8 Tips terbaik Solo Travelling, Persiapkan segalanya agar perjalanan makin menyenangkan

Solo travelling atau melakukan perjalanan wisata seorang diri kini semakin menjadi trend di kalangan traveller. Ada sesuatu yang sangat  berbeda pada saat kita melakukan travelling sendirian dibanding pada saat melakukan perjalanan dengan rombongan atau dalam sebuah grup.

Ada banyak sekali alasan yang membuat seseorang lebih memilih untuk melakukan solo travelling atau bepergiaan seorang diri. Salah satunya adalah kebebasan dalam menentukan tujuan dan fleksibilitas waktu tanpa harus menunggu keputusan atau berdiskusi dengan orang lain.
Memang sih alasan ini  terkesan egois, namun terkadang ini adalah keputusan dan hak masing masing individu,  apalagi kalau tujuan utamanya supaya menghindari selisih diskusi dalam menentukan tujuan wisata misalnya. Atau sekedar mencari sebuah sensasi melalui sebuah perjalanan sendirian dan mengatasi setiap masalah sendirian.

Namun selain bisa menyenangkan, menjadi seorang solo travelling juga memiliki banyak sekali resiko dan masalah yang akan dihadapi lho. Contohnya, kehabisan dana, salah memilih tranportasi dan tempat menginap, salah memutuskan lokasi tujuan dll. Nah, untuk menghindari permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi seperti contoh diatas, kita harus lebih mempersiapkan hal-hal tertentu sebelum kita benar benar akan berangkat dan memutuskan untuk memilih ber solo travelling agar bisa menghindari permasalahan permasalahan seperti contoh diatas.

Nah, kira kira Tips dan Trik apa yang bisa kita lakukan untuk membuat perjalanan wisata seorang diri bisa menyenangkan dan meminimalkan masalah yang akan terjadi?

Berikut ini 8 Tips terbaik yang bisa kita persiapkan saat akan bepergian seorang diri :

1. Tentukan tujuanmu dan Survey hal - hal yang terkait dengan lokasi tujuan itu.
Menentukan tujuan adalah satu hal yang terpenting untuk memulai sebuah perjalanan. Melakukan survei dan mencari sebanyak mungkin informasi lokasi yang akan kamu pilih sebagai tujuan pariwisata. 
Cari sebanyak mungkin informasi terkait dengan lokasi yang akan kamu tuju. Tentang bagaimana akses menuju kesana, Bagaimana tempat menginap yang ada di sana, cuaca yang ada, di sana tarif dan harga penginapan ataupun tiket masuk Tujuan yang akan kamu singgahi.
  • Baca dan cari informasi


Baca juga ulasan-ulasan mengenai lokasi wisata yang akan kamu tuju, Bagaimana akses menuju kesana, Bagaimana penilaian tentang tempat menginap nya, dan usahakan memilih tempat wisata dan tempat menginap dengan rating terbaik.

2. Persiapkan Budged dan anggaran secara rinci, usahakan anggaran yang kamu siapkan lebih besar dari angka perkiraan pengeluaran yang sudah kamu hitung
Setelah melakukan survey lokasi dan hal-hal terkait dengan tujuan wisata yang akan kamu singgahi, langkah selanjutnya adalah menentukan budget dan anggaran yang harus kamu persiapkan. 
Sedikit Saran dari saya, akan  lebih baik menyiapkan anggaran sedikit lebih banyak dari perhitungan rencana biaya yang sudah kamu buat. Hal ini untuk mempersiapkan adanya hal-hal atau perubahan rencana dari  yang sudah kamu persiapkan. 
Meskipun sebaiknya sebuah perjalanan jangan sampai ada perubahan karena itu akan beresiko merubah segala hal yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

3. Tentukan barang bawaanmu seminimal mungkin dari apa yang kamu butuhkan.
Menentukan barang bawaan akan sangat berpengaruh dalam perjalanan wisatamu, semakian banyak barang yang kamu bawa, maka semakin banyak beban yang harus kamu angkat dan yang perlu kamu awasi di setiap perjalananmu. 
Pelajari cara Packing paling simple yang ada di situs-situs traveller . Sesuaikan apa yang akan kamu bawa dengan berapa lama kamu bepergian dan dimana kamu akan berwisata. Pastikan pakaian yang kamu bawa sesuai dengan iklim dan lokasi yang kamu tuju , Jangan sampai salah kostum yaaa..


4. Memilih tempat menginap terbaik.
Tempat menginap yang terbaik tidaklah harus ke tempat yang mahal, tetapi minimal sebuah tempat yang nyaman, aman, dan mudah dijangkau. Saat ini banyak sekali pilihan tempat tempat menginap yang bisa kamu temukan Melalui aplikasi aplikasi perjalanan wisata atau travel. 
Melalui aplikasi - aplikasi ini kamu bisa membandingkan dan mencari harga terbaik  dari penginapan yang akan kamu pilih , serta  menemukan penginapan yang direkomendasikan untuk tempat kamu menginap dari ulasan-ulasan mereka yang sudah menginap di tempat itu sebelumnya.


Atau mungkin juga kamu bisa menginap di tempat atau penginapan dimana kamu bisa bertemu dan berdiskusi dengan teman-teman traveler yang lain sehingga kamu bisa mendapatkan masukan atau saran dari mereka yang lebih berpengalaman mengenai tempat yang akan kamu tuju, saat ini banyak sekali tempat penginapan seperti guest house atau hostel yang menawarkan sharing ruangan. Tapi tetap harus hati - hati terhadap barang bawaan kamu ya.. karena yang namanya kejahatan itu bisa ada dimana saja dan terjadi saat kita lengah.

5 Tentukan rute wisatamu sebelum berangkat, usahakan jangan sampai berubah jalur dari apa yang sudah kamu rencanakan.
Rute wisata

Menentukan rute wisata juga merupakan suatu hal yang sangat penting. Dari sini kita bisa menentukan kemana kita akan pergi, lewat jalur mana, menggunakan transportasi apa, akan memakan waktu berapa lama, dan berapa biaya yang harus kita siapkan.
Merubah jalur dari apa yang sudah kita rencanakan sangat beresiko mencoba semua hal yang sudah kita persiapkan, dan menurut saya ini sangat harus dihindari. Seandainya ada hal-hal menarik dalam sebuah perjalanan kita, ini saya sarankan untuk mencatat Apa saja hal menarik itu untuk menjadi catatan dan rencana perjalanan kita selanjutnya. Karena saat kita mengikuti semua keinginan dan hal menarik dalam sebuah perjalanan maka seluruh rencana kita akan berantakan dan mungkin malah akan menjadikan perjalanan yang kita rencanakan menjadi tidak menyenangkan atau menimbulkan sebuah masalah dari hal-hal yang tidak kita perkirakan sebelumnya.

6. Tetap berkomunikasi dengan orang orang terdekatmu. Update posisi terakhirmu kepada mereka agar mereka tenang dengan keaadaanmu saat itu.
Travelling seorang diri memang menyenangkan, tapi bukan berarti harus putus  komunikasi dengan orang di rumah kan ? bahkan mungkin akan lebih baik jika  kita tetap selalu berkomunikasi dengan mereka agar mereka tahu di mana kita, sedang apa kita, dan mungkin saat kita ada masalah, mereka bisa tahu apa yang kita butuhkan di mana kita berada dan segera membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi di sebuah perjalanan.

7. Dokumentasikan perjalananmu. Berbagi di medial socia mungkin akan menginspirasi orang lain untuk pergi ke tempat yang sama.
Dalam setiap perjalanan pasti banyak hal-hal Indah dan hal-hal menarik yang akan kita temui, tentunya tidak ada salahnya jika kita mengabadikan dan mendokumentasikan setiap perjalanan kita , lalu menyimpannya dan berbagi di media sosial.
Mungkin dari perjalanan kita, akan banyak orang lain yang terinspirasi dan mengikuti langkah perjalanan Kita dan membuat banyak orang lain terinspirasi dari setiap hal-hal indah dan menarik dari  hari perjalanan yang kita lewati .

8. Persiapkan dokumen pribadi dan uang saku serta ATM kamu dengan aman, persiapkan salinannya dan pisahkan tempat penyimpanannya.
Sangat penting untuk mempersiapkan dokumen dalam setiap perjalanan kita seperti, contohnya seperti kartu identitas penduduk, surat ijin mengemudi, atau mungkin juga izin dari orang tua atau orang-orang terdekat kita. Simpan dalam tempat yang aman seperti dompet khusus dan selalu bawa salinan dari surat-surat identitas tersebut dan letakkan di tempat yang berbeda.
Selain itu persiapkan juga ATM dan uang saku , simpan di beberapa tempat yang terbagi, jangan simpan semuanya dalam satu tempat yang sama untuk menghindari kemungkinan terburuk pada saat kehilangan atau dicuri oleh orang lain sehingga tidak semua uang saku kita akan hilang. 
Selalu Letakkan dompet atau tas yang berisi dokumen penting atau uang di bagian depan dan hindari membawanya di belakang atau di punggung . Karena hal ini sangat rawan sekali menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikian tips dari kami bagaimana untuk mempersiapkan sebuah perjalanan Solo untuk kamu, agar perjalanan kamu bisa lebih nyaman aman dan terencana sehingga bisa menghasilkan sebuah perjalanan, kenangan dan liburan yang menyenangkan.

(Sumber78)


Belum ada Komentar untuk "8 Tips terbaik Solo Travelling, Persiapkan segalanya agar perjalanan makin menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel