Gili Ketapang Island Probolinggo, pecinta keindahan alam bawah laut wajib kesini

Saat pertama kali mendengar nama tempat wisata ini saya sempat bertanya tanya dimanakah letak tempat wisata yang bernama Wisata Gili Ketapang?  Lokasinya berada di daerah mana ya? Apakah Lombok, nusa tenggara.. atau Bali-kah? 

Ternyata tebakan saya salah besar, lokasi tempat wisata Gili Ketapang ternyata terletak di sebuah pulau yang jaraknya sekitar 8 km lepas pantai dari utara kota probolinggo yaitu di tengah-tengah selat madura tepatnya.
Secara administratif wilayah gili ketapang masih ikut wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo Jawa timur.

Letak Gili Ketapang

Gili Ketapang adalah sebuah pulau yang terletak di utara Kabupaten Probolinggo. Terletak hanya sekitar 7 km dari bibir pantai probolinggo membuatnya bisa terlihat dari daratan besar. Lokasi wisata Gili Ketapang menawarkan paket wisata snorkeling sebagai salah satu andalan utamanya dalam menarik wisatawan datang ke tempat ini. 
Memiliki kawasan perairan yang jernih dan biru serta memiliki kekayaan biota laut seperti ikan dan terumbu karang yang cukup cantik untuk dikunjungi dan dinikmati keindahannya.
Biasanya beberapa biro perjalanan wisata menjadikan wisata Gili Ketapang ini satu paket perjalanan dengan wisata Gunung Bromo atau wisata dari kota Malang. karena memang letaknya yang tidak jauh dari kota Malang ataupun dari tempat wisata terkenal Gunung Bromo.

Harga tiket masuk dan jam operasional gili ketapang

Satu lagi yang membuat saya sangat kaget adalah murahnya harga tiket masuk menuju ke lokasi Gili Ketapang. Untuk bisa menikmati lokasi wisata laut yang indah ini kita hanya perlu membayar biaya naik kapal menuju lokasi sebesar 10.000 rupiah saja per orang.
Sedangkan waktu buka atau jam operasional di tempat wisata gili ketapang sudah mulai dibuka mulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore.

Rute menuju ke Gili Ketapang

Jalur menuju ke wisata di Ketapang bisa anda tempuh dalam waktu singkat yaitu dari kota Malang atau dari Gunung Bromo menuju ke pelabuhan tanjung tembaga yang berada di Probolinggo. 
Perjalanan dari kota malang biasanya ditempuh kurang lebih selama 2 jam. Kemudian dilanjutkan dengan 1 jam perjalanan menyeberang laut yang menyenangkan.
Gili Ketapang menjadi pilihan wisata pada saat akhir pekan atau saat liburan karena selain lokasinya mudah dijangkau, harga paket wisata yang ditawarkan pun cukup terjangkau.
Namun yang luar biasa dari Gili Ketapang adalah, dengan harga paket wisata yang terjangkau kita bisa melepaskan beban pikiran selama beberapa waktu sejenak dengan aktivitas menyelam dan menikmati keragaman keindahan pemandangan bawah laut dengan kekayaan biota laut yang beraneka ragam.

Fasilitas yang ada di Gili Ketapang 

Meskipun memiliki ukuran luas Pulau ini tidak terlalu besar, namun fasilitas yang dimiliki oleh tempat wisata gili ketapang ini cukup lengkap lho. 
Mulai dari tempat penginapan, restoran dan fasilitas snorkeling dengan pemandu Yang berpengalaman dan bersertifikat cukup memudahkan pengunjung dalam menikmati suasana dan keindahan di Gili Ketapang.
Jadi tunggu apalagi temanku, agendakan liburan kamu untuk menikmati paket perjalanan wisata ke pulau gili ketapang dan nikmati salah satu lokasi wisata dengan keindahan bawah laut yang ada di Indonesia ini.