Landmark Kota Kudus jadi tujuan wisata, salah satunya ada yang sudah berdiri sejak Jaman Sebelum Kemerdekaan Lho !!

Bangunan Ciri Khas Kota Kudus - landmark adalah sebuah bangunan yang menjadi ciri khas dari salah satu daerah, biasanya lemak ini akan menonjolkan ciri khas dari daerah tersebut dan berbeda dari ciri khas daerah daerah atau kota-kota lain. dan kota Kudus yang terletak di Jawa Tengah ini juga memiliki beberapa landmark yang sangat unik. Bahkan ada yang sudah terbuat atau berdiri sejak zaman sebelum kemerdekaan.

5 Landmark di Kudus yang sekaligus menjadi tujuan wisata paling banyak dikunjungi

1. Masjid Menara Kudus dan Gerbang Kembar

Masjid Menara Kudus sudah berdiri sejak tahun 1549 jauh sebelum Indonesia Merdeka. masjid Menara Kudus juga menjadi salah satu landmark atau ciri khas dari kota Kudus karena memiliki menara yang cukup unik jika dibandingkan dengan masjid-masjid lain yang ada di Indonesia. Bentuk menara masjid yang ada di masjid ini lebih cenderung mirip dengan bangunan candi Hindu. Hal ini dikarenakan pada saat itu Kanjeng Sunan Kudus memang membuat masjid ini dengan menara mirip dengan bangunan candi Hindu agar bisa tetap menghargai umat Hindu yang sebelumnya lebih dulu ada di pulau Jawa.

Selain menara yang menyerupai candi, masjid ini juga memiliki keunikan lain yaitu terdapat tempat wudhu yang memiliki 8 pancuran dan berbentuk seperti bangunan khas umat Hindu dan konon sudah berumur ratusan tahun dan  memiliki mata air yang tak pernah kering. 
masjid Menara Kudus juga memiliki gapura kembar yang terdapat di dalam kompleks masjid. Konon gapura ini juga sudah ada sejak zaman Majapahit dulu.

2. Gerbang Masuk Kota Kudus

Gerbang masuk kota Kudus terdapat di perbatasan kota Kudus dan kota Demak. Saat memasuki Kota Kudus selama di malam hari anda akan disambut dengan keindahan dan kemegahan gerbang kota Kudus yang berwarna-warni cukup cantik dan menarik. 
saat ini gerbang masuk kota Kudus juga menjadi lemak yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun yang sedang melintas di kota Kudus.
Gerbang masuk kota Kudus ini dibangun sekitar tahun 2014. 
Jika dilihat dari atas bentuk bangunan gerbang kota Kudus dibuat menyerupai daun tembakau. dengan ukuran lebar 12 meter dan tinggi 21 meter gerbang masuk ini memang terlihat sangat megah dan indah seperti menyambut kedatangan para tamu yang datang ke kota Kudus dengan kemegahannya.

3. Tugu OASIS

Tugu OASIS terletak di taman oasis yang berada di desa gondangmanis Kecamatan bae kabupaten Kudus. Tugu ini dikelilingi oleh taman taman yang tertata rapi dan indah sehingga menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat kota Kudus untuk bersantai bersama keluarga. 
Tugu Oasis merupakan sebuah monumen yang sangat unik bentuknya dan dibuat sebagai bentuk yang mewakili industri yang mendominasi di kota Kudus saat ini.
Di akhir minggu, atau di hari Minggu pagi biasanya tuku ini menjadi salah satu lokasi untuk berolahraga bagi masyarakat sekitar baik itu bersepeda maupun jogging untuk menyehatkan tubuh.

4. Musium Gajah Purba

Kota Kudus selain memiliki potensi wisata alam dan wisata bangunan yang cukup unik ternyata juga menyimpan sebuah wisata yang penuh dengan nilai sejarah. terdapat sebuah museum gajah purba yang menyajikan fosil dari gajah di zaman megalitikum. 
di museum gajah ini kita bisa mempelajari sejarah bahwa di kota Kudus pernah menjadi salah satu lokasi tempat tinggal gajah purba. Hal ini terbukti dengan ditemukannya Gading berukuran sangat besar yang diperkirakan adalah gading yang dimiliki oleh gajah purba. Selain itu di kawasan patiayam diperkirakan masih banyak menyimpan fosil-fosil binatang purba lainnya yang mungkin masih belum tereksplorasi secara maksimal.

5. Bendungan / waduk Logung Kudus

Bendungan logung juga menjadi salah satu bangunan khas kota Kudus saat ini. Selain berfungsi sebagai penampungan air untuk mengairi persawahan yang berada di sekitar kota Kudus, saat ini bendungan logung juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat kota Kudus. Anda bisa menyusuri seluruh sudut bendungan logung dengan menggunakan wisata perahu yang disediakan oleh masyarakat sekitarnya. Anda juga bisa Menikmati keindahan Waduk logung dari atas bukit patiayam yang saat ini juga menjadi viral dengan sebutan Bukit puser angin, bahkan saking indahnya ada yang membandingkan lokasi ini dengan keindahan wisata Raja Ampat yang berada di Papua.
Nah tunggu apalagi temanku,  segera berkunjung ke kota Kudus dan jangan lupa untuk mengingatkan landmark atau tempat-tempat terbaik yang ada di kota Kudus ini.

Belum ada Komentar untuk "Landmark Kota Kudus jadi tujuan wisata, salah satunya ada yang sudah berdiri sejak Jaman Sebelum Kemerdekaan Lho !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel