Urap Latoh, makanan unik khas jepara berbahan dasar mirip rumput laut 'you must try'

Membahas kota jepara mungkin yang terlintas pertama kali di benak kita hanya seputar Sejarah Pahlawan Eman sipasi  Ibu Kartini dan Ukiran Kayu. Namun ternyata, kota Jepara juga memiliki berbagai keunikan kuliner yang beragam dan wajib untuk anda cicipi, Salah satunya adalah Urap Latoh.

Urap latoh khas jepara
Urap Latoh khas jepara

Urap adalah makanan olahan berbahan dasar sayur sayuran yang direbus atau dikukus kemudian dibaluri dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui. Sedangkan 'latoh' adalah semacam tumbuhan laut yang masih satu keluarga dengan rumput laut. Dalam bahasa latin latoh disebut dengan nama Caulerpa Lentirifera. Tumbuhan laut yang satu ini memang mudah didapatkan di pesisir laut di Jepara, memiliki tekstur lembut dan kenyal serta sangat lezat dan baik untuk dikonsumsi sebagai sumber serat bagi tubuh kita.

Jika anda kebetulan singgah di Jepara, sempatkanlah untuk mencoba menikmati lezatnya Urap Latoh ini. Anda bisa mendapatkan dan mencicipi kelezatan urap latoh di warung-warung kaki lima yang menjulnya, Salah satunya adalah "Warung Pecel Bu Wi" yang beralamatkan di daerah Kauman ,Jepara tepatnya di depan gedung Golkar.

Untuk menikmati kelezatan urap latoh ini anda tidak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam. Harga Satu Porsi Urap Latoh biasanya di jual di kisaran 10.000 sampai 14.000 rupiah saja. 

Resep dan cara membuat urap latoh khas jepara


Namun jika kebetulan di daerah sekitat anda tinggal banyak dijual bahan baku latoh, mungkin anda bisa mencoba untuk membuat sendiri Urap Latoh Khas Jepara dengan resep berikut ini,

Bahan - bahan untuk membuat urap latoh :
- setengah kg latoh atau anggur laut atau rumput laut.
- 5 butir bawang merah
- 1 butir bawang putih
- 5 buah cabe keriting atau sesuai selera pedas anda
- terasi goreng
- 2 lembar daun jeruk wangi
- gula merah
- garam secukupnya
- kelapa muda diparut mentah

Cara membuat urap Latoh :
1. Cuci bersih latoh , kemudian dipotong-potong dengan panjang sesuai selera sampai tidak ada pasir yang menempel.
2. Haluskan/uleg semua bumbu , kemudian urap dengan kelapa muda yang sudah diparut.
3. campuran latoh dan sayuran yang sudah direbus atau dikukus, kemudian ratakan hingga semua bumbu kelapa merata ke seluruh sayuran.
4. Selamat menikmati...

Belum ada Komentar untuk "Urap Latoh, makanan unik khas jepara berbahan dasar mirip rumput laut 'you must try'"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel