6 tips diet sehat tanpa harus menyiksa diri sendiri

Diet memang bukan merupakan suatu hal yang mudah, terkadang banyak orang yang melakukan diet dengan cara yang salah dan malah menyiksa tubuh, ikuti 6 strategi tips diet ini agar badan sukses dan menjadi ideal tanpa harus merasa tersiksa.

6 tips diet sehat tanpa menyiksa diri sendiri : 

1. Kurang menu Karbohidrat, perbanyak protein.

Karbohidrat merupakan salah satu zat yang menyumbang persentase atas kegemukan yang paling besar,  tidak harus menghilangkan secara serta merta, tetapi mungkin dengan cara mengontrol jumlahnya step by step. 

Selain itu mengkonsumsi protein dalam kadar yang tinggi ternyata bisa membuat kita lebih cepat merasa kenyang dan tidak mudah kembali merasa lapar. Dan otomatis kalau sudah seperti itu kemungkinan kita akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi porsi makan karena belum ada keinginan untuk makan.

2. Atur porsi dan waktu makan anda

Untuk menurunkan berat badan bukan berarti kita tidak diperbolehkan untuk makan. Kita tetap bisa makan secara teratur dengan cukup mengurangi porsi makanan kita. 
Kecenderungan porsi makan yang besar akan membuat kita terdorong untuk makan lebih banyak lagi, tetapi juga kita sudah terbiasa untuk makan dengan porsi yang sedikit maka ini akan menjadi habit atau kebiasaan, jadi meskipun porsi yang kita makan jumlahnya lebih sedikit, tetapi rasa kenyang pun tetap sama. 
Selain itu kurangi makan berat diatas jam 7 malam, karena pada saat malam hari kecenderungan makanan yang kita makan akan lebih banyak diolah olah tubuh sehingga membuat kita semakin gagal diet.

3. Perbanyak dan sesuaikan kebutuhan air putih yang ideal bagi tubuh.

Minum air putih merupakan cara diet yang baik jika dibandingkan dengan mengurangi porsi makan secara drastis atau olahraga yang terus-menerus sehingga tubuh lebih terforsir.
Minum air putih secara teratur tentu akan jauh lebih mudah apalagi jika minum air putih sebelum makan, hal ini bisa membantu kita merasa sedikit lebih kenyang atau mengurangi porsi makanan kita.
Selain itu air putih juga bisa kita manfaatkan untuk menggantikan minuman manis yang biasa kita minum. Karena minuman yang manis juga merupakan salah satu pemicu kenaikan berat badan tubuh kita yang akhirnya membuat kita menjadi gagal diet.

4. Perbanyak Konsumsi makanan berserat.

Selain mengkonsumsi protein makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sereal, gandum dan makanan lain yang berserat tinggi bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan terasa kenyang lebih lama, otomatis kita akan menghindari memperbanyak konsumsi makanan sehingga kita bisa menurunkan berat badan tanpa kita sadari.

5. Hindari stres dan perbaiki kualitas istirahat anda.

Stres dan kurang tidur ternyata merupakan salah satu hal yang menjadi pemicu naiknya nafsu makan kita. Saat tubuh dalam kondisi kurang tidur biasanya tubuh lebih banyak mengeluarkan hormon leptin dan ghrelin , dimana pengaru kenaikan hormon - hormon ini membuat semakin meningkat nafsu makan kita. 
Jadi perbaiki dan hindari pikiran stres , dan istirahatlah yang cukup agar nafsu makan kita pun menjadi lebih terkontrol.

6. Olahraga teratur.

Selain mengatur pola makan, istirahat yang teratur dan menghindari stres, tentunya pembakaran lemak yang ada dalam tubuh Jogja masih tetap dibutuhkan.
Lakukan olahraga secara teratur dan bertahap , jangan paksakan kondisi tubuh berolahraga tanpa adanya tahap-tahapan yang benar. 

Olahraga dalam waktu sebentar akan lebih baik tapi dilakukan secara rutin dibandingkan olahraga yang berat dan lama yang malah akan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Nah demikian beberapa tips diet tanpa harus menyiksa tubuh, selalu pastikan tubuh dalam kondisi berat badan yang ideal dan sehat. dan konsultasikan kondisi tubuh dan pola diet anda dengan petugas medis atau dokter yang anda kenal agar mendapatkan arahan yang benar.

Salam sehat selalu.


Belum ada Komentar untuk "6 tips diet sehat tanpa harus menyiksa diri sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel