5 Lokasi surfing terbaik di Indonesia yang terkenal hingga Mancanegara

Selain terkenal dengan keindahan alam yang sangat indah, Indonesia juga terkenal sebagai salah satu surga bagi pecinta dunia surfing. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki garis pantai yang cukup panjang dan ombak dengan standart surfing yang membuat Indonesia berpotensi memiliki banyak sekali spot untuk wisata surfing. Bahkan sudah banyak yang mengakui bahwa beberapa spot Surfing di Indonesia menawarkan ombak terbaik di Dunia.

Dunia surfing di Indonesia dikenal pertama kali di Pulau bali. Kemudian para surfer yang merasa kurang puas kemudian mencari tantangan ombak yang lebih bervariasi. Mereka (surfer) berusaha menemukan lokasi lain dengan menjelajahi berbagai penjuru pantai di Indonesia. Dan akhirnya seperti yang kita ketahui sekarang ini, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan lokasi surfing terbanyak dan terbaik di dunia.

Berikut ini 5 daerah di Indonesia yang memiliki pantai dengan ombak terbaik, yang menjadi Lokasi Surfing Favorit wisatawan lokal maupun mancanegara :

1. Pulau Merah & GLand (Pantai Plengkung) - Banyuwangi Jawa Timur  

Tidak jauh dari pulau Bali kita akan menemukan sebuah spot lokasi surfer terbaik yang pertama, G-Land dan Pulau merah yang terletak di pesisir pantai Banyuwangi. Huruf G pada G-Land konon sih katanya dari kata Grajakan, sebuah pantai yang terdapat di wilayah taman nasional alas Purwo.  Sebutan lainnya adalah pantai plengkung, dinamakan plengkung karena dalam bahasa jawa arti plengkung adalah melengkung, seperti bentuk pesesir pantainya yang melengkung. 
Kualitas ombak yang berstandart internasional membuat lokasi surfing di pantai plengkung ini pernah dijadikan tempat kejuaraan dunia Quicksilver Pro Surfing Championship pada tahun 1995,1996,1997 dan Da Hui Pro Surfing World Championship III pada tahun 2003 
Waktu terbaik untuk surfing di Pantai Plengkung adalah di saat awal bulan purnama di bulan april dan september, hal ini dikarenakan di saat itulah angin lepas pantai berhembus lebih kencang dan ombak akan datang secara berlapis dengan ketinggaian yang cukup lumayan tinggi.

Pulau merah, adalag sebuah pantai yang memiliki pulau kecil tidak jauh dari bibir pantainya dan memiliki kontur tanah yang sedikit berwarna merah hingga disebut dengan pulau Merah. 
Letaknya masih di kita banyuwangi juga, tepatnya terdapat di ujung bagian bawah pulau jawa, sekitar 30 menit perjalanan dari kota Banyuwangi.
Pantai Pulau Merah memiliki ombak khas pantai Laut Selatan yang berarus kuat sehingga menjadi salah satu favorit para wisatawan yang menyukai olahraga surfing selain palntai Plengkung di Banyuwangi. 

2. Pantai Ombak Tujuh - Jawa barat

Pantai ombak tujuh yang terletak di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk surfing karena ombaknya yang cukup besar. Popularitas pantai ombak tujuh tidak hanya dikenal di dikalangan serfer lokal, tetapi juga sudah sampai ke surfer internasional.
Sesuai dengan namanya, pantai ini memang memiliki gulungan ombak yang cukup tinggi dan datangnya berlapis lapis seperti tidak pernah habis, sangat ideal untuk lokasi surfing.
Biasanya pada bulan Juni sampai Juli banyak peselancar yang akan  mendatangi pantai ombak tujuh ini, di bulan-bulan  angin bertiup cukup kencang sehingga menciptakan gulungan ombak yang cukup besar dan tinggi, bahkan di bulan-bulan ini biasanya ombak yang menyapu pantai bisa mencapai sampai 3 - 6 meter tingginya.
Namun selain ramai dikunjungi oleh para surfer pantai membantu di juga mempunyai keindahan alam yang sangat cantik sehingga banyak pengunjung yang hanya datang sekedar menikmati keindahan pantai di tempat ini.

3. Pantai Watu Karung Pacitan - Jawa Timur

Pantai ini terletak di desa Watu karung, ada di wilayah kecamatan pringkuku Kabupaten Pacitan, Jawa timur. 
Awal dari pantai watu karung dikenal dan menjadi favorit dari para surfer  yaitu dari foto-foto dan video aksi Bruce Irons yang sedang berselancar dan mencoba ombak yang ada di pantai Watu Karang ini di sekitar tahun 2009. 
Dari unggahan foto-foto itulah akhirnya pantai watukarung ini juga menjadi salah satu destinasi tujuan wisata surfing di Indonesia.
pantai Watu karung memiliki ombak yang besar dan cukup stabil sehingga memang merupakan salah satu syarat untuk menjadi lokasi surfing yang favorit dan ideal. 

4. Pulau Sipora - Kepulauan Mentawai Sumatera

Pulau sipora merupakan salah satu gugusan dari kepulauan Mentawai di Sumatera. Kepulauan mentawai memiliki pilihan pulau-pulau yang indah dan masih sangat alami bagi wisatawan, hal inilah yang menjadi salah satu alasan banyak wisatawan untuk datang ke kepulauan Mentawai. 
Pulau sipora dianggap sebagai tempat yang paling ideal untuk melakukan olahraga surfing dikarenakan pulau ini mempunyai kondisi yang sangat sesuai untuk para peselancar, di mana ombaknya yang kuat dan selalu ada di sepanjang tahun ini cukup tinggi dan stabil untuk berselancar.
Namun biasanya para pecinta olahraga surfing akan memilih datang di bulan April dan Oktober karena di bulan-bulan itu ombak berada pada saat kondisi yang terbaik.

5. Nusa Penida -Bali

Meskipun salah sebutkan sebagai dua lokasi, namun pulau Bali merupakan yang pertama memperkenalkan olahraga surfing di Indonesia. Pantai Kuta merupakan tempat yang dulunya menjadi favorit wisatawan luar negeri untuk mencoba berselancar sini.
Namun saat ini di Bali banyak sekali spot lokasi untuk berselancar, bahkan mungkin juga masih banyak lokasi surfing terbaik yang belum banyak dikenal publik namun memiliki ombak yang besar dan sangat menantang bagi para surfer dunia maupun surver lokal.
salah satu lokasi yang paling baik untuk berselancar di pulau Bali adalah di Nusa Dua.
Nusa Dua  memberikan pilihan terlengkap bagi anda para pecinta olahraga pecinta surfing, banyak spot pilihan yang bisa anda sesuaikan dengan kemampuan mulai dari pemula sampai tingkat mahir.
Seperti contohnya lokasi surfing di nusa dua berikut ini :
Playground : untuk lokasi yang satu ini dipergunakan untuk para surfer pemula, ombak yang ada di tempat ini cukup aman dan sudah dipastikan tidak akan membahayakan bagi mereka yang baru belajar berselancar.
Lanceration spot : untuk lokasi surfing yang kedua ini merupakan spot yang dipersiapkan untuk mereka yang sudah mahir, memiliki ketinggian ombak yang cukup besar terkadang bisa mencapai 3 kaki dan kestabilan yang tidak bisa dipastikan sehingga memerlukan tingkat kehati-hatian dan keahlian yang sangat tinggi. 
Shipwercks : hampir mirip dengan lokasi sebelumnya sibuk merupakan lokasi survei yang juga di jalankan untuk mereka yang sudah mahir saja. Ombak di tempat ini cukup kuat dan tinggi dan memerlukan skill yang mumpuni untuk menaklukkannya.

Lembongan Island : Lembongan island merupakan tempat yang sangat ramai dikunjungi wisatawan baik untuk mereka yang berselancar atau hanya untuk menikmati keindahan alam. Tempat ini merupakan salah satu favorit lokasi wisata yang paling ramai dikunjungi di Nusa penida. 
Ombak yang ada di sini cukup besar dan menantang sehingga banyak sekali para surfer mancanegara maupun lokal datang kesini untuk  berusaha menaklukkan ombak di Lembongan Island ini.

Belum ada Komentar untuk "5 Lokasi surfing terbaik di Indonesia yang terkenal hingga Mancanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel