Manfaat Bawang Putih untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Siapa yang menyangka bahwa bawang putih yang selama ini kita kenal hanya sebagai bahan untuk bumbu masakan, ternyata memiliki manfaat untuk obat-obatan dan meningkatkan imunitas. Manfaat yang paling sering dirasakan dengan mengkonsumsi bawang putih adalah untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan juga untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Manfaat mengkonsumsi bawang putih untuk kesehatan
Bawang Putih

Saya sendiri mengkonsumsi bawang putih karena memiliki kecenderungan tekanan darah yang agak tinggi. Pada saat gejala darah tinggi saya rasakan seperti pusing, sakit kepala dan nyeri pada tengkuk, saya mengkonsumsi 1 siung bawang putih dengan cara dikunyah. Terapi ini saya rasa cukup efektif karena gejala tersebut berangsur-angsur reda.

Bawang putih kaya akan vitamin C dan senyawa sulfida alisin dan aliin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk dapat memperoleh manfaat langsung dari kandungan bawang putih ini , kita bisa mengkonsumsinya dengan mencoba berbagai macam cara olahan bawang putih.

Beberapa olahan atau cara mengkonsumsi bawang putih antara lain dengan cara mengkonsumsi atau mengonsumsi secara langsung, mengolahnya menjadi acar, atau dengan teknik fermentasi bawang putih menggunakan madu.

Mengkonsumsi bawang putih dengan cara membakar terlebih dahulu mengkukus, mengolah menjadi acar dan dicampur madu bisa meminimalkan aroma kuat dari bawang putih. Lebih disarankan mengkonsumsi dengan waktu berdekatan pada saat makan untuk menghindari pengeluaran asam lambung yang berlebihan. Jika mengkonsumsi bawang putih pada saat perut kosong hal ini akan dikawatirkan bisa merangsang lambung untuk memproduksi asam lambung secara berlebihan yang nantinya bisa mengakibatkan nyeri dan mual pada orang yang mengkonsumsinya.

Bawang madu - cara membuat fermentasi bawang madu cukup mudah. Caranya hanya dengan merendam kupasan bawang putih dalam larutan madu dengan perbandingan 1 banding 1 setengah. Artinya jika bawang putih yang dipakai sebanyak 100 gram maka madu yang dipakai untuk merendam minimal sebanyak 150 gram tentunya dengan memilih kualitas madu yang terbaik untuk mendapatkan hasil fermentasi yang semakin bagus pula. Lama perendaman atau fermentasi disarankan minimal 1 bulan dengan menggunakan wadah kaca atau wadah plastik yang ditutup rapat. Disarankan untuk membuka tutup wadah dan mengaduknya setiap hari sekali pada saat awal permentasi karena pada saat fermentasi biasanya proses ini akan menghasilkan gas sehingga perlu dibuka agar gas itu bisa keluar.

Jika tidak mau repot saat ini di toko-toko obat sudah banyak beredar bawang putih kemasan yang siap untuk dikonsumsi langsung. Saya pun saat ini mengkonsumsi salah satu produk olahan bawang putih dari sebuah perusahaan yang berasal dari India yaitu Himalaya Drug Company dengan merek dagangnya adalah lasuna. Dengan mengkonsumsi 1 kapsul perhari dan rasakan tekanan darah saya menjadi lebih terkontrol, gejala-gejala seperti pusing dan terasa kencang pada tengkuk berkurang dan pada saat kontrol tekanan darah menggunakan alat mangkanya menjadi lebih bagus dibandingkan sebelumnya.

Namun seperti biasa tetap lakukan konsultasi pada saat mengkonsumsi obat apapun kepada dokter keluarga anda, agar manfaat dari apa yang anda konsumsi tetap sesuai dengan yang anda butuhkan dan juga untuk menghindari segala Resiko dan efek samping yang tidak kita inginkan.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel