Kandungan dan Manfaat madu bagi Kesehatan, orang yang berpuasa, dan penderita gangguan maag

Kandungan dan manfaat luar biasa pada Madu bagi tubuh - Seperti yang kita ketahui bahwa madu mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Banyak penelitian medis yang membuktikan bahwa madu memiliki kandungan zat gizi yang sangat baik untuk Kesehatan. Khususnya untuk orang-orang yang sedang berpuasa, kandungan zat pada madu memberikan manfaat yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga stamina dan juga kesehatan lambung.

Madu konsumsi baik untuk kesehatan

Selain dari sisi manfaat, Rasa manis dan lezat pada madu menjadikannya sangat disukai oleh banyak orang. Masih bisa dikonsumsi secara langsung maupun dicampur kan ke dalam makanan ataupun minuman tanpa mengurangi kandungan zat gizinya.

Manfaat kandungan madu bagi kesehatan dan penderita gangguan maag : 

1. Kandungan karbohidrat pada madu mampu meningkatkan energi pada tubuh kita

Madu dianggap mampu meningkatkan energi pada tubuh kita karena, dalam setiap konsumsi 1 sendok makan madu ternyata mengandung setara dengan 15-18 gram karbohidrat. Oleh karena itu mengkonsumsi madu pada saat sahur di bulan puasa sangat disarankan, karena kandungan madu mampu memberikan karbohidrat yang bisa menggantikan pemenuhan kebutuhan energi pada saat kita berpuasa di siang hari.


2. Madu sebagai pengganti rasa manis menggantikan gula.

Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi gula secara berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, hal ini karena gula dianggap mampu menimbulkan resiko gula darah yang tinggi pada tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus.

Jika kita mengkonsumsi gula, maka yang kita dapatkan hanyalah kalori yang masuk pada tubuh kita tanpa adanya nutrisi yang dibutuhkan pada tubuh. Sementara mengkonsumsi madu selain memberikan rasa manis dan lezat pada minuman atau makanan yang kita konsumsi, madu juga mampu menurunkan resiko kenaikan gula darah pada tubuh.

3. Mengkonsumsi madu dapat mencegah naiknya asam lambung pada tubuh.

Pada saat orang berpuasa biasanya kecenderungan asam lambung akan meningkat. Hal ini tentunya akan memberikan rasa tidak nyaman pada saat sedang menjalani puasa di siang hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mencegah peningkatan asam lambung dengan cara memberikan perlindungan pada esofagus ( kerongkonhan) dan lambung. Jadi pada saat kita berpuasa, sahur dengan mengkonsumsi madu dipercaya akan mampu mengurangi resiko kenaikan asam lambung sekaligus memberikan energi pada tubuh kita.

4. Madu mampu mencegah resiko kanker dan menyehatkan jantung

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dipercaya mampu menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh termasuk sel kanker. 
Selain mengandung antioksidan kandungan flavonoid pada madu juga dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan sel darah sehingga hal ini mampu mengurangi resiko penyumbatan pada pembuluh darah yang biasanya menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

5. Madu dipercaya mampu memperkuat sistem imun dan kekebalan tubuh

Madu dipercaya mampu merangsang produksi imunitas atau kekebalan pada tubuh berkat kandungan nutrisi dalam madu. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di School of Medicine, Cardiff University, Inggris disebutkan bahwa stamina tubuh, metabolisme dan kekebalan tubuh mampu meningkat lebih baik seiring dengan kebiasaan mengkonsumsi madu.

Namun meskipun dengan mengkonsumsi madu sudah terbukti banyak memberikan manfaat pada tubuh kita. Tetap disarankan untuk selalu berkonsultasi kepada petugas medis agar apa yang kita konsumsi selalu sesuai dengan kebutuhan tubuh kita dan kesehatan kita.

Dan pastikan madu yang kita konsumsi merupakan madu dengan kualitas  yang terbaik, pastikan madu yang kita konsumsi adalah madu asli dan bukan madu yang yang palsu. Nilai ekonomis yang cukup tinggi pada madu membuat banyak orang yang tergiur untuk melakukan bisnis yang nakal dengan menjual madu palsu. Karena jika kita salah mengkonsumsi madu dengan kualitas tidak baik, bukan kualiyws kesehatan yang meningkat, Tetapi malah resiko penyakit yang akan kita dapatkan.



Belum ada Komentar untuk "Kandungan dan Manfaat madu bagi Kesehatan, orang yang berpuasa, dan penderita gangguan maag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel