Waduk Gembong dan Waduk Gunungrowo Pati, dua destinasi wisata di Pati warisan Belanda

Waduk gembong dan waduk gunungrowo terletak di kawasan Kota Pati bagian utara. Kedua bangunan Waduk ini didirikan oleh pemerintahan Belanda di sekitar tahun 1900-an. tujuan awalnya digunakan sebagai alat penanggulangan banjir dan juga sebagai tempat penampungan air untuk pengairan pesawahan di kawasan sekitar kota Pati,  namun saat ini selain dimanfaatkan sebagai sumber pengairan kedua lokasi Waduk ini juga digunakan sebagai tempat wisata.

Antara Waduk gunungrowo dan waduk gembong ternyata mempunyai keterkaitan, Waduk gunungrowo juga berfungsi sebagai salah satu penyebab air dari Waduk gembong. letak kedua Waduk ini yang berada di lereng gunung Muria membuatnya sangat asri dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat wisata dan bersantai bersama keluarga.

Perbedaan antara Waduk gunungrowo dan waduk gembong adalah tata kelola wisata yang berbeda diantara keduanya. Di lokasi Waduk gunungrowo kita akan bisa lebih bersantai dan menikmati tempat wisata ini karena menurut saya tempat ini telah dikelola secara lebih profesional jika dibandingkan dengan waduk gembong. Di Waduk gunungrowo sudah terdapat lokasi penjual makanan dan minuman sehingga kita tidak akan kesulitan pada saat merasa lapar atau ingin mencari tempat untuk bersantai. penataan lokasi parkir juga sudah tertata secara rapi dan terdapat beberapa petugas parkir yang mengarahkan sehingga bisa lebih memudahkan pengunjung untuk mencari parkir yang terbaik dan tidak menjadi berantakan. 

Selain itu di bagian puncak bukit di atas Waduk gunung Rowo Jogja sudah dikelola dan dijadikan sebagai tempat yang apik untuk dimanfaatkan menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto selfie. selain lokasi Waduk ini yang cukup indah. 

Dan satu kelebihann lagi dari tempat wisata Waduk gunung rowo ini adalah kita bisa sekaligus mampir ke salah satu lokasi wisata agro yang terkenal yang ada di kota Pati yaitu Agrowisata jolong yang letaknya tidak terlalu jauh dari Waduk gunung Rowo.

 Waduk gembong atau waduk seloromo, terakhir pada saat saya menuju ke waduk gembong satu hal yang paling saya sayangkan adalah akses menuju lokasi Waduk dari jalan raya yang kurang tertata atau sedikit rusak sehingga membuat kurang nyaman bagi pengunjung yang akan datang ke sana. Selain itu potensi wisata alam di waduk gembong ini kurang dimanfaatkan secara maksimal. 
Semestinya penduduk setempat bisa lebih memanfaatkan potensi wisata dari pengunjung yang datang ke waduk gembong ini dengan membuat tempat wisata kuliner yang berhubungan dengan waduk gembong, misalnya  seperti memperbanyak warung makan ikan bakar atau kuliner lainnya seperti yang ada di Waduk Kedung Ombo misalnya.

Namun, terlepas dari kedua perbedaan pengelolaan antara waktu pembuatan Waduk gunung Rowo, menurut saya kedua tempat ini tetap menjadi lokasi wisata rekomended buat saya, karena selain ekonomis dari sisi biaya dan kemudahan akses menuju lokasi waduk, lokasi ini juga memberikan sebuah pemandangan alam yang cukup cantik dan sangat cocok untuk bersantai, Selain itu bangunan waduk yang terlihat sangat kuno terlihat eksotis jika dijadikan sebagai salah satu latar foto anda. 

Jadi tidak perlu ragu untuk segera berkunjung ke waduk gembong dan waduk gunung Rowo Pati, ajak teman dan saudara untuk berwisata sambil menikmati alam di Waduk Gunungrowo dan waduk gembong.


Belum ada Komentar untuk "Waduk Gembong dan Waduk Gunungrowo Pati, dua destinasi wisata di Pati warisan Belanda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel