Penderita Asam Urat disarankan mengurangi makan ini

Penyakit asam urat atau yang juga disebut GOUT secara umum adalah kondisi dimana tubuh mengalami kelebihan atau kekurangan kadar asam urat di dalam plasma darah. Bagi yang mengalami gejala penyakit asam urat ini, disarankan agar menghindari mengkonsumsi beberapa makanan ini agar tidak memicu rasa sakit akibat asam urat yang kambuh.

Pada saat gejala asam urat kambuh, penderita akan merasakan gejala nyeri yang tak terkira dan adanya pembengkakan di beberapa persendian tubuh. Kambuhnya gejala asam urat ini biasanya dikarenakan meningkatnya kadar purin dalam tubuh yang mungkin bisa jadi dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi.

Untuk itu, disarankan bagi mereka yang menderita sakit asam urat untuk menghindari mengkonsumsi makanan - makanan ini secara berlebihan agar bisa mengurangi kadar asam urat meningkat secara drastis : 

1. Bayam
Bayam sebenarnya mengandung zat - zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran Hijau yang satu ini mengandung banyak zat besi, vitamin c , luteins, beta karotin dan flavonoid. Tapi sayangnya, bagi penderita asam urat , bayam bisa menjadi salah satu pemicu kambuhnya penyakit ini karena termasuk sayuran yang mengandung purin cukup tinggi.

2. Kacang-kacangan
Kacang - kacangan juga termasuk sayuran yang mesti dihindari atau dikonsumsi penderita asam urat. Salah satunya adalah kacang polong yang dalam satu penelitian disebutkan bahwa kacang polong mengandung purin sebanyak 5-100mg dalam setiap 350 ons kacang polong.

3. Kembang Kol
Kembang kol merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dipakai sebagai bahan masakan, salah satunya untuk sayur sop dan capjay. Sayangnya kembang kol ternyata juga mengandung purin yang cukup tinggi sehingga tidak disarankan dikonsumsi bagi mereka yang menderita gout. Dalam setiap 100ons kembang kol mengandung sekitar 51 gram purin.

4. Jamur
Tanaman yang satu ini memang sesang naik daun. Banyak sekali saat ini yang menjadikan jamur menjadi berbagai olahan makanan mulai dari jamur crispy sampai untuk bahan pelengkap masakan. Rasa dan karakter jamur yang mirip dengan daging biasa digunakan sebagai bahan masakan pengganti daging. Namun ternyata, jamur juga kurang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat karena mengandung purin yang cukup tinggi.

Namun jangan khawatir, meskipun banyak pantangan, ternyata masih banyak kok bahan masakan lain yang tidak menimbulkan resiko bagi penderita asam urat saat dikonsumsi. 

Beberapa bahan makanan, buah dan sayuran seperti tomat, buah ceri, apel, minyak zaitun, jeruk nipis ternyata baik untuk kita konsumsi, khususnya untuk mengurangi resiko meningkatnya gejala asam urat. Selain itu minum air putih dalam jumlah yang cukup juga baik untuk penderita penyakit ini.


Nah, bagi yang belum terkena ataupun yang sudah mengalami gejala penyakit asam urat, yuk bersama-sama memperbaiki pola hidup dan lebih pintar memilih dan memilah makanan yang baik untuk kita konsumsi bagi kesehatan kita.

Salam sehat selalu.

Belum ada Komentar untuk "Penderita Asam Urat disarankan mengurangi makan ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel