7 lokasi wisata terbaik di Kota Tuban yang wajib kita kunjungi di Tahun 2021

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kota Tuban memiliki banyak sekali lokasi dan tempat wisata yang sangat indah, cantik dan eksotis. Semenjak adanya Tol Semarang Surabaya, Kota Tuban yang terletak di provinsi jawa timur dan  merupakan kota paling barat di privinsi jawa timur yang juga sekaligus sebagai kota perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memang agak jarang dilewati wisatawan jalur darat. 

ekplore wisata tuban
Air Terjun Nglirip Tuban


Namun dulu sebelum adanya tol surabaya-semarang, Kota Tuban merupakan salah satu kota transit terfavorit bagi mereka yang akan melakukan perjalanan darat dari Surabaya ke Semarang. Karena letaknya terletak di tengah-tengah antara Surabaya dan Semarang, biasanya banyak yang memilih untuk singgah beristirahat di Kota Tuban sekaligus untuk mengeksplor dan menikmati wisata yang ada di kota ini. 

Kota Tuban memiliki keunikan tersendiri dibanding kota-kota wisata lainnya,  karena letaknya yang di pesisir pantai dan juga sekaligus memiliki dataran tinggi maka Tuban memiliki karakter wisata pantai sekaligus dataran tinggi yang bisa anda nikmati.

Beberapa lokasi wisata terkenal di Kota Tuban antara lain adalah pantai surindah, klenteng Kwan sing bio, Goa Akbar dan watuondo. Namun selain beberapa tempat terkenal ini, kota Tuban ternyata masih menyimpan banyak lokasi wisata lain yang bisa kita explore dari keindahan alam dan maupun lokasi wisata lain yang berada di Kota Tuban ini. 

Berikut ini Beberapa destinasi wisata yang bisa anda temukan di Kota Tuban

1. Klenteng Kwan sing bio Tuban

Klenteng Kwan sing bio Tuban terletak di Jalan R E Martadinata nomor 1 Kabupaten Tuban Jawa Timur.  Lokasi klenteng ini terletak di Jalan Utama Pantura menuju ke arah Surabaya. Konten ini ini memiliki keunikan menghadap ke arah laut dan mungkin satu-satunya yang ada di di Indonesia Bonteng yang langsung memiliki lokasi berada di pesisir pantai. Kondang ini memiliki lokasi yang cukup besar dan luas serta banyak patung dan bangunan klenteng yang indah untuk Anda kunjungi.

2. Air terjun wukir harjo

Air terjun Bukit Harjo terletak di desa Parengan Kabupaten Tuban. Air terjun Google Harjo ini masih memiliki pemandangan yang cukup alami dan mempesona untuk dinikmati keindahan alamnya. Untuk mencapai lokasi Air Terjun wukirharjo ini memang memerlukan sedikit perjuangan untuk mengakses lokasinya yang masih sangat alami. Namun perjuangan itu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang sangat indah yang ditampilkan oleh air terjun wukirharjo ini.

3. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip salah satu lokasi wisata air terjun yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun dari luar kota Tuban. Air Terjun Nglirip ini memiliki ketinggian air setinggi 30 m yang melewati tebing bebatuan dengan lebar sekitar kurang lebih 10 meter, derasnya dan ketinggian air yang jatuh dari  atas membuat air terjun ngelirip memiliki kolam besar di bawahnya yang sangat indah untuk dinikmati pemandangannya.

4. Pegunungan dan gardu pandang kuwasen tuban

Lokasi wisata kawasan terletak di daerah singahan Kabupaten Tuban. Lokasi wisata bernuansa alam yang terletak di ketinggian perbukitan di Kota Tuban ini menawarkan keindahan pemandangan alam Tuban yang Bisa Anda lihat dari dari atas pegunungan yang membentang. Dan jika suasana cerah dan Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan suasana dan pemandangan indah sunrise di kawasan wisata kuasen ini.

5. Gua Akbar Tuban

Gua Akbar Tuban terletak di desa Kedung Ombo Kecamatan semanding Kabupaten Tuban. Letaknya berada tempat di pusat Kota Tuban yaitu di belakang pasar Baru Tuban sehingga sangat mudah untuk ditemukan dan diakses untuk wisatawan dari luar kota.

Goa Akbar memiliki ruangan dalam gua yang cukup lebar dan luas serta menawarkan keindahan pemandangan stalaktit yang berada di dalam gua. Saat ini pengelola sudah membuat nyaman para pengunjung dengan menyediakan jalur untuk menyusuri gua serta menambahkan lampu-lampu yang mempercantik tampilan dalam Gua Akbar.

6. Pantai Cemara Tuban

Sesuai dengan namanya, Pantai Cemara ini memiliki hamparan pepohonan Cemara yang cukup banyak di sepanjang pesisir pantainya. Kondisi Pantai Cemara sendiri masih tergolong cukup bersih dan alami , selain itu pantai cejara tuban juga memiliki garis pantai yang cukup panjang dan lebar serta kedalaman pantai yang tidak terlalu dalam sehingga sangat aman untuk menikmati ombak di sepanjang pantai ini bersama keluarga.

Fasilitas yang berada di lokasi Pantai Cemara Tuban ini sudah termasuk cukup lengkap mulai dari tempat ibadah, tempat beristirahat, serta beberapa Spot foto yang disediakan oleh pengelola.

Untuk tarif masuk menuju ke Pantai Cemara Tuban ini  sangat hemat dikantong Jadi anda tidak perlu kuatir akan menguras banyak isi dompet saat mengunjungi ke pantai ini, lokasi Pantai Cemara ini terletak di jalan tuban-gresik, desa sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Belum ada Komentar untuk "7 lokasi wisata terbaik di Kota Tuban yang wajib kita kunjungi di Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan Bawah Artikel