Gunung Piramid Bondowoso, meskipun jalur berbahaya tetap menjadi idola para pendaki

Keindahan gunung piramida Bondowoso - Baru-baru ini puncak gunung Piramida yang berada di Kabupaten Bondowoso kembali menelan korban seorang pendaki gunung. Korban yang meninggal ditemui jatuh ke dalam sebuah jurang yang berada di jalur pendakian menuju puncak Piramid, menurut informasi penyebab meninggalnya pendaki teraebut karena kurangnya menguasai medan dan tanpa ditemani pemandu.

Gunung Piramida sebenarnya adalah salah satu bagian dari gunung Argopuro yang berada di Kabupaten Bondowoso. Sedangkan nama puncak piramida diberikan Karena pada saat dilihat dari kejauhan lokasi Puncak gunung ini seolah-olah berbentuk seperti piramid.

Gunung piramid memiliki ketinggian sekitar 1521 m diatas permukaan air laut. Meskipun untuk ukuran sebuah gunung pendakian tidak terlalu tinggi, namun kesulitan jalur yang dimiliki cukup menyulitkan bagi para pendaki untuk bisa mencapai puncak gunung piramid ini, oleh karena itu para pendaki yang ingin mendaki ke Puncak piramid melalui punggung naga diharuskan untuk didampingi dengan seorang pemandu yang sudah berpengalaman terhadap jalur dan medan di lokasi ini.

Punggung naga adalah sebutan yang diberikan untuk jalur yang ada menuju ke puncak piramid. Jalur pendakian yang sempit dan memanjang dengan jurang yang cukup dalam di sebelah kanan dan kiri jalur pendakian, membuat jalur ini tampak seperti punggung naga yang berkelok-kelok.

Namun dibalik tingkat kesulitan dari jalur pendakian menuju puncak piramid ini kita akan mendapatkan sebuah pemandangan yang cukup indah sepanjang perjalanan pendakian. Kita akan Melewati perkebunan kopi, sungai dan hutan pinus yang sangat indah.

Jalur menuju ke Lokasi pendakian Gunung Piramid dari arah Kota Bondowoso bisa melalui kecamatan Curahdami lalu melanjutkan ke desa terakhir di kaki gunung Piramid yaitu di desa atau dusun Tegal Tengah.

Oh iya, satu lagi pesan yang saya dapatkan dari penduduk setempat terkait larangan saat mendaki gunung piramid ini, kono kita dilarang mengambil apapun sepanjang perjalanan mendaki ke puncak Gunung Piramid ini, meskipun hanya mengambil buah sekalipun konon hal itu akan membuat mereka yang melanggar pantangan ini tidak akan bisa kembali dengan selamat. 

Nah, bagaimana menurut pembaca sekalian mengenai mitos dan keindahan gunung Piramid, masih tertarik untuk mencoba menaklukkan dan bersahabat dengan puncak piramid ini? 





Belum ada Komentar untuk "Gunung Piramid Bondowoso, meskipun jalur berbahaya tetap menjadi idola para pendaki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel