Senteling Singkong, Kuliner khas jawa tengah yang melegenda

Senteling adalah makanan tradisional yang dibuat dari singkong yang diparut halus lalu diberi warna warni alami  kemudian dipotong menjadi bentuk dadu dan dibaluri dengan parutan kelapa muda. Tekstur makanan ini sedikit kenyal dan bercitarasa manis. Senteling adalah cemilan yang sangat lezat untuk dinikmati  bersama teh hangat atau kopi sambil bersantai.
Anda bisa mendapatkan makanan tradisional senteling di Banyak kota di Beberapa daerah di jawa tengah terutama di pasar – pasar tradisionalnya. Harganya juga tidak mahal untuk jajanan yang menurut saya enak dan bisa membuat perut kenyang ini.
Seiring perkembangan jaman, Saat ini senteling juga sudah diolah secara modern dan dijadikan sebagai salah satu menu oleh-oleh dari kota – kota di jawa tengah, salah satunya dari kota Semarang. Anda bisa membawa pulang senteling sebagai oleh oleh khas semarang untuk saudara yang ada di rumah.
Nah jika anda belum sempat jalan – jalan atau menemukan penjual sentiling, jangan khawatir.. anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan cara membuat yang gampang dan bahan – bahan yang mudah didapatkan. 

Bahan – bahan :

– 500 gram Singkong (parut halus)
– 200 ml air / air kelapa
– 200 gram gula pasir
– 1/2 sdt garam halus
– daun pisang untuk alas

Bahan untuk Taburan : 

– 200 gr kelapa muda parut
– 1/2 sdt garam
– aduk rata semua bahan taburan lalu dikukus

Cara dan langkah membuat Senteling :

1. Campur singkong, air kelapa (air biasa), agar-agar, garam dan vanili, aduk sampai merata lalu bagi menjadi 3 porsi atau 3 bagian.
2. Masukkan masing-masing adonan kedalam cetakan tahan panas lalu sekalian dipotong kotak-kotak. 
3. Kukus bahan sentiling selama 30 menit lalu angkat dan diamkan di suhu ruangan.
4. Gulingkan di bahan taburan hingga merata..lalu sajikan..
5. selamat mencoba dan menikmati lezatnya senteling bersama keluarga tercinta.
– 1/2 sdt vanili
– 1 bungkus agar agar
– pewarna makanan merah, kuning dan hijau