valley menawarkan panorama keindahan suasana lembah yang alami dikelilingi bukit dan juga keindahan rumah khas Asli Sumatera Barat yang sangat unik. Berkunjung ke tempat ini akan membuat Anda serasa dibawa kembali terbang ke masa lampau dan menikmati suasana alam yang tenang dan jauh dari kebisingan, kemacetan seperti yang ada di kehidupan perkotaan.

Letak dan lokasi Harau valley

Lembah Harau terletak di negeri Harau, Kabupaten Lima puluh Kota, yang berjarak sekitar 51 km perjalanan dari kota Bukittinggi. Untuk menuju ke lokasi lembah Harau Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum yang banyak tersedia menuju ke tempat ini. Hanya saja jika Anda memilih untuk menggunakan transportasi umum Anda harus sedikit repot karena harus berpindah beberapa kali ke satu kendaraan ke kendaraan yang lain. Untuk naik Kendaraan umum bisa anda mulai dari Dari Bukittinggi menuju ke Payakumbuh, kemudian anda harus turun dan melanjutkan perjaalanan dengan menggunakan angkot dengan tujuan ke lembah Harau.

Suasana di lembah Harau memang sangat sejuk , tenang dan menyegarkan untuk bersantai dan menikmati liburan bersama keluarga dan orang-orang terkasih anda, hal ini disebabkan karena lokasi lembah Harau yang diapit oleh beberapa bukit di sekelilingnya, beberapa bukit yang mengapit lembah harau diantaranya adalah seperti bukit air putih, bukit jambu, bukit Singkarak, dan bukit tarantang. Di Lembah Harau ini juga terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian air yang sangat tinggi menjulang sehingga sangat indah untuk anda nikmati saat berlibur ke tempat ini.

Aktivitas dan hal unik yang bisa anda temui dan lakukan di lembah Harau atau Harau valley.

1. Panjat tebing di Lembah Harau

Di sekitar lembah Harau banyak sekali tebing-tebing yang sudah dimanfaatkan oleh para pecinta alam dan olahragawan khususnya pecinta olahraga panjat tebing untuk menyalurkan hoby mereka. Lalu seiring berkembangnya waktu dan adanya minat dari pengunjung untuk ikut merasakan sensasi memanjat tebing di Lembah harau, maka akhirnya resmi dibuka untuk umum sebagai salah satu objek wisata panjat tebing yang ditawarkan untuk para pengunjung. Di lembah harau ini terdapat hampir lebih dari 70 jalur panjat tebing dengan berbagai tingkat kesulitan mulai dari yang mudah hingga tingkat mahir. Tentunya anda harus mendapatkan izin dan memenuhi beberapa persyaratan serta harus ditemani oleh pemandu yang berpengalaman pada saat ingin menikmati wisata panjat tebing di lembah Harau ini. 



2. Tracking ke Puncak Bukit Harau

Jika anda menginginkan kegiatan olahraga namun memilih untuk melakukan kegiatan yang tidak terlalu ekstrem seperti olahraga panjat tebing , maka anda bisa memilih untuk beraktivitas tracking menuju ke puncak bukit Harau sambil menikmati pemandangan alam perkebunan sepanjang perjalanan.
Nikmati udara yang sejuk dan suasana perkebunan nan alami sepanjang anda berjalan menuju ke Puncak Bukit.

3. Valley vacation

Kegiatan santai lain yang bisa anda lakukan lainnya adalah dengan hanya menginap dan menikmati suasana berbeda dengan keseharian yang anda jalani di lembah Harau. Menghabiskan waktu bersantai di lembah Harau merupakan sebuah pilihan yang tepat pada saat akhir pekan liburan anda. 

Anda bisa memilih berbagai macam penginapan yang ditawarkan di sepanjang wilayah di Harau valley. Jangan khawatirkan soal biaya penginapan,  karena di lembah Harau ini terdapat berbagai macam penginapan dengan berbagai fasilitas dan tentunya dengan pilihan budget yang dapat anda sesuaikan dengan budget berlibur yang Anda telah persiapkan.

4. Menikmati festival budaya Pasa Harau

Datanglah di bulan Agustus sampai September ke lembah Harau, di saat itulah Anda bisa menikmati festival kebudayaan yang diselenggarakan oleh masyarakat penduduk lokal di lembah Harau. 
Pada festifal Pasa harau ini dilaksanakan, anda akan bisa menikmati berbagai pertunjukan budaya khas lembah Harau sekaligus mencicipi berbagai macam kuliner lokal yang dimiliki oleh masyarakat khas Nagari Harau.

5. Berwisata sambil belajar bahasa Inggris di kampung Inggris lembah Harau.

Saat berada di harau valley, ternyata kita Tidak hanya bisa berwisata dan menikmati keindahan alam saja. Di lembah Harau atau Harau valley ini terdapat sebuah kampung unik yang dikenal dengan nama kampung Inggris Lembah Harau. 

Disini kita bisa mengambil sebuah paket belajar bahasa inggris sambil berwisata selama durasi 2 sampai 12 minggu. Terdapat fasilitas asrama dan tempat menginap sehingga Anda bisa benar-benar fokus dan belajar bahasa Inggris hingga mahir sini. Tentunya belajar disini akan terasa sangat berbeda dengan belajar di tempat kursus lainnya, Karena disini kita akan belajar sambil menikmaati suasana indah yang ada di lembah Harau.

Nah tunggu apalagi teman travellerku, segera rencanakan liburan anda ke tempat ini dan nikmati segala keindahan alam dan fasilitas yang ada di Lembah Harau. 
Selamat menikmati

Salam traveler.

Posting Komentar untuk "Harau Valley, Tujuan wisata di Sumatera Barat paling hits saat ini"