Resep Sayur Lodeh Tewel Godhong Jati , makanan ndeso kuno yang jadi hits kembali

Sayur lodeh adalah salah satu sayur favorit yang paling saya suka. Banyak sekali variasi olahan dari menu sayur lodeh ini, tergantung dari bahan utama yang akan kita pakai. Yang paling populer dan banyak sekali dibuat biasanya adalah sayur lodeh tewel/nangka muda dan Sayur Lodeh Terong.


Bahkan akhir-akhir ini sayur lodeh yang dulunya dianggap makanan 'ndeso' sekarang menjadi hits dan banyak disukai oleh masyarakat Kota. Tidak jarang menu nasi lodeh dijadikan sebagai menu utama di beberapa restauran di kota besar di Indonesia.

Lodeh godong jati , saat ini di beberapa daerah juga sedang ngetrend nama makanan yang satu ini. Sebetulnya ini adalah nasi sayur lodeh biasa, tetapi penyajiannya yang dibuat berbeda. Menggunakan bungkus atau alas daun Pohon Jati seakan akan mengajak kita kembali ke masa lalu dimana daun jati jadi bahan utama pembungkus makanan sebelum adanya kertas pembungkus.

Konon katanya rasa makanan terasa jadi lebih nikmat saat dibungkus daun jati jika dibandingkan kalau dibungkus dengan kertas pembungkus. Selain itu dari sisi kesehatan daun jati bersifat alami tidak memiliki efek berbahaya seperti plastik dll.


Bagaimana sobat kuliner, mau mencoba membuat nasi lodeh godhong jati sendiri? Selain enak untuk dikonsumsi sendiri, bisa untuk jadi peluang bisnis lo..

Berikut ini kami sajikan  Resep dan langkah-langkah pembuatan Lodeh Tewel Godong Jati ala Dapur sumber78 :

Bahan-bahan :

  • Satu butir nangka muda / Tewel, kupas kulitnya lalu cacah sesuai selera. Kalau saya lebih suka potongan agak besar tapi perlu waktu sedikit lebih lama merebusnya agar lebih empuk.
  • Santan encer 1500 ml
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdt kaldu sapi instan 
  • 1 sdt garam atau sesuai selera
  • 10 -15 butir cabe rawit, potong dengan irisan serong.
  • Daun jati

Bumbu Halus :

  • 8 butir bawang merah. 
  • 4 butir bawang putih
  • 1 sdt merica dihaluskan

Cara Pembuatan :

  1. Rebus nangka muda yang sudah diiris hingga empuk lalu tiriskan dan sisihkan.
  2. Haluskan bahan - bahan bumbu halus, kemudian tumis hingga beraroma harum. 
  3. Masukkan cabe rawit irisan, aduk sampai menjadi layu dan berwarna kecoklatan.
  4. Tambahkan santan dan semua bumbu kedalam tumisan bumbu biarkan sebentar sampai santan sedikit mendidih.
  5. Masukkan nangka muda / Tewel kedalam bumbu, tambahkan sedikit air agar bisa membantu memudahkan bumbu meresap kedalam Sayur nangka, biarkan masak dengan api sedang. Lakukan koreksi rasa sesuai selera.
  6. Siapkan selembar daun jati yang sudah dibersihkan,  siapkan nasi panas diatasnya lalu tuangkan sayur Tewel diatas nasi dan hidangkan selagi panas.
  7. Tambahkan Ikan asin atau sambal jika anda menyukainya.

Terima kasih sudah mampir ke Resep Dapur Sumber78, kalau ada saran dan masukan atau resep masakan yang bisa kami jadikan ide, jangan lupa tulis di kolom komentar ya.. terima kasih..

Belum ada Komentar untuk "Resep Sayur Lodeh Tewel Godhong Jati , makanan ndeso kuno yang jadi hits kembali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel