Makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi

Pengertian Penyakit Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi secara umum adalah kondisi dimana tekanan pada pembuluh darah manusia berada angka di atas batas normal.
Makanan yang baik untuk hipertensi

Penyakit ini juga sering disebut sebagai "silent Killer" karena terkadang gejalanya tidak dirasakan dan tidak diketahu serta tidak mendapatkan perawatan sehingga dapat menyebabkan kematian.

Hipertensi dalam jangka panjang juga mempunyai resiko mengakibatkan penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, gagal ginjal dan stroke.

Kebanyakan resiko yang terjadi adalah lebih banyak disebabkan karena telatnya diagnosia dan penanganan terhadap kondisi hipertensi.

Penyebab penyakit darah tinggi bisa karena bermacam macam sumber, beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit darah tinggi antara lain adalah faktor keturunan, usia dan gaya hidup.

Dari beberapa alasan penyebab hipertensi, kita bisa melakukan pencegahan untuk memperkecil resiko terkena hipertensi, salah satunya dengan cara mendeteksi dini hipertensi dan dengan memperbaiki gaya hidup.

Memperbanyak olah raga, diet dan mengelola konsumsi makanan yang baik untuk tubuh adalah cara yang baik untuk mencegah kondisi hipertensi pada tubuh.

Untuk kali ini yang akan kita bahas adalah makanan yang bisa dikonsumsi dan baik untuk membantu mengontrol kondisi hipertensi, makanan yang banyak mengandung kalium, magnesium, serat dan rendah natrium.

Makanan makanan berikut ini baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi / tekanan darah tinggi : 

1. Sayuran Hijau
Beberapa sayuran hijau sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi karena mampu membantu menurunkan natrium dalam tubuh. Natrium sendiri adalah zat yang juga memicu naiknya tekanan darah dalam tubuh.

Apa saja contoh makanan hijau yang baik untuk menurunkan kalium?

  • Selada
  • Lobak
  • Sawi hijau
  • Bayam
  • Seledri
2. Susu Skim / Yoghurt
Susu skim banyak mengandung kalsium yang sangat baik dikonsumsi dan juga mengandung lebih sedikit lemak. Yoghurt bisa dipakai jika anda kurang begitu suka mengkonsumsi lemak.

Berdasarkan sebuah penelitian di dari asosiasi Jantung di Amerika bahwa beberapa orang yang mengkonsumsi yoghurt 5 atau lebih porsi yoghurt mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 20 persen.

3. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan yang rendah lemak kaya akan serat dan rendah sodium untuk menurunkan kadar tekanan darah.

Oatmeal bisa dipakai sebagai pengganti konsumsi sarapan di pagi hari dan baik untuk membantu program diet karena mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

4. Ikan dan minyak omega 3 
Ikan banyak mengandung protein yang bagus untuk tubuh. Ikan juga memiliki kadar lemak yang sangat sedikit sehingga baik untuk tubuh. 

Kandungan minyak Omega 3 banyak terdapat pada ikan  makarel atau salmon selain mampu membantu menurunkan tekanan darah juga baik dikonsumsi ntuk penderita trigliserid.

5. Pisang
Pisang banyak mengandung kalium yang bermanfaat juga dalam pengontrolan tenanan darah dan baik untuk program diet.

6. Bawang Putih
Bawang putih terbukti mampu menurunkan darah tinggi. Bawang putih banyak mengandung oksida nitrat yang berfungsi sebagai zat yang membantu fasodilatasi dan pelebaran arteri, hal ini memberikan efek penurunan tekanan darah bagi tubuh.


7. Minyak zaitun
Tidak semua minyak tidak baik untuk tubuh. Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang baik dikonsumsi karena mengandung lemak baik dan polifenol yang sangat baik menurunkan tekanan darah.

Selalu berkonsultasi ke tenaga medis terpercaya adalah hal yang tepat untuk mengetahui kondisi tubuh anda dan makanan apa yang baik untuk anda.

Cegah sedini mungkin penyakit darah tinggi dan segala resikonya. Perbaiki gaya hidup untuk hidup lebih sehat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel