6 Lokasi Wisata Alam di Wonogiri yang sangat indah untuk dikunjungi


Wonogiri merupakan merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki wilayah teritorial terluas, dan tentunya dengan luasnya wilayah ini membuat wonogiri mempunyai banyak sekali  potensi wisata alam yang bisa lebih dikembangkan.

Kabupaten wonogiri memang memiliki beberapa potensi wisata alam  yang yang sangat luar biasa indah, namun sepertinya keindahan alam ini masih jarang sekali , atau kurang diekspos oleh media.

Jika selama ini kita hanya mengenal Wonogiri dengan keindahan waduk gajah Mungkur, kali ini kami akan mencoba untuk explore dan berbagi informasi mengenai beberapa keindahan wisata alam Wonogiri yang bisa menjadi destinasi wisata anda , tentunya juga agar nantinya wisata wonogiri bisa lebih semakin dikenal dan semakin ramai dikunjungi wisatawan.

6 Lokasi wisata  alam di Kabupaten Wonogiri yang memiliki keindahan luar biasa :

1. Bukit Clumbri

Bukit cumbri terletak di desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Awal mula dikenalnya bukit cumbri ini berasal dari postingan di media sosial. Mereka yang berkunjung ke sini benar-benar pandai mengekspos sudut-sudut keindahan yang bisa diambil dari bukit cumbri ini. 
Untuk mendapatkan keindahan dari bukit ini anda harus rela berjalan kaki sekitar 1 jam perjalanan menuju ke puncak bukit. Dari puncak bukit ini kita bisa melihat bentuk landscape kabupaten Wonogiri serta menikmati keindahan matahari terbit.

2. Air Terjun Curug Kemukus

Terletak dusun Ngijo, desa purwoharjo, Karangtengah, Wonogiri. Keunikan dari air terjun adalah 3 tingkatan air terjun yang dimilikinya.  Ketinggian ketiganya berbeda-beda salah satunya memiliki tinggi sekitar 30 meter sedangkan yang 2 lainnya memiliki tinggi 40 meteran.

Untuk bisa sampai ke Curug kemukus ini memang Anda harus sedikit berjalan kaki sejauh sekitar 750 m dari pemukiman warga. 
Namun rasa lelah itu akan segera terbayarkan pada saat Anda sampai di lokasi dengan keindahan air terjun kemukus yang cukup deras airnya dan memiliki keindahan di sekitar lokasi yang sangat luar biasa.

3. Air terjun Girimanik Wonogiri


Satu lagi keindahan air terjun yang dimiliki oleh Kabupaten Wonogiri. air terjun girimanik yang terdapat di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah merupakan salah satu tempat wisata yang populer di daerah Wonogiri.

Tidak hanya satu tetapi tempat ini memiliki 3 buah air terjun didalam satu area, dan ketiganya memiliki sebutan yang berbeda-beda yaitu Air Terjun manikmoyo Air terjun Condro Moyo dan air terjun tinjomoyo.

Memiliki keindahan pemandangan dan udara yang masih cukup alami dan bersih membuat air terjun girimanik di Wonogiri ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit pada saat liburan.

4. Pantai klotok wonogiri

Pantai dengan keindahan ombak dan batu karang ini berada di desa paranggupito Kecamatan paranggupito Kabupaten Wonogiri. Memiliki pemandangan yang sangat indah dengan tebing-tebing karang yang terkikis oleh hantaman ombak selama ratusan bahkan ribuan tahun membuat bentuk-bentuk formasi tebing karang yang ada di pantai ini cukup terlihat unik dan menarik.

Lokasi Pantai Klotok pun sangat mudah dijangkau, Anda bisa datang ke pantai ini menaiki sepeda motor maupun mobil ,berjarak sekitar 60 km dari pusat Kota Wonogiri menuju Kecamatan paranggupito.

Pantai ini awalnya akan dibuat sebagai pasar dan tempat pelelangan ikan, namun sampai saat ini hal itu tidak terealisasi, kemudian atas inisiatif warga desa setempat dan dengan izin dari pemerintah Kota Wonogiri pemerintah Desa melalui dana Desa membangun jalan yang menghubungkan pantai sembukan dengan Pantai Klotok dan pantai-pantai lainnya.
Hingga akhirnya Pantai Klotok bisa menjadi ramai dan menjadi destinasi wisata yang cukup favorit di kalangan warga Wonogiri khususnya seperti saat ini.

5. Pantai Sembukan Wonogiri

Hampir mirip dengan Pantai Klotok , pantai sembukan memiliki keindahan alam , keunikan batu karang serta deburan ombak yang cukup indah untuk dinikmati. Karena berada di Pantai Selatan sangat disarankan untuk tidak berenang di pantai ini. Namun meskipun hanya dengan duduk bersantai dan menikmati keindahan di sekitar pantai Sembukan , hal ini merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. Karena keindahan yang dimiliki pantai ini memang sangat luar biasa indah untuk kita nikmati dan mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan. 

6. Telaga claket Wonogiri

Tempat ini pernah viral dan menjadi hits karena disamakan dengan keindahan alam yang dimiliki Ranukumbolo yang ada di Gunung Semeru . Meskipun memang memiliki keindahan alam yang cukup bagus untuk menjadi lokasi berfoto anda, Namun menurut saya kedua tempat ini memiliki keindahan yang berbeda.

Memiliki beberapa spot untuk berfoto dan keindahan alam yang masih alami serta masih tidak terlalu ramai , membuat lokasi ini sering dipakai untuk latar belakang berfoto dan diupload ke media sosial.

Belum ada Komentar untuk "6 Lokasi Wisata Alam di Wonogiri yang sangat indah untuk dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel