New Normal di Kudus, wisata religi Makam Sunan Muria kembali dibuka

Tempat wisata makam Sunan Muria di daerah colo, kecamatan Dawe, kabupaten Kudus sudah mulai dibuka kembali. Namun pembukaan kawasan wisata ini masih dalam tahap evaluasi dan uji coba. Kawasan wisata makam Sunan Muria memang sempat tertutup untuk wisatawan umum semenjak pembatasan sosial berskala besar ditetapkan. Tujuannya adalah untuk melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus covid-19 khususnya di kawasan wisata Muria ini.


Hari ini (25 Juni 2020), saya kebetulan mendapat pesanan dari seorang teman untuk membeli buah parijoto yang memang hanya ada dijual di kawasan wisata Colo. Dari sinilah saya mengetahui bahwa kawasan wisata religi makam Sunan Muria memang sudah dibuka kembali dengan kondisi terbatas dan protokol keamanan kesehatan yang sudah diatur sesuai aturan pemerintah.

Namun meskipun sudah dibuka kembali, kawasan ini sepertinya masih terbatas hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, hal ini bisa dilihat dari kendaraan wisatawan yang parkir masih plat nomor kendaraan di wilayah sekitar Kudus dan sekitarnya.  Selain itu pembatasan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan dampak dibukanya kembali tempat wisata ini, apabila nantinya ditemukan kejadian positif virus Corona di tempat ini Ini kemungkinan bisa jadi akan dilakukan tindakan lebih lanjut atau penutupan kembali seperti sebelumnya.

Sebagai salah satu bentuk pencegahan dan pemantauan, di  salah satu sudut jalan terdapat meja dan pos keamanan pemantauan covid-19 di lokasi parkir wisata kawasan Muria colo ini . Setiap pengunjung yang datang akan dilakukan pemeriksaan suhu badan dan pencarian informasi terkait adanya gejala-gejala penyakit  yang dimiliki oleh para pengunjung. Nantinya juga ditemukan pengunjung yang dicurigai memiliki kemungkinan terkena virus covid-19 akan diarahkan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke Puskesmas terdekat atau ke rumah sakit rujukan terdekat.


Dengan dibukanya kembali kawasan wisata makam Sunan Muria ini diharapkan perekonomian warga setempat dan ekonomi wisata bisa berangsur-angsur segera pulih, tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan pencegahan terhadap perkembangan virus covid 19.

Selain kawasan wisata Muria, beberapa tempat wisata lainnya di kabupaten Kudus juga sudah mulai dibuka kembali secara terbatas. Beberapa tempat wisata favorit di kawasan Kudus seperti The Hills Vaganza, kawasan wisata ternadi, kawasan wisata waduk logung udah mulai dibuka dan mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Meskipun secara resmi pandemi Corona ini belum berakhir, namun keputusan untuk menjalankan "new normal" harus kita jalani, tentunya dengan mengikuti aturan aturan protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan seperti mencuci tangan dengan sabun, tetap menjaga jarak pada saat berkerumun, hindari tempat-tempat ramai jika memungkinkan, segera melaporkan ke petugas medis jika memiliki gejala-gejala yang mengarah ke covid-19.

Kita semua sama-sama berharap agar pandemi segera berakhir dan kehidupan kita bisa segera benar-benar kembali ke normal seperti sedia kala.

Belum ada Komentar untuk "New Normal di Kudus, wisata religi Makam Sunan Muria kembali dibuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel