Resep Bumbu Kacang spesial dan cara mudah membuatnya

Bumbu Kacang atau saus kacang atau dikenal juga dengan nama sambal pecel adalah salah satu menu olahan berbahan dasar kacang tanah. Paling populer dipakai untuk hidangan Pecel, Gado-gado dan sambal pengiring sate.

Rasa nikmat bumbu kacang yang sederhana namun memiliki ciri khas yang unik sepertinya yang membuatnya selalu jadi olahan yang tak pernah bosan untuk disajikan dan dinikmati.

Masakan tradisional khas Indonesia seperti pecel, gado-gado dan sate memang sudah lama ada dan dikenal hampir di seluruh pelosok negeri, tetapi meskipun penyajiannya hampir tetap sama sejak dahulu hingga sekarang, namun beberapa makanan ini tetap menjadi makanan yang digemari tanpa pernah bosan.

Bumbu kacang juga merupakan bahan masakan dalam kategori siap saji dan tahan lama untuk disimpan. Kita bisa menyimpannya dalam kondisi kering lalu kapanpun siap disajikan sewaktu waktu. Penyajiannya pun tergolong simple dan cepat sehingga sangat praktis jika sewaktu waktu dibutuhkan untuk dikonsumsi. Tinggal menambahkan air panas secukupnya laly aduk sampai rata maka bumbu kacang sudah siap disajikan bersama kukusan sayur untuk pecel atau gado-gado.


Cara membuat Resep bumbu kacang sederhana dan enak :
Bahan-Bahan :
1 ons kacang tanah disangrai
3 butir/siung bawang putih disangrai
Cabai rawit secukupnya sesuai selera (opsi pilihan)
1 cm kencur, kupas dan bersihkan kulitnya lalu disangrai
2 lembar daun jeruk wangi
2 sendok makan gula jawa/gula merah
1 sdt asam jawa
Garam secukupnya

Cara membuat bumbu pecel :
1. Campur semua bahan-bahan yang sudah disangrai kemudian dihaluskan dengan cara di blender atau di uleg. Kalau saya lebih memilih diuleg, entah ini sugesti saya saja atau bukan yang pasti kalau diuleg rasanya terasa lebih enak kalau menurut saya.
2. Jika sudah halus, encerkan bumbu kacang dengan air hangat secukupnya sesuai selera.
3. Sajikan dengan sayuran rebus atau kukusan untuk hidangan pecel nikmat bersama keluarga.

Untuk bumbu gado-gado biasanya ditambahkan santan ke dalam adonan, sedangan untuk bumbu kacang yang dipakai dalam sajian sate  biasanya ditambahkan kemiri dan kecap manis kedalamnya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Bumbu Kacang spesial dan cara mudah membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel