7 manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan tubuh kita

Nasi jagung adalah makanan pengganti nasi dari beras atau padi. Nasi Jagung sudah lama dikenal dan  sudah dikonsumsi oleh masyarakat Jawa dan beberapa masyarakat di daerah lain di indonesia . Awalnya nasi jagung dipilih karena di jaman penjajahan sangatlah sulit untuk bisa mengkonsumsi nasi yang terbuat dari beras, oleh karena itu nasi jagung dipilih sebagai alternatif makanan pokok pengganti nasi. Meskipun memiliki karakter yang berbeda dengan nasi beras, tapi nasi jagung mampu memberikan rasa kenyang cukup lama .

Namun seiring dengan perjalanan waktu, banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui kandungan gizi apa saja yang ada pada nasi jagung yang kita makan. dan ternyata terbukti secara ilmiah bahwa nasi jagung memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Banyak kandungan zat-zat gizi yang baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan dari hasil penelitian ditemukan bahwa nilai kandungan gizi yang dimiliki Nasi Jagung lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan gizi dari beras.

Berikut ini adalah 7 Manfaat Mengkonsumsi Nasi Jagung Bagi Kesehatan Tubuh Kita :

1.  Nasi jagung aman dan baik bagi penderita diabetes.

nasi jagung baik bagi penderita diabetes karena nasi jagung mengandung zat amilosa yang berfungsi untuk menghambat proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh sehingga hal ini baik bagi penderita diabetes. Selain itu dalam sebuah penelitian nilai indeks glikemik pada nasi jagung pun cukup rendah yaitu di kisaran angka 55-60 yang tentu saja dengan nilai indeks glikemik yang rendah hal ini cukup baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

2. Nasi Jagung cocok untuk dikonsumsi sebagai pendamping program diet

dibandingkan dengan nasi yang merupakan karbohidrat murni nasi jagung adalah jenis karbohidrat kompleks di mana karbohidrat kompleks ini lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga mampu memberikan efek rasa kenyang lebih lama tentu saja hal ini baik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet karena mengurangi intensitas makan.


3. Mencegah anemia

mengkonsumsi nasi jagung juga dapat mencegah resiko terjadinya anemia Hal ini karena masih jagung mengandung zat besi asam folat dan vitamin B12 yang berfungsi membantu pembentukan sel darah merah yang baru.

4. Mengandung zat yang baik bagi ibu hamil

Nasi jagung mengandung asam folat yaitu zat yang baik bagi ibu hamil terutama untuk perkembangan otak janin dan mengurangi resiko bayi yang cacat saat lahir.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalium, fosfor dan zat besi pada nasi jagung sangat baik untuk kesehatan tulang. Zat - zat ini mampu mengatur pertumbuhan tulang dan membantu peninhkatan kekuatan struktur tulang.

6. Baik untuk menjaga kesehatan Fungsi Ginjal

Nasi jagung juga banyak mengandung fosfor yang bisa berfingsi dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi ginjal pada tubuh kita dan menjaga agar tetap bisa bekerja secara normal.

7. Mampu mengurangi terjadinya ganguan pada fungsi jantung

Kandungan lemak baik  dan zat anti aterogenik pada nasi jagung berfungsi sebagai pengontrol kolesterol dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui kolesterol yang tinggi dapat resiko menimbulkan terjadinya serangan jantung stroke dan tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi nasi jagung kita bisa menjaga kesehatan jantung dan menghindari reaiko stroke. Danas masih banyak lagi sebenarnya manfaat yang terkandung dalam setiap nasi jagung yang kita makan.

Belum ada Komentar untuk "7 manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan tubuh kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel