Empat lokasi wisata Dieng yang bisa anda kunjungi sekaligus dalam satu hari

Beberapa waktu lalu saya merasa sangat beruntung karena bisa berkunjung ke Dieng. Tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal akan keindahan alam dan udara yang dingin serta salju pada saat beberapa waktu yang lalu. Ini adalah salah satu impian saya untuk bisa Menikmati keindahan alam Dieng yang terkenal karena keindahan luar biasanya.

Kawasan wisata Dieng terletak di dua Kabupaten yang saling berbatasan yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Berkunjung ke Dieng sekilas mengingatkan saya akan 2 tempat wisata dingin lainnya yang ada di Jawa Tengah yaitu Bandungan dan Kopeng.

Mengandalkan daerah wisata data di lereng Pegunungan yang penuh dengan pemandangan hijau nya dan wisata agro yang saat ini banyak diminati oleh para wisatawan saat ini.

Berangkat dari Semarang Saya menuju Dieng sengaja memilih melalui jalur Kabupaten Semarang Sumowono kemudian lanjut ke Temanggung dan Wonosobo. Tujuannya adalah untuk mempersingkat waktu sekaligus menikmati pemandangan di wilayah Bandungan dan Sumowono.

Di tengah perjalanan Anda pun bisa beristirahat di kesejukan udara di antara dua gunung yang terkenal di kalangan pecinta alam dan pendaki gunung yaitu Gunung  Sindoro dan Sumbing.

4 lokasi tujuan wisata Dieng yang bisa anda kunjungi dalam waktu 1 hari sekaligus

1. Candi Arjuna

Jandi arjuna dieng
Komplek Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna merupakan Kompleks candi yang ada di daerah Dieng terdapat 4 Candi utama yaitu candi Arjuna dan tiga candi besar lainnya.

Perkirakan Candi ini dibangun pada awal Al Abbad ke-9 masehi hal ini diperkuat dengan bukti penemuan sebuah prasasti dengan aksara Jawa Kuno yaitu pada sekitar tahun 809 Masehi namun saat ini prasasti tersebut disimpan di galeri Museum Nasional yang ada di kota Jakarta.

Anda bisa Menikmati keindahan ornamen Candi sekaligus menikmati pemandangan lanskap alam yang sangat luar biasa di wilayah candi Arjuna.
Bahkan beberapa waktu lalu wilayah kawasan Candi Arjuna sempat menjadi viral karena terdapat salju dan es akibat suhu yang sangat dingin hingga mencapai minus derajat Celcius.

2. Kawah sikidang

Kawasan sikidang tidak jauh terletak dari Candi Arjuna hanya butuh waktu sekitar 5 sampai 10 menit menuju ke kawasan kawah sikidang.
Kawah Sikidang Dieng


Disebut sebagai kawah sikidang karena diibaratkan sebagai bidang atau Menjangan yang berlari melompat lompat karena konon katanya kawah sikidang selalu berpindah-pindah tempat.

Menurut informasi dari pengelola objek wisata Kawah sikidang dulu awalnya titik kawah berada di dekat pintu masuk tapi sekarang sudah pindah dan konon katanya selalu berubah-ubah dari tahun ke tahun.

Selain Menikmati keindahan alam saya juga penasaran dengan salah satu kuliner yang legendaris dan terkenal yang pernah saya lihat di salah satu video YouTube yaitu sagon rangin.

Makanan yang dibuat dari olahan ketan dan kelapa muda ini Meskipun sederhana tradisional Namun ternyata sangat laris dan disukai setiap wisatawan yang datang ke kawah sikidang.

Harganya cukup murah hanya Rp5.000 yang original dan Rp6.000 untuk yang memakai topi dan buat saya Anda harus mencoba mencicipinya pada saat anda berkunjung ke kawah sikidang ini.

3. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna terkenal dengan keindahan air Telaga yang konon berubah-ubah warnanya. Begitu Anda sampai di lokasi Telaga Warna anda akan disambut dengan keindahan alam yang sangat luar biasa dan dengan keindahan air Telaga yang berwarna.

Tidak hanya itu, keindahan alam di sekitar Telaga Warna didukung dengan keindahan gunung Prau yang terlihat di sebelah timur dari Telaga Warna.

Anda bisa menikmati pemandangan dengan cara berjalan menyusuri Jalan Setapak mengelilingi Danau sampai di sebuah jembatan yang memisahkan kawasan antara Telaga Warna dengan Telaga pengilon yang memang letaknya bersebelahan.

4. Negeri di atas Awan

Destinasi terakhir di wilayah Dieng adalah negeri Diatas Awan. Sebetulnya ini adalah penyebutan dari daerah kawasan Puncak Sikunir yang ada di desa sembungan.

Desa yang terletak di daerah tertinggi di Pulau Jawa ini ini memang mempunyai sensasi yang luar biasa dan sering kali berada di atas awan sehingga banyak yang menyebutnya Negeri Diatas Awan.

Pastikan anda datang dan menikmati sunrise Dari Puncak Sikunir untuk Menikmati keindahan yang sangat luar biasa di daerah Dieng yang sering disebut sebagai Golden sunrise atau matahari terbit emas karena sinar cahayanya yang memancarkan sinar keemasan.

Tempat lokasi diatas adalah 4 lokasi yang bisa anda kunjungi sekaligus pada saat berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Letaknya yang ngambil berdekatan membuat anda bisa mengunjungi ke empat lokasi tersebut dalam waktu 1 hari. Namun bagi saya 1 hari tidak akan cukup untuk Menikmati keindahan yang luar biasa di negeri di atas awan ini. Bagaimana dengan anda?

Perjalanan menuju ke puncak kawah sikidang Bisa Anda lihat melalui video kami berikut ini :



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Empat lokasi wisata Dieng yang bisa anda kunjungi sekaligus dalam satu hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel