Manfaat Masker kain untuk pencegahan Virus Corona, Seberapa efektif atau malah sia-sia?

Penyebaran virus Corona di Indonesia sampai hingga artikel ini kami terbitkan masih belum mengalami angka penurunan yang signifikan, meskipun secara angka tingkat penyembuhan pasien sudah lebih baik jika dibandingkan angka kematian. Dan beberapa waktu yang lalu juga terdengar kabar baik mengenai sudah ditemukannya obat untuk virus corona di Amerika,  Namun meskipun begitu, kita tetap dianjurkan untuk waspada dan melakukan pencegahan mandiri hingga nanti vabah Corona atau Virus Covid-19 benar benar selesai.

Ilustrasi Foto : Shutterstock

Salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan memakai masker sebagai salah satu usaha mencegah penyebaran virus Corona baik dari pembawa virus atau untuk orang yg masih sehat.

Beberapa waktu yang lalu pemerintah menyarankan penggunaan masker kain sebagai alternatif pengganti masker medis yang sempat langka di pasaran dan harganya sempat mahal untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

Namun sayangnya penggunaan masker kain ini sempat menimbulkan perdebatan dan diragukan mengenai seberapa efektif dan bermanfaatnya masker kain dalam mencegah dan menghambat penyebaran virus Corona.

Bahkan juga sempat beredar di media sosial sebuah video mengenai perbandingan efektivitas antara penggunaan masker kain dengan masker medis. Dalam video tersebut efektivitas sebuah masker diuji dengan cara meniup sebatang lilin yang dinyalakan di depan mulut saat menggunakan masker. Pengujian ini dilakukan mulai dari masker medis kualitas terbaik hingga masker medis yang harganya lebih murah dan juga beberapa sample masker kain. 

Dalam Video tersebut disimpulkan bahwa hasil eksperimen perbandingan antara masker medis dengan masker kain berbeda-beda.  Terlihat bahwa saat menggunakan masker medis nyala api lilin tidak  mati saat ditiup jika dibandingkan dengan saat penguji meniup api lilin  menggunakan masker kain, di mana masker kain dianggap masih kurang masksimal karena masih tembus udara,hal ini disimpulkan dari api  lilin yang mati tertiup angin dari udara mulut yang menerobos pori pori masker kain. 

Lalu apakah masker kain benar benar tidak baik untuk dipakai? Mari kita pelajari lebih lanjut..

Efektifitas Masker Kain untuk melindungi diri dari Virus Corona 

Memang benar bahwa untuk kualitas masker terbaik dalam menyaring partikel adalah bahan yang dipakai untuk masker bedah. 

Namun meskipun begitu tidak berarti bahwa penggunaan masker kain benar-benar tidak memiliki manfaat. efektivitas masker kain biasanya dapat dilihat dari bahan kain yang digunakan atau ketebalan dan lapisan yang ada pada masker kain tersebut.

Sebagai contoh adalah penggunaan masker kain dengan beberapa bahan berikut ini, bahan katun blend memiliki efektivitas penyaringan sebesar 70%, linen 62% sutra 54% dan katun sekitar 51%. Namun jika terpaksa gunakanlah masker kain apapun yang bisa kamu dapatkan. Yang perlu digarisbawahi adalah, menggunakan masker kain masih jauh lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

Masker kain saat ini sudah mengalami bentuk modifikasi antara lain dibuat dengan beberapa lapisan dan bahan-bahan terbaik pilihan agar efektivitasnya mendekati manfaat masker bedah. Contohnya adalah masker yang dibuat dengan tiga lapisan, pada lapisan luar menggunakan bahan kain dengan serat kasar kemudian di bagian tengahnya dilapisi dengan kapas atau tisu dan ditutup dengan bahan serat kasar lagi.

Catatan penting saat menggunakan masker kain

- Penggunaan masker kain disarankan tidak lebih dari 4 jam selama pemakaian.
- masker kain yang baik di usahakan bisa menutup bagian mulut hidung dan dagu.
- cuci tangan sebelum menggunakan masker dan hindari terlalu sering menyentuh masker pada saat digunakan.
- masker kain yang telah digunakan harus dicuci dan disetrika sebelum digunakan kembali.
- jika kondisi masker sudah tidak layak segera uang dan ganti dengan masker dalam kondisi yang masih layak pakai.

Selain menggunakan masker yang sesuai dengan standar kesehatan, untuk melakukan pencegahan dari terkena virus corona adalah dengan menjaga kesehatan tubuh dengan cara tetap berolahraga dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kedua hal ini juga merupakan langkah yang penting untuk  memproteksi diri dari menyebarnya virus Corona. 



Belum ada Komentar untuk "Manfaat Masker kain untuk pencegahan Virus Corona, Seberapa efektif atau malah sia-sia?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel