Kue Sagon Rangin, Kuliner Khas Kawah Sikidang Dieng

Kue sagon adalah kue yang terbuat dari tepung ketan , kelapa muda parutan dan ditambah campuran gula pasir.

Cara memasaknya pun tergolong unik adonan sagon dipanaskan dengan tungku menggunakan arang dari bagian bawah dan dari bagian atas.  


Awalnya saya mengetahui bahwa ada kue yang unik ini dari sebuah channel di YouTube. Namun untuk mencicipinya Rasanya harus membutuhkan waktu khusus agar bisa menjadwal kan untuk berwisata ke Dieng.

Pucuk dicinta ulam pun tiba , Rasa Penasaran saya  dengan keunikan kue sagon  wonosobo di  Sikidang yang pernah saya lihat di Youtube akhirnya terbayar lunas, seorang teman mengajak saya untuk berwisata ke Dieng dan menjadi kesempatan buat saya mencicipi kue sagon yang terbuat dari campuran kelapa dan tepung ketan ini.

Dan ternyata memang perjuangan pergi dari Kudus menuju Dieng hanya untuk merasakan lezatnya kue sagon terbayar lunas. Keunikan rasa dari kue sagon ini memang sangat berbeda dari makanan-makanan tradisional yang lainnya.

Sekilas kue sagon ini memang hampir sama dan mirip dengan kue gandos Tapi menurut penjualnya dan menurut referensi yang saya dapatkan ada perbedaan yang terasa pada tekstur dari kue sagon ini dibandingkan dengan kue gandos.

Dan harga dari kue sagon ini tergolong cukup murah, second original hanya dihargai Rp5.000 sedangkan untuk sagon yang menggunakan Topping dihargai seharga Rp6.000 per porsinya , cukup murah bukan?

Selain ingin mencicipi sagon Dieng, tentunya akan sangat sayang sekali Jika sudah sampai di kawasan Dieng  tapi tidak Menikmati keindahan alam dan objek wisata yang ada di sini .

Kesempatan ini sekaligus ingin saya pakai untuk berwisata dan menikmati keindahan Kawasan wisata di daerah Dieng yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya.

Candi Arjuna dan Kawah Cikidang menjadi destinasi tempat wisata yang akan saya  saya kunjungi di kawasan ini. Selain itu masih ada juga objek wisata lain seperti telaga warna dan negeri di atas angin yang bisa saya kunjungi, namun untuk kali ini dua tempat ini saya rasa cukup mewakili rasa penasaran saya dengan keindahan wisata dan alam di Dieng.
Candi arjuna
Candi Arjuna
 Candi Arjuna Anda bisa Menikmati keindahan candi yang hampir mirip dengan arsitektur Candi Gedong Songo menurut saya. Keindahan arsitektur Candi memang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan mendatangi objek wisata Candi Arjuna ini.

Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 untuk bisa masuk ke Komplek kawasan Candi Arjuna dan kawasan kawah sikidang. Jadi untuk satu tiket Anda bisa masuk ke dua lokasi objek wisata sekaligus.

Di kawah sikidang anda akan dimanjakan dengan keindahan alam panorama dari kawah itu sendiri. Jika anu datang di bulan bulan Agustus biasanya anda akan mendapatkan momen dimana kawasan di sekitar Candi ini ini berada pada suhu terendah rendah bahkan bisa menghasilkan salju atau butiran es yang terlihat sangat indah di pagi hari.

Buat saya, datang ke kawasan Dieng ini ini sangat membuat saya puas Menikmati keindahan alam dan keunikan Candi serta kawah sikidang, hal ini membayar segala rasa lelah dan biaya yang saya keluarkan untuk datang ke sini.

Bagaimana dengan anda ? sudah Pernahkah Anda datang ke kawasan Dieng ?

Ceritakan pengalaman anda di kolom komentar di bawah ini dan bagikan informasi untuk teman-teman yang lain agar bisa lebih tahu mengenai Candi Arjuna dan kawah sikidang.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kue Sagon Rangin, Kuliner Khas Kawah Sikidang Dieng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel